Cara Merawat Burung Lovebird

Cara Merawat Lovebird Agar Rajin Ngekek Saat Lomba

Pengicau.Net – Seperti yang sudah di ketahui banyak orang, khususnya bagi penggemar burung kicauan bahwa lovebird merupakan salah satu jenis burung yang paling banyak di minati oleh kicau mania. Ini semua karena burung lovebird memiliki warna warni bulu yang sangat indah, sehingga menarik perhatian kicau mania yang melihatnya. Banyak sekali kicau mania yang melatih burung lovebird untuk di ikut sertakan dalam sebuah perlombaan. Nah, bagi kamu yang memeliharanya di rumah, sebaiknya pelajari dulu cara merawat burung lovebird yang baik dan benar.

Selain dari segi tampilan, suara burung lovebird juga terkenal dengan ngekek panjangnya yang merdu. Jadi bagi yang memelihara burung lovebird di rumahnya, pasti sangat bangga dengan burung peliharaannya tersebut. Namun tidak semua orang bisa memelihara burung lovebird dengan benar dan bingung cara merawatnya? Maka untuk mempermudah para kicau mania yang ada di Indonesia, dalam artikel kali ini akan membahas tentang cara merawat burung lovebird untuk pemula. Bagi kamu yang masih kesulitan dalam merawat burung lovebird, bisa langsung mempelajarinya dengan mudah.

Cara Merawat Lovebird Untuk Pemula

Kata lovebird berasal dari bahasa inggris yang mempunyai arti burung cinta. Tapi sebagian kicau mania memanggilnya dengan nama labet. Di Indonesia sendiri burung labet sangat di gemari para pencinta burung, ini semua karena burung ini memiliki suara kicauan yang sangat indah dengan beberapa macam variasi. Mungkin anda hanya mengetahui nama burung lovebird saja dan tidak tahu jenisnya. Berikut ini adalah jenis-jenis burung lovebird yang banyak di pelihara oleh penggemar burung kicauan.

  • Lovebird rosy face yang berwarna dominan hijau.
  • Lovebird yellow collared yang memiliki bulu warna kuning pada bagian dada.
  • Lovebird fischeri yang berwarna dominan hijau dan kuning emas.
  • Lovebird black cheked yang berpipi hitam.
  • Lovebird lilian’s merupakan jenis lovebird terkecil di di dunia dengan warna dominan hijau dan jingga (orange).

Dalam perawatan burung love bird membutuhkan waktu yang tidak sedikit, sehingga kamu harus menyediakan waktu luang dalam perawatannya agar mendapat hasil yang maksimal. Terkadang banyak sekali orang yang membiarkan sangkar burung tetap kotor, bahkan tidak memperhatikan ukuran kandang yang terlalu kecil dan terlihat sempit. Berikut ini cara memelihara burung lovebird dengan baik dan benar bagi pemula.

1. Perawatan kandang lovebird

Tidak jauh beda dengan perawatan burung lainnya seperti kacer, kita harus memperhatikan kondisi sangkar burung. Banyak sekali orang yang malas membersihkannya, padahal sangkar burung yang kotor akan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti snot atau penyakit mata. Selain itu juga akan menggangu kesehatan burung lovebird, maka kita harus membersihkan sangkar burung secara rutin misalnya pada alas kotoran burung dan juga wadah makan serta minumannya.

2. Memandikan burung lovebird

Bagi pemilik burung lovebird, harus memandikannya secara rutin agar burung peliharaanmu terlihat lebih segar dan fresh. Kami sarankan untuk memakai cairan sabun anti bakteri agar terhindar dari virus yang menempel pada bulu-bulnya yang indah. Agar burung lovebird terbiasa dengan air, mandikanlah secara perlahan dan keringkan menggunakan hairdrayer serta menyisiri bulu-bulunya agar terlihat cantik.

3. Penjemuran burung lovebird

Untuk menjaga keseimbangan tubuhnya, ada baiknya setelah memandikan burung lovebird lakukanlah penjemuran supaya burung merasa lebih hangat dan fresh lagi. Jemurlah burung peliharaanmu pada waktu yang tepat yaitu pada jam-jam tertentu seperti pukul 08.00 sampai 10.00 pagi atau pukul 15.00 hingga 17.00 sore.

4. Pakan burung lovebird

Salah satu hal terpenting dalam perawatan burung lovebird adalah pemberian pakan. Jangan terlalu banyak memberikan pakan pada burung ini, karena lovebird sendiri termasuk dalam kategori burung yang doyan makan / rakus, ini semua dapat meyebabkan gangguan pada sistem pencernaannya. Kami sarankan untuk memberinya pakan berupa biji-bijian dan sayuran seperti kangkung. Jika lovebird peliharaanmu dalam masa perkawinan, di sarankan untuk memberinya pakan berupa jagung.

5. Peletakkan sangkar burung

Bagi penggemar burung lovebird tentunya sudah mengetahui hal ini. Letakkanlah sangkar burung pada tempat yang tenang dan pencahayaaan yang cukup. Jangan pernah meletakkan sangkar pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung, kecuali pada saat penjemuran. Selain itu, tidak boleh menempatkannya pada tempat yang gelap karena akan mengganggu kesehatannya dan bertingkah laku yang aneh.

6. Mengecek kesehatan burung

Bagi pemula atau baru saja memelihara burung lovebird, tentunya belum tahu cara mengecek kesehatannya. Jika burung peliharaanmu berbeda dari biasanya seperti tidak berkicau riang dan terlihat pasif, sebaiknya di bawa ke dokter hewan terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut. Agar terhindar dari penyakit atau virus yang berbahaya berilah vaksin pada burung lovebird tersebut.

Sebenarnya merawat burung lovebird terbilang cukup mudah, apalagi kita sudah mengetahui karakteristik burung lovebird dan cara perawatannya dengan baik dan benar. Namun bagi pemula masih bingung bagaimana cara membuat burung menjadi gacor? Padahal caranya bisa anda pelajari dengan mudah, apabila rutin dan disiplin dalam perawatan burung tersebut. Seperti yang sudah anda ketahui bahwa impian semua kicau mania yaitu memiliki burung yang bersuara gacor dan ngekek panjang.

Itulah cara meawat burung lovebird agar ngekek panjang yang dapat kami sampaikan hari ini. Apabila ada salah dalam penulisan kata atau ada kata-kata yang tidak benar, silahkan tinggalkan komentar pado kolom yang sudah di sediakan agar segera kami perbaiki. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *