Mengenal Lebih Dekat tentang Burung Unta yang Unik

Burung unta sudah cukup populer di masyarakat, karena telah dikenal sebagai unggas terbesar di muka bumi. Hewan dengan nama ilmiah Struthio Camelus tersebut tingginya hampir sama dengan dua kali lipat tinggi manusia pada umumnya.

Nah bagi Anda yang penasaran dan ingin mengenal lebih dekat tentang burung unta. Dibawah ini kami akan membahas tentang uniknya burung unta serta jenis makanan apa saja yang disukainya. Selain itu, kami juga membahas dimana habitat burung unta di alam liar.

Fakta Unik Burung Unta

Bentuk fisiologis unik dari burung unta menjadi daya tarik bagi beberapa ilmuwan, mereka dengan cermat meneliti anatomi setiap bagian tubuh dari unggas besar ini. Berikut adalah beragam fakta yang telah berhasil ditemukan:

1. Sebagai Burung Terbesar di Dunia

Pernyataan tersebut merupakan sebuah fakta populer, kebalikan dengan burung puyuh yang kecil unggas besar dalam keluarga ostrich ini. Bahkan, memiliki tinggi mencapai 2 sampai 2,5 meter ketika mereka sudah berusia dewasa.

Bobot burung ini mencapai pada berat 140 sampai dengan 150 kilogram ketika menginjak usia dewasa, maka dari mereka secara natural memiliki otot serta tulang kaki kuat yang berfungsi untuk menyangga bebannya.

Karena bentuk fisiologinya yang tinggi menjulang, maka spesies ini memiliki kemampuan beradaptasi untuk tinggal di savana, gurun serta hutan-hutan terbuka di daerah Afrika dan pedalaman Australia.

2. Memiliki Masa Hidup Mencapai Usia 40 Tahun

Karena memiliki kondisi fisiologis kuat, maka tidak mengherankan jika binatang tersebut mampu bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut didukung oleh kemampuan alamiah burung untuk berkelahi dan mempertahankan diri dari predator.

Burung ini memiliki waktu hidup lebih lama lagi jika berada dalam kandang penangkaran, yaitu sekitar 60 sampai dengan 70 tahun karena tersedia berbagai perawatan serta makanan sehat untuk memenuhi semua kebutuhan fisiknya.

Meskipun memiliki waktu hidup yang lama, sebaiknya manusia tidak semena-mena dengannya. Ini agar nanti generasi mendatang bisa menyaksikan secara langsung seperti apa bentuknya, bukan hanya melalui gambar burung unta saja.

3. Mampu Bereproduksi Meskipun Sudah Berusia Lanjut

Hewan paling besar di muka bumi ini, memiliki kemampuan alamiah untuk terus melakukan reproduksi. Burung jantan akan terus menggoda betina dengan cara mengepak-ngepakkan sayapnya.

Setelah itu, kemudian sang jantan akan menyelesaikan tanggung jawabnya dengan cara mencari tempat penyimpanan telur. Biasanya burung akan menggali pasir yang dalam atau menimbun banyak semak belukar kering.

Sedangkan sang burung betina akan berpuasa selama beberapa bulan untuk mengerami telur-telurnya. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kesehatan serta kehangatan dari calon sang buah hatinya kelak.

4. Menghasilkan Telur dengan Ukuran Raksasa

Karena tubuhnya sangat besar, maka memang sudah naturalnya telur dihasilkan akan berukuran besar pula. Itu sesuai dengan kondisi rahim betina yang mampu menampung serta menyimpan banyak keratin untuk bahan pembuatan kulit telur.

Telur dari unggas ini memiliki diameter beragam, mulai 30 hingga 50 cm per butir, dengan tinggi sekitar 40 – 50 cm dan beratnya bekisar antara satu setengah sampai dua kilogram pada setiap bijinya.

Selain ukurannya sangat besar, telur ini diincar banyak orang karena dipercaya memiliki rasa yang lezat ketika diolah dengan benar. Oleh sebab itu harganya sangat mahal bahkan mencapai ratusan ribu pada setiap butirnya.

5. Memiliki Kemampuan Berlari Sangat Cepat

Kondisi anatomis otot kaki yang kuat membuatnya mampu berlari sangat cepat meskipun berada di medan terik sekalipun, kecepatan larinya tidak perlu diragukan lagi yaitu mencapai 50 km per jam.

Kemampuan berlari sangat cepat dimiliki oleh burung tersebut, karena Ia mempunyai dua kaki kuat dilengkapi dengan ruas jari yang mampu mencengkeram serta menendang tanah dengan sangat baik.

Lari juga merupakan bentuk pertahanan diri ketika dikejar oleh predator. Karena kemampuan supernya, Ia telah dinobatkan menjadi unggas berkaki dua paling dengan kecepatan lari nomor satu di dunia.

6. Memiliki Keragaman Spesies Paling Banyak

Burung besar ini ternyata terdiri dari berbagai macam spesies, jenis paling populer berasal dari gurun pasir Afrika Selatan. Dengan ciri-ciri, bulu kecoklatan dan kaki serta leher berwarna berwarna merah muda seperti kebanyakan foto tersebar.

Sedangkan spesiesnya pada daerah Afrika Utara yaitu, memiliki tubuh lebih tinggi serta bobot berat lebih besar. Warna mereka kecoklatan seperti kebanyakan, namun cenderung ke abu-abu serta kaki berwarna putih.

7. Memiliki Ukuran Otak yang Lebih Kecil dari pada Bola Matanya

Hal unik itu bisa terjadi karena ukuran bola mata burung tersebut merupakan yang paling besar di antara keseluruhan hewan darat lainnya. Diameternya sebesar 4 hingga 6 cm atau setara dengan bola bilyard.

Sedangkan ukuran otak burung besar tersebut, hanya sepertiga dari besar matanya. Meskipun begitu, otak kecil tidak mempengaruhi kemampuan kognitif alami untuk mencari makan dan menghindari predator lain.

8. Sayap Digunakan sebagai Alat Pengemudi

Sayap besar yang dimiliki oleh burung ini biasanya digunakan sebagai pengendali angin. Sehingga, bisa mendorongnya untuk meningkatkan kecepatan lari dan pada akhirnya mampu menjauhkannya dari banyak pemangsa.

Selain itu, kedua sayapnya juga bisa digunakan untuk menjaga keseimbangan ketika berjalan ataupun  agar tidak jatuh terjungkal saat berlari dengan kecepatan tinggi. Ini karena tubuh besar pasti butuh penyeimbang.

Habitat Asli Burung Unta

Berbeda dengan burung maleo yang merupakan binatang endemik asli indonesia, unggas kategori ostrich tersebut berasal dari daerah Afrika dan Australia serta bisa tinggal di penangkaran manapun, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Burung yang tidak dapat terbang ini bisa dijumpai di kebanyakan wilayah savana, hutan-hutan tropis  serta gurun pasir di wilayah Afrika Selatan, Afrika Utara, Asia Timur, Australia, sebagian daratan Eropa serta zona hutan khatulistiwa lainnya.

Jenis Makanan Burung Unta

Selayaknya unggas pada umumnya, burung ini memakan berbagai macam jenis biji-bijian yang terdapat di alam. Selain itu, terkadang juga mencari serangga-serangga kecil di dalam tanah serta beberapa ulat pada dedaunan tinggi.

Terkadang, mereka memakan buah-buahan kecil yang biasa di pohon tinggi. Hewan besar ini jga memangsa tikus, tupai, ular kecil, kadal dan binatang pengerat kecil lainnya. Jadi, Ia bisa dikategorikan sebagai omnivora ataupun pemakan segalanya.

Namun, burung yang sudah berada di dalam penangkaran akan mendapatkan makanan beragam macam seperti tepung tulang, sorgum, serangga pengganti, pollard, dedak padi seta pakan penuh nutrisi lainnya.

Pertumbuhan serta Perkembangbiakan Burung Unta

Sebagai ovipar, hewan ini tentu saja melakukan perkembang biakan dengan bertelur. Musim kawin mereka biasanya dimulai ketika para burung jantan akan terus menggoda betina, dengan cara mengepak-ngepakkan sayapnya untuk menarik perhatian.

Sesudah terjadi proses perkawinan tersebut, sang jantan akan menyelesaikan tanggung jawabnya dengan cara membuat ataupun mencari tempat untuk menyimpan telur-telurnya. Biasanya burung akan menggali pasir yang dalam atau menimbun banyak semak belukar kering.

Di sisi lain, sang burung betina akan berpuasa selama beberapa bulan untuk mengerami telur-telurnya. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kesehatan serta kehangatan dari calon sang buah hatinya kelak. Lalu, mereka akan membesarkan anak-anaknya secara bergerombol dan berkelompok.

Di atas adalah penjelasan ringkas mengenai burung unta, mulai dari berbagai fakta keunikannya,  habitat asli serta cara perkembang biakan mereka. Diharap tulisan ini bisa dijadikan referensi ataupun pandangan untuk menambah wawasan seputar dunia binatang.

Tinggalkan komentar