Cara Merawat Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

Cara Merawat Ikan Cupang – Memelihara ikan cupang saat ini sudah menjadi trend. Ada banyak alasan mengapa orang memelihara ikan cupang. Ini adalah cara untuk mengisi waktu luang mereka, mendekorasi rumah, menghilangkan stres, atau bahkan hanya untuk peluang bisnis.

Ketika melihat teman Anda memposting gambar ikan cupang mereka yang cantik sepanjang waktu. Itu membuat Anda sendiri menginginkannya!

Salah satu alasan utama mengapa orang ragu untuk memelihara hewan peliharaan adalah kekhawatiran mereka tentang merawatnya. Namun, tidak perlu khawatir lagi, Anda bisa membaca artikel ini untuk mengetahui cara merawat ikan cupang yang benar.

Baca Juga: Jenis Ikan Cupang

Cara Merawat Ikan Cupang

Untuk memastikan ikan Anda tumbuh sehat dan kuat, ada beberapa cara yang tepat untuk merawatnya. Berikut ini adalah cara merawat ikan air tawar dengan baik dan benar:

1. Memilih Wadah

Tidak sulit untuk menemukan rumah bagi ikan cupang. Karena cupang bisa hidup di dalam gelas plastik.

Meskipun ini mungkin benar, saya sarankan Anda menggunakan wadah berukuran 20x15x15 cm atau sekitar 3 liter. Ini akan memberi anakan cupang cukup ruang untuk berenang dengan bebas. Namun, jika Anda menggunakan wadah yang terlalu besar, akan lebih sulit dibersihkan daripada wadah yang lebih kecil.

2. Perhatikan Jenis dan Volume Air

Tidak hanya wadahnya saja, Anda juga harus memperhatikan air tempat ikan cupang akan hidup. Ikan cupang adalah ikan air tawar. Sangat disarankan untuk menggunakan air dari PAM atau sumur yang telah disaring selama kurang lebih satu hari.

Mengenai volume air, ada banyak pendapat. Ada yang bilang cupang bisa hidup di akuarium kecil, tapi ada juga yang bilang cupang harus hidup di akuarium besar. Alasannya adalah karena dogtooth tetra hidup di perairan dangkal di mana terdapat banyak volume air.

Selain itu, ukuran dan volume tangki ikan merupakan faktor penting untuk menjaga suhu dan siklus nitrogen. Menurut penelitian, volume udara di mangkuk ikan setidaknya 2,5 galon, dan hingga 5 galon.

3. Menjaga Kebersihan Air

Selain jenis dan volume air, kebersihannya juga perlu diperhatikan. Ganti air di tangki ikan Anda 2-3 kali sehari, oke? Jangan lupa untuk memurnikan air yang Anda gunakan setidaknya semalaman. Hal ini dilakukan untuk membuat bahan kimia yang ada di dalam air mengendap, sehingga tidak membahayakan ikan Anda.

4. Memberi Makan

Apa yang Anda beri makan ikan cupang? Jika Anda tidak tahu, maka Anda mungkin tidak tahu bahwa cupang adalah karnivora. Ikan cupang bisa memakan cacing, serangga, larva serangga, dan pelet. Berikan pakan ikan cupang dua kali sehari.

Jika Anda memberi makan ikan cupang Anda makanan bergizi, itu akan tumbuh dengan baik.

Baca Juga: Makanan Ikan Cupang

5. Jemur Di Bawah Matahari

Tidak hanya manusia, ternyata ikan cupang juga perlu berjemur di bawah sinar matahari. Tujuan menjemur ikan adalah untuk membunuh bakteri dari jamur di kulit dan akuarium mereka.

Waktu terbaik untuk mengeringkan ikan adalah dari jam 8 sampai jam 10 pagi selama kurang lebih 30 menit.

6. Memberi Daun Ketapang

Bahkan “Ikan cupang” dapat diobati dengan “daun ketapang” sebagai antibiotik alami. Misalnya, jika ekor atau siripnya terluka, dapat diobati dengan “daun ketapang”. Selain itu juga dapat menstabilkan pH air.

7. Memberi Garam Khusus

Garam khusus untuk ikan hias. Membantu menyeimbangkan osmosis dalam tubuh ikan cupang. Garam ini juga bagus untuk menyembuhkan luka. Garam yang ditaburkan di atas air harus 0,1% dari total air akuarium.

8. Memberi Metil Biru

Jika ekor atau sirip ikan aduan siam Anda patah, Anda bisa memberikan metilen biru sebanyak yang cukup di akuarium. Metilen biru dapat membantu pemulihan ikan.

9. Mengobati Ikan Cupang yang Lemas

Selain menggunakan metil biru dan garam khusus untuk ikan Anda, Anda bisa menggunakan racun tikus dan tetra chlor untuk mengobati ikan cupang yang sakit. Untuk melakukan ini, Anda dapat menambahkan beberapa tetes metil biru, tetra klor, obat-obatan, dan garam ikan ke dalam air. Campur air hingga tercampur rata. Kemudian, masukkan ikan cupang Anda ke dalamnya.

10. Mencegah Stres

Ikan tidak boleh stres. Agar mereka tidak stres, Anda bisa membuat akuarium yang terlihat seperti habitatnya. Anda bisa menambahkan tanaman atau tanaman buatan, dan batu juga.

11. Memisahkan Ikan Cupang

Jika Anda memelihara lebih dari satu ikan cupang jantan, pisahkan jantan dari betina kecuali saat musim kawin. Selanjutnya, pelihara ikan cupang jantan di akuarium yang terpisah dari jenis ikan lainnya.

Itulah beberapa tips untuk merawat ikan cupang agar warnanya bagus. Apakah Anda siap untuk mengambil tanggung jawab merawat ikan cupang?

Tinggalkan komentar