Cara Memaster Burung Kenari

Cara Memaster Burung Kenari dengan Isian Blackthroat

Memaster Burung Kenari – Dengan adanya situs burung di internet sangat membantu para kicau mania untuk merawat burung peliharaanya. Apalagi di dalam aplikasi bernama Facebook, banyak sekali yang membagikan tips seputar burung kicau dengan sangat efektif.

Bukan hanya itu, bahkan di grup-grup Facebook juga banyak yang menjual makanan, sangkar burung, wadah makan dan minum serta perlengkapan burung lainnya secara online. Nah di artikel kali ini saya akan memberikan sebuah tips memaster burung kenari dengan isian blackthroat (BT).

Cara Memaster Burung Kenari

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa blackthroat memiliki kicauan yang merdu, sehingga cocok sekali di jadikan masteran atau isian burung kenari.

Sebenarnya pada pertemuan sebelumnya saya pernah membagikan suara burung kenari gacor, ini semua bertujuan untuk mempermudah para kicau mania saat melakukan pemasteran kenari bakalan atau kenari muda.

Namun selera orang berbeda-beda, bagi kamu yang ingin memiliki burung kenari rasa blackthroat bisa langsung mempelajari tips-tips yang akan saya bagikan di bawah ini.

Sejak dulu sampai sekarang hal terpenting dalam perawatan burung kicau adalah proses pemasteran. Jika tidak memberi suara masteran, maka sudah di pastikan bahwa burung peliharaanmu tidak akan mendapat juara saat di perlombakan karena tidak memiliki isian sama sekali.

Mungkin sudah banyak yang mengetahui tentang karakteristik burung kenari, namun disini saya tetap akan membahas sedikit tentang burung pengicau yang satu ini.

Burung kenari (Serinus Canaria) adalah salah satu jenis burung pengicau yang ada di Indonesia. Burung ini pertama kali di temukan oleh seorang pelaut bernama Jean de Berthan Cout di kepulauan Canary pada abad ke-15.

Awal mula burung kenari indonesia berasal dari negeri yang sangat jauh yaitu Belanda, lalu menyebar luas di negara-negara lain seperti Inggris, Jerman dan Belgia.

Disitulah burung-burung tersebut di kawinkan dengan kenari liar, sehingga menghasilkan beberapa jenis burung kenari.

Nama kenari sendiri berasal dari nama pulau habitat aslinya yaitu Canary yang di ambil dari bahasa latin canarias yang berarti pulau anjing karena pada zaman dulu banyak sekali anjing-anjing liar yang bertempat tinggal disana.

Cara Memaster Kenari Isian Blackthroat

Menurut pengamatan saya melalui beberapa media sosial yang ada, memaster burung kenari yang tepat adalah saat burung baru di pisahkan dari indukannya atau berusia 20 – 30 hari.

Sebab pada saat itulah memori atau otak burung kenari masih dalam keadaan kosong, sehingga sangat cocok sekali di berikan suara burung blackthroat (BT).

Berikut ini adalah cara pemasteran burung kenari dengan isian blackthroat yang wajib anda ketahui.

  • Semua orang tahu bahwa burung jantan kicauan lebih gacor dari pada betina, maka pilihlah kenari bakalan yang berkelamin jantan.
  • Usia ideal pemasteran burung kenari dari usia 20 – 30 hari.
  • Menyiapkan suara burung masteran, sebenarnya ada dua cara pemasteran burung kicau yaitu dengan burung asli dan audio mp3. Karena sulit sekali mencari suara burung asli yang gacor, maka saya sarankan untuk mencari audio dalam bentuk file mp3 saja. Adapun jenis burung yang sering di gunakan untuk masteran burung kenari adalah suara burung ciblek dan blackthroat.
  • Pastikan audio masteran yang anda gunakan memiliki suara yang jelas dan jernih.
  • Waktu yang paling efektif pemasteran burung kenari yaitu pagi hari setelah di jemur, siang hari dan malam hari ketika burung mau tidur.
  • Waktu pemasteran suara blackthroat bisa anda perdengarkan 3 – 4 kali  dalam sehari, masing-masing dengan durasi lebih dari 15 menit.
  • Sebaiknya volume atau suara masteran burung kenari di putar lirih atau pelan-pelan saja yang penting jelas dan tegas.
  • Sebaiknya proses ini di lakukan setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Musik box, ponsel android atau media pemutaran musik lainnya sebaiknya di letakkan di dekat kandang atau sangkarnya.
  • Biasanya proses pemasteran berlangsung selama 2 – 4 bulan, itu semua tergantung tingkat kecerdasan burung kenari yang anda miliki.
  • Setelah burung kenari sudah terisi dengan suara blackthroat, sebaiknya proses ini tetap di lakukan minimal 1x dalam sehari agar tidak kembali ke kicauan aslinya yaitu suara kenari standar atau lebih di kenal dengan istilah ngglender.
  • Pilih tempat yang nyaman dan tenang untuk burung kenari, karena ini salah satu faktor utama dalam proses mastering kenari dengan isian blackthroat.
  • Selama proses pemasteran berlangsung, sebaiknya burung kenari di jauhkan dari burung kenari lain yang memiliki isian kenari umum atau standar.
  • Biasanya untuk melihat hasil yang sempurna akan terlihat setelah kenari berusia 4 bulan atau lebih.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya saat proses pemasteran berlangsung burung kenari di kerodong meskipun tidak di kerodong juga bisa.
  • Berikanlah makanan tambahan atau EF (ExtraFooding) yang cukup untuk menambah vitamin dan gizi burung tersebut.
  • Akan lebih mudah memaster burung kenari saat berusia anakan atau bahan dari pada kenari yang sudah dewasa.
  • Dan yang terakhir, rawatlah burung kesayanganmu dengan sepenuh hati, sabar, telaten dan sungguh-sungguh agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikianlah tips cara memaster burung kenari dengan isian blackthroat yang dapat kami sampaikan hari ini. Apabila ada salah dalam penulisan kata atau terdapat kata-kata yang tidak benar, saya selaku penulis meminta maaf yang sebesar-besarnya dan semoga bermanfaat bagi kicau mania yang sudah membaca tips di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *