Cara Merawat Burung Kacer

Cara Merawat Burung Kacer Supaya Rajin Bunyi

Cara Merawat Burung Kacer – Untuk para pecinta burung hias atau burung kicau tentu sudah tidak asing lagi dengan burung kacer.

Salah satu burung kicau dengan warna tubuh khasnya yakni hitam dan putih yang memiliki suara burung yang merdu dan lantang.

Burung ini pun menjadi salah satu burung yang mudah untuk kita temukan di rumah-rumah pecinta burung dan toko-toko burung.

Tak hanya suaranya saja yang merdu dan lantang, burung ini juga terbagi menjadi beberapa jenis yang tentunya setiap jenisnya memiliki kelebihan berkicaunya masing-masing. Mulai dari kacer jawa, kacer poci, dan kacer blorok.

Cara Merawat Kacer Agar Cepat Gacor

Tak hanya memiliki suara yang unik, burung ini juga dikenal sebagai salah satu burung yang perawatannya cukup unik dan berbeda dengan burung yang lainnya seperti lovebird dan kenari.

Burung ini juga dikenal sebagai salah satu burung yang sulit untuk berkicau. Sehingga tak jarang para pecinta burung kacer melakukan berbagai macam cara supaya burung kecintaannya bisa berkicau dengan lantang dan merdu.

Berikut ini kami akan berikan informasi mengenai cara merawat burung kacer supaya burung bisa tetap sehat, aktif dan memiliki suara kicau yang sesuai dengan impian anda.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan seperti kualitas suara yang lantang dan juga merdu, tentu membutuhkan perawatan khusus pada burung kacer.

Bagi pemula atau baru saja membeli burung kicau harus mencoba tips cara perawatan burung kacer agar cepat gacor dan rajin bunyi setiap hari.

1. Pengembunan

Anda bisa lakukan pengembunan pada waktu pagi buta sekitar pukul 03:00 hingga 05:00. Cara melakukannya adalah cukup dengan membuka sebagian kerodong atau di angin-anginkan hingga 5 menit.

Baru kemudian anda bisa buka seluruh kerudung dan biarkan burung menjalani proses pengembunan secara alami.

2. Mandi di Waktu Pagi

Untuk memiliki burung kacer yang sehat dan gacor harus dimulai dari pagi. Aktivitas yang harus anda lakukan ketika pagi hari sebagai awal perawatan untuk burung kacer adalah dengan memandikan burung kacer.

Cara memandikannya hanya tinggal menyemprotkannya saja dengan menggunakan semprotan yang biasanya di gunakan untuk mandi burung.

Anda bisa menemukannya di toko-toko penyedia peralatan dan pakan burung. Anda bisa langsung menyemprotkannya dari luar kandang hingga burung terlihat basah.

3. Jemur Burung Setelah Mandi

Setelah burung kacer selesai di mandikan selanjutnya anda harus menjemur burung hingga bulunya kering kembali.

Namun sebelum di jemur secara langsung anda harus mengangin-anginkan terlebih dahulu burung selama kurang lebih 15 menit, baru selanjutnya di jemur selama kurang lebih 2 jam.

Anda bisa lakukan penjemuran pada lingkungan yang ramai oleh alu lalang orang.

4. Pengumbaran

Pengumbaran ini tidak hanya di perlukan untuk burung kacer saja, tapi juga di butuhkan untuk burung kicau lainnya.

Hal ini bertujuan supaya dapat menstabilkan tingkat birahi, dan meningkatkan stamina burung supaya tetap dalam kondisi yang prima.

Anda bisa lakukan kegiatan ini kurang lebih selama 10 menit atau lebih lama lagi.

5. Pemberian Pakan di Pagi Hari

Sama dengan manusia, sarapan juga menjadi hal yang sangat penting untuk burung kacer. Supaya anda bisa memiliki burung kacer sesuai dengan apa yang anda inginkan, anda juga harus memperhatikan pakan pagi burung anda.

Sebaiknya anda berikan 3 hingga 5 ekor jangkrik. Usahakan jangan terlalu banyak memberi makan burung karena bisa membuat burung malas untuk berkicau atau biasa dikenal dengan burung mbagong.

6. Di Pancing dengan Suara Burung Lain

Setelah dimandikan, selesai di jemur dan di beri makan selanjutnya untuk membuat burung kacer milik anda memiliki suara kicau yang merdu dan lantang, Anda bisa pancing burung peliharaanmu dengan suara burung kacer lainnya.

Jika tidak ada, anda juga bisa memancing dengan menggunakan suara rekaman burung kicau lainnya untuk alat pemancing supaya burung kacer anda mau berlatih berkicau.

Ada banyak sekali suara burung kicau yang bisa anda dapatkan dengan cara mendownload melalui alat pencari internet atau google. Anda bisa melatih dan memancing burung kacer selama kurang lebih 2 jam lamanya.

7. Mandi Sore

Selain memandikan burung kacer pada pagi hari untuk memperoleh burung kacer yang berkualitas anda juga harus memandikan burung kacer pada sore hari.

Ini untuk menjaga rasa segar dan kesehatan burung kacer sehingga burung merasa nyaman dan lincah serta suka berkicau.

8. Pakan Sore

Tak hanya pakan pagi, burung kacer juga membutuhkan pemberian pakan di sore hari. Untuk itu berilah pakan sore dengan jumlah yang sama seperti pada pemberian pakan pagi.

Hal ini bertujuan untuk membuat burung jauh dari rasa lapar yang akan membuatnya malas untuk berkativitas dan berkicau.

9. Memberikan Waktu Istirahat untuk burung

Setelah waktu maghrib tiba anda bisa krudungi kandang burung kacer supaya burung bisa beristirahat dengan tenang.

Dengan ini pada keesokan paginya burung akan memiliki tenaga yang vit kembali untuk berkicau dan beraktivitas seperti biasanya. Sehingga burung jauh dari berbagai penyakit fisik dan penyakit mental.

Kesimpulan

Jadi kesembilan perawatan ini harus anda lakukan supaya burung kacer dapat berkicau dengan lantang dan memiliki badan serta bulu yang selalu terlihat sehat.

Bagi anda yang terlanjur memiliki burung yang mbagong, anda perlu memberikan perawatan lebih intensif untuk burung supaya bisa berkicau dengan lantang dan juga merdu.

Untuk perawatan burung kacer yang mbagong, anda perlu mengurangi pengkonsumsian EF atau extra fooding.

Dan anda juga harus mengurangi lamanya waktu penjemuran di pagi hari, sebaiknya jemurlah burung dengan waktu separuhnya dari waktu penjemuran biasanya.

Selain itu, untuk mendapatkan suara yang lebih lantang dan merdu anda harus memilih kacer yang berkualitas dan yang berjenis kelamin jantan.

Karena burung jantan di percaya lebih memiliki kelincahan yang lebih aktif jika di bandingkan dengan burung kacer betina.

Burung kacer hitam memiliki warna bulu hitam yang mengkilap dengan postur tubuh yang tegap.

Selain itu, untuk menambah nutrisi burung anda juga bisa beri kacer makanan berupa serangga kecil, kroto, ulat bambu, cacing tanah, ulat hongkong atau voer.

Makanan-makanan tersebut dipercaya dan dikenal dapat membuat burung memiliki suara yang lebih halus, lantang dan lebih enak di dengarkan.

Dan yang paling penting lagi dalam merawat burung atau peliharaan apapun, anda harus rajin membersihkan kandang dan berbagai peralatan yang biasanya di gunakan sebagai pelengkap kandang.

Seperti, wadah pakan, wadah minum, tenggrengan, serta tempat untuk mandi. Hal ini bertujuan supaya burung terhindar dari berbagi bakteri dan kuman yang bisa membuatnya sakit dan malas untuk berbunyi.

Untuk membuat burung terbiasa dengan keadaan lingkungan yang ramai, ketika malam hari waktu istirahat burung tiba anda bisa krodongi burung dengan menggunakan kain yang samar-samar atau tipis.

Sehingga burung kacer tetap bisa melihat berbagai aktivitas manusia, namun tetap tidak merasa terganggu.

Tak hanya bisa dijadikan sebagai burung petarung atau burung penghias rumah saja, tapi burung ini juga bisa membuat anda mendapatkan banyak keuntungan dengan memulai berbisnis berternak burung kacer.

Ini salah satu bisnis ternakan burung yang banyak dipilih oleh para pecinta burung.

2 thoughts on “Cara Merawat Burung Kacer Supaya Rajin Bunyi

  1. Burung saya jarang sekali bersuara, saya tidak tahu mengapa. Semoga tips-tips ini bisa membuat burung saya bersuara. Terimakasih min

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *