Cara Merawat Burung Kenari

Cara Merawat Burung Kenari Supaya Rajin Bunyi

Cara Merawat Burung Kenari – Hal terpenting dalam perawatan burung kicau adalah bagaimana cara merawat burung menjadi gacor atau rajin bunyi secara terus menerus? Sebenarnya hal ini masih menjadi pertanyaan para kicau mania.

Untuk menjawab semua pertanyaan itu, disini kami memberikan sebuah tips atau cara merawat burung kenari supaya rajin bunyi atau gacor.

Burung kenari sendiri adalah salah satu jenis burung yang paling di minati para kicau mania. Selain memiliki suara yang gacor, burung ini juga mempunyai bulu-bulu yang indah, sehingga menarik perhatian para kicau mania dan ingin memilikinya.

Alasan kicau mania ingin memiliki burung kenari yaitu untuk di pelihara dan di lombakan. Jika hanya untuk di pelihara, maka berilah makanan dan minuman yang cukup serta membesihkan sangkar secara teratur.

Lantas bagaimana cara merawat burung kenari untuk lomba? Seperti halnya manusia, setiap individu burung juga memiliki kelemahan dan kemampuan yang berbeda-beda.

Sebaiknya sebelum membeli burung kenari yang masih bahan/bakalan, silahkan melihat indukan burung tersebut. Biasanya jika induknya dapat berkicau dengan gacor, maka secara otomatis anaknya juga mengikuti jejak sang indukan tersebut.

Cara Merawat Burung Kenari Bakalan

Merawat burung sendiri tidak semudah yang kalian bayangkan, pasti membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi kalau mau menjadikannya sebagai sang juara, pasti sangat sulit dan membutuhkan perawatan khusus.

Namun kita sebagai kicau mania tidak boleh menyerah atau patah semangat dalam merawat burung kicau, dengan begitu hasil yang di dapat sesuai dengan keinginan kita.

Seperti yang sudah di ketahui semua kicau mania bahwa suara burung kenari terdengar sangat keras dan lantang, maka jangan sampai perawatan hariannya malah merusak kemampuan yang di milikinya itu.

Berikut ini tips cara merawat burung kenari bakalan supaya rajin bunyi.

1. Berilah Pakan Tambahan / EF (Extra Fooding)

Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa makanan utama burung kenari berupa biji-bijan, namun juga membutuhkan nutrisi dari pakan tambahan secara rutin seperti buah-buahan dan sayuran.

Untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal, maka berilah EF secara bervariasi misalnya di potong kecil-kecil kemudian di campur menjadi satu dalam satu wadah sendiri.

2. Pakan Tidak Boleh Berlebihan

Jika memberi pakan secara berlebihan, maka akan berdampak buruk pada burung kenari misalnya burung menjadi gemuk dan malas berbunyi. Untuk mendapat hasil yang memuaskan, berilah pakan biji-bijan dengan takaran yang pas, misalnya hanya 1/3 wadah makan.

3. Berilah Egg Food

Egg food adalah potongan telus yang sudah di rebus, lalu di gantung pada sangkar harian sebagai pengganti makanan utamanya berupa biji-bijian.

Untuk memacing burung kenari agar lebih rajin bunyi, berilah pakan egg food beberapa hari sekali, ini semua bertujuan untuk menambah stamina burung agar tetap dalam kondisi prima. Sebenarnya kalian juga bisa mencampurkan pakan racikan egg food atau soft food dengan pakan biji-bijian tersebut.

4. Berilah Suplemen Tambahan

Jika dalam bentuk makanan selalu tercukupi, maka burung kenari akan lebih aktif dalam berkicau. Namun untuk melengkapi kebutuhan nutsirinya kalian bisa memberi suplemen tambahan seperti TBB (TestoBirdBooster) yang berfungsi untuk merangsang agar burung lebih rajin bunyi.

5. Berilah Daun-daunan Hijau

Selain buah-buahan dan sayuran, para kenari mania juga memberikan daun-daunan liar sebagai pakan alternatif / pakan tambahan. Daun-dauan dari tanaman mengkudu, krotot, makkota dewa dan lain sebagainya di percaya mampu membuat suara kenari menjadi lebih jernih.

6. Memandikan, Jemur dan Membersihkan Sangkar

Sebagai kenarimania yang baik, kalian harus rajin membersihkan sangkar supaya burung terhindar dari segala macam penyakit. Apabila burung sedang sakit, maka akan malas berbunyi dan yang lebih menakutkan lagi burung akan mati.

Tidak tahu berapa banyak kerugian kita jika burung kesayanganmu mati, sebaiknya kalian rajin-rajinlah membersihkan sangkar dan memandikannya dengan cara berikut ini.

  • Ada dua cara memandikan burung kenari yaitu dengan cara di semprot dan menggunakan bak mandi kecil yang di letakkan di dalam sangkar.
  • Selanjutnya jemurlah burung kenari di bawah sinar matahari, dan pastikan tidak ada pakan di dalam sangkar kecuali pakan tambahan berupa dedaunan.
  • Waktu yang tepat untuk menjemur burung kenari ialah di pagi hingga siang hari sebelum pukul 10.30. Pindahkan burung kenari ke tempat yang lebih teduh dan tentunya terhindar dari hewan-hewan pemangsa, lalu berilah pakan berupa biji-bijian.

7. Pemasteran

Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, kalian bisa memaster burung kenari dengan suara burung lainnya seperti blackthroat agar lebih bervariasi. Sebaiknya pemasteran di lakukan pada saat burung kenari berusia dini atau anakan, karena pada saat itulah mereka cenderung mempunyai banyak waktu untuk menghafal suara-suara lainnya.

Baca juga : Cara memaster burung kenari isian blackthroat

8. Memelihara Lebih dari Satu Burung

Cara perawatan burung kenari yang terakhir yaitu memelihara lebih dari satu burung di rumah. Ini semua bertujuan untuk memancing burung kenari supaya lebih rajin berbunyi dan saling bersahut-sahutan antara satu dengan yang lainnya.

Demikianlah pembahasan kami tentang perawatan burung kenari pada hari ini. Apabila ada salah dalam penulisan kata atau ada kata-kata yang tidak benar, silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang sudah di sediakan agar segara kami perbaik dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *