Perawatan Kacer Mabung

Cara Merawat Kacer Mabung Agar Cepat Tuntas

Cara Merawat Kacer Mabung Agar Cepat Tuntas – Burung kacer disebut juga dengan burung kucica kampung yang termasuk dalam family Turdidae (murai). Banyak sekali penggemar burung kicauan yang menyukai jenis burung ini. Namun sekarang ini burung kacer semakin sulit di temukan atau bisa dibilang langka di alam liar, khususnya di negara kita.

Ini semua karena sudah terlalu banyak kicaumania yang melakukan penangkapan liar atau memburu burung kacer di hutan untuk dipelihara maupun diperjual belikan. Burung kacer memiliki tubuh yang berwarna hitam dan putih dengan ekor yang panjang. Burung ini juga memiliki suara yang lantang dan indah, sehingga burung kacer sering kali dijadikan sebagai burung lomba.

Untuk perawatan burung kacer bagi pemula memang sedikit sulit namun bagi yang sudah berpengalaman merawat burung bukanlah hal yang sulit. Pasti ada istilah mabung saat merawat burung, mabung di artikan sebagai proses rontok atau rusaknya bulu tua yang sudah lama pada burung. Biasanya proses rontoknya bulu tua yang sudah lama (mabung) terjadi pada burung selama 1-2 kali dalam setahun.

Jika burung peliharaanmu sedang mabung, tentu anda harus memiliki cara perawatan tersendiri agar cepat tuntas. Sebelum membahas cara merawat burung mabung kami akan membahas tanda-tanda yang dimiliki burung mabung, khususnya untuk jenis burung kacer.

Berikut ini adalah tanda-tanda burung kacer yang sedang mabung.

  • Burung kacer akan terlihat tidak bergairah dan tidak banyak gerak.
  • Bulu-bulu pada burung kacer akan terlihat tidak rapih dan warnanya lebih kusam.
  • Burung kacer menjadi tidak rajin mengeluarkan suara kicauannya.
  • Bulu burung akan rontok sedikit demi sedikit, dan terlihat sedikit botak.
  • Bulu ekor pun akan terlihat rusak dan berantakan.
  • Mata burung kacer terlihat sayup.

Jika tanda-tanda tersebut terjadi pada burung peliharaanmu tidak perlu khawatir karena hal tersebut sudah wajar. Biasanya hal ini terjadi 1-2 kali dalam setahun. Tujuan proses mabung atau rontoknya bulu-bulu tua yang sudah lama adalah untuk menumbuhkan bulu-bulu yang baru. Dan cara untuk mempercepat proses mabung pada burung kacer peliharaanmu adalah jangan memaksanya untuk berkicau.

Sebaiknya anda mencegah burung yang sedang mabung tidak banyak gerak, karena energi yang digunakan untuk gerak seharusnya digunakan untuk menumbuhkan bulu-bulu barunya.

Cara Merawat Burung Kacer Mabung

Burung kacer yang sedang mabung memiliki perawatan tersendiri. Ada dua tahap perawatan yang harus dilakukan pada burung kacer, tahap pertama adalah perawatan kacer mabung saat bulu-bulu tua mulai rontok dan tahap kedua adalah perawatan kacer mabung saat akan tumbuh bulu-bulu baru atau tumbuh bulu muda. Adapun penjelasan dua tahap tersebut akan kami bahas pada artikel berikut ini.

Perawatan Kacer Mabung Saat Bulu Tua Mulai Rontok

1. Letakkan sangkar burung ditempat yang sepi dan tenang. Ini bertujuan agar burung kacer yang mabung tidak mudah stres.

2. Hentikan memberi pakan extra fooding seperi jangkrik atau kroto pada kacer yang mabung. Karena pemberian pakan extra fooding dapat membuat kacer mabung menjadi over birahi. Over birahi ini mengakibatkan kacer mabung menjadi gelisah dan tidak tenang ketika menjalani proses mabung.

3. Kacer mabung cocok diberi pakan jenis voer yang berkualitas serta memiliki kandungan nutrisi yang cukup.
Lakukan pengkrodongan pada sangkar burung, dengan tujuan agar burung kacer mabung dapat beristirahat total dengan keadaan tenang.

4. Bersihkan sangkar secara rutin dari bulu burung yang rontok. minimal 2-3 hari sekali pembersihan dan lebih baik lagi jika dibersihkan setiap harinya.

5. Disarankan untuk tidak memandikan burung dalam keadaan sedang mabung. Ini bertujuan agar mendapatkan bulu baru atau bulu muda yang lebih bagus. Jika sudah tumbuh bulu muda barulah anda dapat memandikan burung kacer seperti biasanya.

Perawatan Kacer Setelah Mabung / Tumbuh Bulu Baru

1. Ketika akan tumbuh bulu baru anda dapat memberi pakan extra fooding. Biasanya pemelihara burung memberi pakan jangkrik sebanyak 6 ekor/hari. Tujuannya supaya kebutuhan nutrisinya tercukupi sehingga burung kacer dapat menumbuhkan bulu baru atau bulu muda yang lebih bagus.

2. Setelah proses mabung selesai lakukan pemasteran pada burung kacer secara rutin. Sebab ketika proses mabung burung kacer hanya berdiam diri didalam sangkar yang sunyi. Untuk itu bagus sekali jika dilakukan pemasteran baik menggunakan suara burung asli atau suara burung mp3.

3. Lakukan pengkrodongan pada malam hari supaya burung kacer beristirahat. Dan letakkan sangkarnya ditempat yang teduh.

4. Setelah tumbuh bulu baru, burung kacer sudah dapat dimandikan agar bulu barunya terlihat bersih dan berkilau. Anda dapat menggunakan shampo khusus burung untuk mengangkat ketombe yang menempel pada kulit burung kacer.

5. Lakukan penjemuran dipagi hari setelah memandikan kacer atau anda dapat mengangin-anginkan saja selama 15 sampai 25 menit. Dan dalam tahap penjemuran ini sebaiknya dilakukan pada pukul 07.00-09.00 pagi.

Mungkin hanya itu tips cara merawat kacer setelah mabung yang dapat kami sampaikan pada hari ini. Apabila ada salah dalam penulisan kata atau terdapat kata-kata yang tidak benar, silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom yang telah kami sediakan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *