perbedaan burung pleci

Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina yang Akurat

Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina – Burung pleci dikenal dengan sebutan burung kacamata, sebab pada bagian matanya terdapat warna putih yang melingkar hingga membentuk seperti kacamata. Lingkaran putih pada bagian mata inilah yang menjadi salah satu ciri khas burung pleci. Burung pleci banyak dijumpai di wilayah Kepulauan Togian, yang terletak di Sulawesi Tengah.

Jenis burung pleci yang tersebar diwilayah Indonesia sangatlah banyak yaitu pleci dakun maput, pleci dakun bali, pleci montanus, pleci dakun macok, pleci buxtoni, pleci black capped, dan masih ada lagi jenis pleci lainnya. Dan sekarang ini banyak dari pecinta burung yang menginginkan burung pleci untuk dipelihara dan dijadikan masteran. Sebab burung pleci rajin berkicau dan suara kicauannya pun indah dan merdu.

Untuk jenis makanan yang diberikan pada burung pleci dapat berupa serangga atau buah-buahan dan di habitat aslinya burung pleci biasanya memakan nektar atau sari bunga. Burung ini termasuk dalam kategori burung kecil dengan panjang tubuh kira-kira 15 cm, dan pada umumnya burung pleci memiliki warna hijau keabu-abuan. Burung pleci juga memiliki bagian kaki yang kuat serta bagian sayap yang melingkar.

Jenis burung ini hidup secara berkelompok dan terbang secara bersamaan. Burung pleci memiliki kemampuan bertarung yang tinggi sehingga pemeliharanya menjadikan burung pleci sebagai burung lomba. Dan yang biasanya dijadikan sebagai burung lomba adalah jenis pleci jantan sebab kemampuannya yang lebih bagus dibandingkan betina.

Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

Banyak dari pecinta burung yang memilih pleci jantan dibandingkan pleci betina untuk dijadikan burung lomba. Sebab pleci jantan memiliki kemampuan yang lebih tinggi. Contohnya dalam hal berkicau si jantan akan mengeluarkan suara kicau yang lebih merdu dan gacor dibandingkan betina.

Bagi anda yang belum tahu cara membedakan pleci jantan dan betina, ada dua hal yang harus di perhatikan yaitu fisik dan tingkah laku burung pleci. Adapun penjelasannya akan kami tuliskan pada artikel berikut ini.

Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina Secara Fisik

1. Bentuk kepala, pleci jantan memiliki kepala yang terlihat lebih besar dan berbentuk bulat. Sedangkan pleci betina memiliki kepala yang lebih kecil dan terlihat ramping.

2. Warna bulu, warna bulu yang dimiliki oleh pleci jantan terlihat lebih cerah, mencolok, dan menawan. Hal ini yang menjadikan harga jual si jantan lebih mahal dibandingkan betina. Sebab pleci betina memiliki warna bulu yang terlihat lebih kusam dan tidak menawan.

3. Bentuk paruh, paruh yang dimiliki pleci jantan berukuran pendek dan terlihat lebih tebal. Sedangkan pleci betina memiliki paruh yang lebih panjang dan bentuknya tidak setebal paruh si jantan.

4. Bentuk badan atau tubuh, pleci jantan memiliki bentuk tubuh yang berukuran panjang dan terlihat berisi serta lebih kecil. Dan untuk pleci betina memiliki tubuh yang berbentuk bulat, berisi, terlihat lebih besar, dan sedikit pendek jika dibandingkan dengan si jantan.

5. Bentuk ekor, Pleci jantan memiliki ekor yang memanjang dan bagian ujung ekornya berbentuk runcing sehingga terlihat seperti huruf “v”. Sedangkan pleci betina memiliki ekor yang lebih pendek dibandingkan si jantan dan ujung ekornya rata.

6. Bentuk mata, pada umumnya burung pleci memiliki lingkaran putih pada bagian matanya. Untuk pleci jantan ditandai dengan lingkaran putih yang tebal dan terputus-putus pada bagian matanya. Sedangkan pleci betina ditandai dengan lingkaran putih yang tebal dan tidak terputus-putus pada bagian matanya.

Cara Membedakan Burung Pleci Berdasarkan Tingkah Laku

1. Gerak-gerik pleci, pleci jantan memiliki gerak-gerik yang lebih aktif, lincah, dan agresif. Burung pleci jantan jika dimasukkan kedalam sangkar yang sama dengan jenis pleci lainnya maka mereka akan bertarung. Namun untuk pleci betina gerak-geriknya tidak seaktif, selincah, dan seagresif si jantan.

Pleci betina juga cenderung lebih pendiam dan jika dimasukkan kedalam sangkar yang sama dengan jenis pleci lainnya maka mereka tidak ada tanda-tanda bertarung.

2. Suara kicauan, suara kicauan yang dimiliki oleh pleci jantan akan terdengar lebih nyaring, jernih dan lantang. Sedangkan suara burung pleci yang betina terdengar pelan dan tidak terlalu jernih. Namun pada saat membedakan jenis kelamin burung pleci menggunakan suara kicauan, maka anda harus memiliki kemampuan mendengar yang jeli dan teliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *