Cara Membuat Kacer Buka Ekor

Cara Membuat Kacer Buka Ekor (Ngobra) Dengan Cepat

Cara Membuat Kacer Buka Ekor – Ternyata banyak sekali pecinta burung kicau di dunia ini, salah satunya adalah negara Indonesia. Memelihara burung kicau adalah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi burung yang di miliki sudah berkicau dengan gacor.

Memiliki burung gacor adalah suatu kebanggaan bagi setiap kicau mania. Untuk membuat burung gacor sendiri tidak semudah yang kalian bayangkan, tentunya harus memberikan perawatan khusus terhadap burung tersebut.

Untuk melengkapi artikel seputar burung kacer, pada artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat kacer buka ekor atau sering di sebut dengan ngobra.

Setingan Kacer Biar Buka Ekor

Burung kacer memiliki banyak sekali gaya tarian atau ciri khas tersendiri saat berkicau, salah satunya adalah buka ekor atau ngobra. Di namakan kacer ngobra karena saat bertarung ia membuka ekornya yang mirip sekali dengan kepala ular kobra.

Gaya tarian ini sangat di sukai para kicau mania, bagian ekor burung kacer kelihatan mekar atau mekrok sempurna dengan kepala mengangguk-angguk ke atas dan ke bawah.

Memang gaya kacer buka ekor ini mirip sekali dengan kepala ular kobra yang akan memangsa korbannya. Bukan hanya itu, pada saat ngobra sayap burung kacer akan di buka sedikit seperti sedang berdansa.

Gaya ngobra pada burung kacer sangat di idam-idamkan oleh para kicau mania Indonesia, karena pada saat inilah suara burung kacer terdengar sangat gacor dengan gaya ekor seperti kipas yang indah.

Gaya ini merupakan gaya terbaik yang di miliki burung kicau yang satu ini. Untuk memancing kacer supaya buka ekor bisa di lakukan dengan banyak cara, salah satunya yaitu dengan menyatukan kacer jantan dan kacer betina.

Cara ini adalah tips yang paling cepat untuk memancing kacer buka ekor atau ngobra.

Merawat Kacer Agar Cepat Buka Ekor (Ngobra)

Tips ini berlaku pada burung kacer yang masih bahan/bakalan dan juga kacer yang sudah rajin bunyi, tapi belum mau ngobra atau buka ekor. Berikut ini cara merawat burung kacer agar cepat ngobra atau buka ekor yang bisa kalian pelajari.

1. Melatihnya Dengan Burung Sejenis

Melatih kacer ngobra dengan sejenisnya perlu di lakukan selama beberapa hari dalam waktu beberapa menit, sampai burung mau buka ekor atau gaya ngobranya. Kalau burung kacer sudah mau berkicau sambil buka ekor, maka terapi ini bisa di lakukan 1-2 minggu sekali.

2. Pengembunan Secara Rutin

Pengembunan rutin wajib di lakukan pada burung kacer supaya meningkatkan stamina dan menjaga kondisi tuburnya agar tetap prima. Pengembunan ini bisa di lakukan setiap hari dan tetap memperhatikan kondisi cuaca.

3. Mengurangi Frekuensi Mandi

Jika selama ini kalian memandikan burung kacer setiap hari, maka selama perawatan ini sebaiknya kurangilah frekuensi mandinya atau cukup memandikannya beberapa hari sekali saja.

4. Dilatih Dalam Kandang Umbaran

Burung kacer bisa di latih dalam kandang umbaran setiap beberapa hari sekali sambil di jemur.

5. Perhatikan Pakan Tambahan

Pakan tambahan atau Extra Fooding (EF) bisa membangkitkan mental burung kacer agar bisa tampil ngobra atau buka ekor saat di lapangan. Maka EF yang baik yaitu harus memiliki kandungan protein hewani yang tinggi seperti, ulat hongkong, jangkrik, belalang hijau, kelabang kering dan lain sebagainya.

Namun tidak semua burung bisa tampil maksimal setelah di beri EF secara berlebihan, hal tersebut justru membuat burung over birahi. Begitu pula sebaliknya, jika kekurangan EF bisa membuat kacer kurang akif dan malas berbunyi.

Maka kalian harus memperhatikan setelan pakan yang tepat, terutama pakan tambahannya harus di sesuaikan dengan karakter burung tersebut.

6. Berikan Suplemen yang Tepat

Selain mengatur pakan tambahannya, kalian juga bisa memberikan suplemen yang tepat seperti Testo Bird Booster (TBB). Suplemen ini bisa mengatasi burung yang cenderung ngeriwik saja, meningkatkan daya tahan tubuh dan juga pada burung yang mental bertarungnya ngedrop.

7. Terapi Sauna

Terapi ini di lakukan dengan cara mengkrodong sangkarnya secara penuh, lalu menjemurnya di bawah sinar matahari. Ini semua bertujuan untuk membangkitkan kembali mental burung yang ngedrop.

Sebagian orang mengatakan bahwa terapi sauna cukup efektif untuk melatih mental burung dan menjadikannya rajin berkicau. Sebaiknya di lakukan secara berhati-hati karena hanya di terapkan pada burung yang staminanya cukup bagus dengan kondisi yang fit.

8. Full Kerodong Siang Hingga Sore Hari

Dengan mengkrodongnya penuh di siang hingga sore hari di tempat yang sejuk dan sedikit berangin, bisa membuat burung lebih tenang dan terhindar dari stres. Maka secara perlahan mental tempurnya akan bangkit kembali.

9. Istirahat Total Pada Malam Hari

Untuk menjaga kondisi dan stamina burung kacer, sebaiknya di istirahatkan secara total pada malam hari dengan cara mengkrodong sangkarnya secara penuh dan mematikan lampu ruangan tersebut.

Itulah pembahas kami tentang cara merawat burung kacer agar cepat ngobra atau buka ekor hari ini. Apabila ada salah dalam penulisan kata atau ada kata-kata yang tidak benar, silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang telah di sedikan dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *