Cara Merawat Burung Jalak Suren

Cara Merawat Burung Jalak Suren Agar Cepat Gacor

Pengicau.Net – Jalak suren di kenal sebagai salah satu burung kicau yang cerewet dan juga berisik. Meski begitu, itulah yang justru membuat para pecinta burung kicau tertarik dengan burung yang satu ini. Sehingga tak heran jika anda sangat sering melihat burung ini di pelihara di beberapa rumah sekitar anda. Perlu anda ketahui bahwa ada lima subspecies burung jalak suren ini. Dua dari kelima ras tersebut berada di negara kita yaitu negara Indonesia. Yakni jalak suren jawa atau dalam bahasa latinnya gracupica contra jalla dan yang kedua jalak suren Kalimantan atau gracupica contra floweri.

Jalak suren jawa sendiri tersebar di tiga wilayah yang ada di Indonesia yakni sumatera, jawa, dan bali. Sedangkan jalak suren Kalimantan hanya bisa kita jumpai di Kalimantan. Untuk bisa memiliki burung jalak suren yang sehat dan memiliki suara yang lantang serta merdu tentunya tidak bisa dengan mudah untuk kita dapatkan. Ada beberapa tahap atau teknik yang harus kita lakukan supaya burung jalak suren peliharaanmu bisa berkicau dengan lantang dan aktif. Berikut ini cara merawat jalak suren yang perlu anda pahami supaya impianmu untuk memiliki jalak suren dengan suara super bisa terpenuhi.

Cara Merawat Jalak Suren Untuk Pemula

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa dalam perawatan burung kicau sendiri membutuhkan banyak waktu luang. Namun bagi anda yang selalu sibuk dengan urusan pekerjaan bisa mempelajari cara-cara atau tips perawatan jalak suren berikut ini.

1. Perhatikan Kebersihan Kandang

Jika anda memutuskan untuk memelihara binatang, memperhatikan kebersihan kandang peliharaan anda menjadi hal yang sangat penting. Tak berbeda dengan peliharaan lainnya dalam memelihara jalak suren anda juga harus memperhatikan kebersihan kandang dan segala peralatannya. Hal ini bertujuan supaya burung jalak suren peliharaanmu nyaman dan betah serta terhindar dari berbagai bakteri dan virus yang akan mengganggu kesehatannya.

2. Penjinakkan

Penjinakkan ini sangat perlu di lakukan, apalagi jika anda membeli burung dari orang. Metode penjinakkan yang bisa di lakukan juga ada banyak. Seperti membiasakan burung untuk lebih dekat dengan manusia, ini bisa di lakukan jika anda membeli burung jalak suren yang masih liar. Tentunya metode akan berbeda jika anda memelihara jalak suren dari anakan.

3. Memandikan Burung

Untuk cara memandikan jalak suren sendiri ada 3 metode yang bisa anda lakukan. Yakni memakai keramba, memakai cepuk dan yang terakhir memakai semprotan. Usahakan untuk melatih burung mandi sendiri, ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir burung. Cara ini juga di percaya dapat meningkatkan mental burung supaya lebih kuat.

4. Penjemuran

Setelah proses pemandian selesai di lakukan jangan lupa untuk melakukan penjemuran pada burung supaya bulu burung cepat kering dan burung tidak merasa kedinginan yang akan membuatnya meriang atau sakit. Anda bisa lakukan proses penjemuran kira-kira 1-2 jam lamanya. Dan perlu di ingat, lakukan penjemuran di bawah jam 10.00 pagi, karena jika anda menjemur di atas jam tersebut akan berbahaya bagi kesehatan jalak suren.

5. Pemberian Pakan

Sama seperti makhluk hidup yang lainnya, burung yang anda pelihara juga harus di perhatikan dalam pemberian makannya. Karena burung sudah tidak bisa lagi mencari pakan sendiri, jadi anda harus siap sedia menyediakan burung peliharaan anda makanan. Untuk menjaga kesehatan dan juga suara jalak suren tetap gacor, anda bisa memberikan burung tersebut makanan berupa buah-buahan, sayur-sayuran hingga biji-bijian. Makanan ini sangat berguna bagi kesehatan dan juga suara unik dari burung. Sebagai tambahan pakan, jangan lupa juga untuk memberikan pakan extra fooding seperti jangkrik, ulat hongkong, belalang, kroto, cacing dan lainnya supaya nutrisi burung terpenuhi.

6. Pemberian Multivitamin

Tak hanya memberikan makanan yang disukai oleh burung, anda juga wajib memberikan multivitamin pada burung supaya burung jauh dari penyakit dan juga memiliki suara yang semakin gacor.

7. Pemasteran

Bagi anda yang menginginkan peliharaan jalak surennya memiliki suara yang lantang dan juga merdu, jangan lupa untuk melakukan pemasteran. Untuk proses pemasteran sendiri anda bisa coba dengan cara memberikan umpan suara burung lainnya. Atau anda juga bisa memperdengarkan burung dengan suara burung masteran yang cocok dan sesuai dengan burung jalak suren yang anda miliki. Untuk waktu pelaksanaan pemasteran ini anda bisa gunakan ketika waktu istirahat burung. Seperti pada saat jam 6 sore hingga pagi sambil menutup kandang burung dengan krodong.

8. Pengkrodongan

Pengkrodongan bisa adna lakukan ketika pemasteran yakni pada pukul 6 sore hingga pagi hari. Supaya burung bisa lebih beradaptasi dengan manusia sekitarnya anda bisa coba dengan menggunakan krodong yang berbahan tipis atau samar-samar.

9. Hindari Factor Pengganggu

Untuk menjaga mental burung anda, hindari burung dari berbagi factor yang mengganggunya yang bisa membuat burung menjadi stress. Seperti kucing, tikus dan hewan lainnya. Sedangkan jika burung bermasalah dengan keadaan atau aktivitas manusia disekitarnya, anda bisa gunakan metode pengkrodongan tadi hingga burung bisa beradaptasi.

Untuk bisa mendapatkan burung yang sehat dengan suara kicauan yang lantang, tentu saja anda harus merawatnya dengan benar dan penuh perhatian. Ini bertujuan agar burung merasa nyaman seperti ketika berada di habitatnya. Burung yang nyaman akan merasa bahagia dan akhirnya mereka akan aktif, lincah serta mengeluarkan suara kicauan yang lantang dan merdu.Anda juga perlu memperhatikan factor apa saja yang dapat membuat burung jalak suren menjadi stress, supaya bisa menanggulangi dan menjauhkan burung dari berbagai factor yang membuatnya stress dan malas berkicau.

Berikut ini beberapa faktor yang membuat burung stress yang harus anda perhatikan.

  • Pemberian makan yang salah
  • Kurang merawat kebersihan kandang, peralatan kandang dan juga burung
  • Adanya gangguan dari hewan pemangsa
  • Stress karena sakit
  • Gagalnya proses adaptasi
  • Stress karena proses pemasteran menggunakan volume yang terlalu tinggi

Anda juga harus mengetahui mengenai berbagai alasan yang membuat jalak suren tidak mau berbunyi. Seperti, Terjadinya perubahan pola makan, burung dalam kondisi yang kurang fit, karakter burung yang hanya mau berbunyi jika di goda saja. Burung yang terbiasa hidup di lingkungan yang terlalu ramai atau sepi sehingga memerlukan waktu untuk beradaptasi. Untuk masalah pakan anda juga wajib memberikan pakan yang di sukai burung jalak suren, jika menginginkan burung berkicau dengan suara lantang dan juga merdu. Anda bisa siapkan buah-buahan seperti papaya, pisang, apel, dan buah-buahan segar lainnya.

Selain itu, anda juga bisa menyediakan makanan tambahan untuk menambah nutrisi burung. Seperti, ulat hongkong, kroto, belalang, jangkrik, cacing tanah dan lain-lainnya. Anda juga bisa memberikan voer untuk jalak suren, namun untuk pemberian voer anda harus selalu konsisten dengan merk voer yang akan di pakai. Itulah beberapa hal yang harus di perhatikan oleh pecinta burung yang sedang atau akan memelihara burung kicau jalak suren. Sebelum memelihara pecinta burung harus tahu terlebih dahulu mengenai berbagai macam hal cara merawat jalak suren dan apa saja yang dapat menghambat burung untuk selalu aktif dan berkicau dengan suara lantang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *