Cara Merawat Bunga Mawar Agar Sehat dan Berbunga

Cara Merawat Bunga Mawar – Bunga mawar adalah salah satu rangkaian bunga yang paling populer. Bunga ini biasanya diberikan pada acara-acara khusus seperti wisuda atau hari jadi dalam bentuk karangan bunga.

Selain sebagai hadiah, bunga ini sangat cantik dan bisa dijadikan sebagai tanaman rumah. Bunganya berwarna-warni dan ceria, yang akan menambah nuansa baru di rumah Anda.

Cara Merawat Bunga Mawar

Jika Anda ingin menanam koleksi bunga peony di kebun Anda, Anda harus tahu cara merawatnya. Seperti tanaman lainnya, tanaman peony juga harus dirawat dengan cara khusus.

Tentu saja, Anda tidak perlu khawatir. Perawatan bunga untuk mawar sangat mudah. Langsung saja simak petunjuknya di bawah ini!

1. Pencahayaan Yang Tepat

Untuk menumbuhkan tanaman peony yang indah, Anda harus meletakkannya di lokasi dengan jumlah cahaya yang tepat. Peony sangat bagus untuk memberikan sinar matahari pagi yang lebih lembut.

Namun, pada siang hari lebih baik menyimpan bunga di tempat yang lebih terlindung. Anda dapat menanam umbi tulip di dalam pot sehingga Anda dapat memindahkan pot dengan bunga tulip ke dalam cahaya yang tepat.

Anda dapat menempatkan naungan di atas taman bunga agar sinar matahari tidak mengenai kelopak bunga Anda.

2. Perhatikan Intensitas Penyiraman

Jika tanaman ingin tumbuh, mereka membutuhkan air. Penyiraman bunga dapat dilakukan pada pagi dan sore hari. Anda dapat menyesuaikan jumlah air berdasarkan kebutuhan Anda. Pastikan tanahnya lembab tetapi tidak terlalu basah.

Saat musim hujan, Anda perlu menyesuaikan frekuensi penyiraman. Jika tanah masih basah karena hujan, Anda tidak perlu menyiramnya lagi.

Pastikan Anda menyirami bagian batang di dekat akar. Menyiram bunga sebanyak mungkin tidak dianjurkan karena akan membuat kelopak menjadi layu. Gunakan alat penyiram taman agar air keluar perlahan.

3. Berikan Nutrisi Tambahan

Mawar harus mendapat nutrisi tambahan berupa pupuk. Pupuk yang bisa Anda berikan untuk tanaman ini adalah pupuk NPK (nitrogen, fosfor, dan kalium).

Nitrogen melayani sejumlah fungsi dalam tanaman. Ini mencegah daun menguning dan membantu tanaman tumbuh lebih baik. Fosfor atau kalium berfungsi untuk memperkuat akar. Kalium juga membantu bunga bangkit kembali dari serangan serangga, penyakit, atau cuaca ekstrim.

4. Potong Batang atau Daun Yang Tidak Sehat

Ketika Anda melihat beberapa bintik coklat atau beberapa daun menguning, Anda harus memotongnya. Anda juga dapat memotong batang yang berwarna coklat karena tanaman yang sehat memiliki batang yang berwarna hijau.

Memotong bagian tanaman yang sakit mencegah penyakit menyebar ke seluruh tanaman.

5. Pemangkasan Rutin

Selain memotong bagian yang terinfeksi atau sakit, Anda juga perlu memotong daun dan cabang secara teratur. Banyaknya daun akan memperlambat pertumbuhan bunga karena nutrisi diambil oleh daun.

Untuk membuat bunga mawar berbunga, seseorang harus memangkasnya dengan cara yang benar. Ini bisa dilakukan dengan memangkas beberapa daunnya. Lakukan ini dua kali per minggu.

Saat Anda memetik mawar, gunakan langkah-langkah ini agar tetap terlihat segar

6. Perhatikan Hama dan Gulma

Saat Anda menyirami tanaman Anda, amati setiap bagian mawar. Anda harus menghilangkan hama ketika Anda menemukannya. Hama dapat memperlambat pertumbuhan mawar.

Jika jumlah hama terlalu tinggi untuk diabaikan, Anda dapat menggunakan insektisida.

Sementara itu, pangkas rumput di sekitar bunga mawar. Hal ini dapat mencuri nutrisi dari tanaman, yang tidak akan tumbuh secara optimal.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk menumbuhkan bunga mawar yang sehat. Ingat langkah-langkah ini dan jangan lupa. Sekarang Anda siap untuk mengadopsi bunga mawar.

Tinggalkan komentar