Cara Budidaya Burung Walet

Cara Mudah Budidaya Burung Walet di Rumah

Pengicau.Net – Burung walet kini menjadi salah satu burung yang di pilih masyarakat Indonesia sebagai mata pencaharian. Burung walet adalah salah satu burung komoditas ekspor yang sangat istimewa karena mengandung berbagai manfaat di dalamnya, terutama pada air liur burung walet atau biasa disebut dengan sarang burung walet. Liur burung wallet sudah sejak abad 14 di kenal sebagai obat ampuh berbagai penyakit. Bahkan kini air liur burung walet di hargai dengan harga yang lumayan menguras kantong tapi menguntungkan bagi para pembudidaya burung walet.

Semakin tingginya minat masyarakat terhadap manfaat yang bisa di dapatkan dari liur burung walet membuat beberapa orang memilih untuk berbisnis budidaya burung walet? Jadi jika pada zaman dulu untuk mendapatkan liur burung walet petani harus memanennya diantara tebing-tebing yang tinggi. Kini bisa di dapatkan dengan membuka budidaya burung walet di rumah. Bagi anda yang tertarik berbisnis burung walet, berikut ini akan kami berikan informasi mengenai metode budidaya burung wallet yang ampuh dan mudah.

Cara Budidaya Burung Walet Yang Benar

Budidaya burung walet sendiri tidak semudah yang anda bayangkan, tentu sangat membutuhkan ketelitian dalam perawatannya. Nah bagi anda yang belum tahu cara budidaya burung walet yang benar, silahkan baca tips-tips berikut ini.

1. Pelajari mengenai budidaya burung walet

Untuk anda pemula yang baru ingin merintis budidaya menguntungkan ini, hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mempelajari ilmu pembudidayaan walet terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya anda memiliki gambaran dan pengetahuan yang mampu memuat budidaya semakin berkembang dengan pesat dan bisa mendapatkan keuntungan secara maksimal.

2. Mulai membuat sarang burung walet

Dalam proses budidaya tentu banyak peralatan yang anda butuhkan. Terutama mengenai lokasi sarang burung yang akan di gunakan. Anda harus membuat ruang untuk budidaya walet anda yang bisa menarik perhatian burung walet untuk bersinggah. Sehingga populasi walet akan terbentuk dan bakal pembuatan sarang walet yang terkenal dengan air liurnya tersebut dapat di mulai. Untuk membuat wallet nyaman, anda bisa pilih lokasi dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

Dimana lokasinya bisa anda dapatkan di sekitar daerah sungai, pantai, hingga dataran rendah lainnya. Jangan lupa dalam membuat sangkar burung, anda juga harus menyertakan dua pintu masuk. Dan pastikan juga lubang-lubang udara yang ditutupi dengan kain jarang atau pun kain hitam pada setiap sisi sarang. Untuk ukurannya bisa anda berikan 1 meter per satu lubang. Anda juga harus membuat jendela pada bagian atas sarang supaya bisa dengan mudah bernafas dan menjaga sirkulasi udara di dalam sarang.

3. Pembibitan walet

Untuk mulai pembibitannya anda bisa beli secara langsung di pasar burung, atau jika tidak ada anda juga bisa beli melalui online. Harga telur burung walet umumnya di banderol dengan harga sekitar 200 ribuan per tiga puluh butir telur walet. Untuk harga bisa berubah-ubah tergantung pada pangsa pasar.

4. Gunakan plat alumunium sebagai sarang burung

Posisi plat alumunium ini bisa anda manfaatkan untuk memodifikasi sarang burung, yang bertujuan untuk bentuk pengembangan sarang lanjutan. Posisi plat alumunium bisa ditempatkan pada sudut-sudut atap. Ini sangat efektif dalam membantu proses reproduksi burung walet karena lebih disukai oleh burung walet untuk dijadikan tempat bersarang. Letakkan telur dengan berhati-hati.

5. Rajin membersihkan kotoran burung walet

Untuk memberikan rasa nyaman terhadap burung walet anda harus rajin melakukan pembersihan pada kandang burung walet yang telah anda sediakan. Anda bisa lakukan proses pembersihan dengan jangka waktu 3 minggu sekali atau dua minggu sekali dengan menggunakan sekop. Lakulan dengan hati-hati supaya burung wallet tidak merasa terganggu. Anda juga bisa memanfaatkan kotoran ini untuk dijadikan sebagai pupuk.

6. Membuat parit

Selanjutnya nad bisa buat semacam parit di sekeliling kandang burung walet. Ini supaya bisa memudahkan walet saat minum, dan sebagai pencegah masuknya semut dan hewan lainnya yang mencoba mengganggu walet yang sedang anda pelihara. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir dengan walet yang sedang anda budidayakan karena sudah terhidrasi dengan baik dan aman dari berbagai gangguan hewan lainnya.

7. Sediakan speaker

Meski terdengar aneh, namun cara ini sangat bermanfaat bagi kelangsungan budidaya wallet anda. Pasalnya dengan adanya speaker dan memutarkan audio suara burung walet, maka walet akan merasa dapat mendengar suara teman-temannya sehingga mereka akan terasa hidup di tempat alami yang biasa mereka tinggali.

8. Pilih lokasi sarang walet

Bagi anda pemula yang ingin mencoba berbisnis burung walet, anda harus perhatikan lokasi atau tempat budidaya untuk burung wallet anda. Walet tidak menyukai tempat yang bising atau ramai, anda bisa membuat lokasi budidaya di sekitar area sungai, pantai dan daerah dataran rendah lainnya.

9. Perawatan burung walet

Wallet yang baru menetas memiliki kondisi yang lemah. Pastikan anda tidak mengeluarkan anakan lawet dari mesin tetas hingga 2-3 hari. Karena anakan burung wallet belum memiliki bulu dan juga masih belum bisa makan sendiri, untuk itu anda perlu melakukan pelolohan.

10. Pakan walet

Karena burung walet merupakan salah satu burung liar yang lebih suka mencari makan sendiri, sehingga anda tidak perlu repot-repot menyediakan pakan untuk burung walet. Burung wallet menyukai pakan serangga kecil yang biasanya ada di sawah. Untuk anakan burung walet anda bisa memberikan burung wallet pakan ini sehingga betah dan nafsu makannya dapat terus bertambah.

Itulah informasi mengenai budidaya burung walet untuk anda yang sedang tertarik berbisnis dalam hal membudidayakan burung atau berternak burung. Namun sebelumnya anda juga harus tahu terlebih dahulu mengenai ciri-ciri burung walet supaya tidak salah ketika sudah berniat untuk melakukan budidaya. Ini dia beberapa ciri-ciri dari burung walet yang harus anda ketahui.

  • Memiliki sayap yang berbentuk sabit ang melengkung dan juga meruncing
  • Mempunyai warna badan yang gelap secara utuh, untuk pengadaan warna lain kemungkinannya sangat kecil
  • Memiliki bentuk tubuh dengan ukuran yang sedang atau kecil, sehingga terlihat tak berbeda jauh dengan burung gereja
  • Memiliki kecepatan terbang yang sangat tinggi
  • Memiliki bentuk paruh yang kecil
  • Tidak pernah hinggap dipohon seperti burung lainnya, karena memiliki kaki yang tidak bisa digunakan untuk berjalan
  • Memiliki kebiasaan berdiam diri di gua atau di rumah yang dirasa lembab dan juga gelap.

Air liur burung walet dikenal dengan berbagai manfaatnya dalam menyembuhkan berbagai penyakit, sehingga tak heran jika air liur burung wallet atau sarang burung wallet dikenal degan harganya yang tinggi. Inilah salah satu alasan yang membuat banyak orang tergiur untuk melakukan budidaya burung wallet. Kini untuk bisa membudidayakan burung wallet, anda tidak perlu pergi ke tebing-tebing yang tinggi.

Anda bisa mengubah rumah atau gedung-gedung sekitar anda yang sudah lama tidak digunakan sebagai salah satu ruangan yang dijadikan sebagai sarana budidaya sarang walet. Jadi untuk anda yang tertarik mencoba budidaya burung walet anda bisa belajar dari awal dengan informasi yang telah dterangkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *