Jenis Suara Burung Jalak

Download 6 Jenis Suara Burung Jalak di Indonesia

Download Suara Burung Jalak Durasi Panjang – Mengenal semua jenis burung wajib bagi semua kicau mania, khusunya bagi kicau mania di Indonesia. Jika beberapa hari yang lalu kami membahas tentang jalak suren yaitu burung jalak yang populer dan paling banyak di pelihara di negara kita. Untuk melengkapi artikel seputar burung jalak, disini kami akan membahas satu persatu jenis burung jalak yang ada di Indonesia. Burung jalak sendiri termasuk dalam kategori burung pengicau dari suku Sturnidae yang berukuran sedang, panjangnya sekitar 20 hingga 25 cm, gagah, dengan paruh yang tajam, kuat dan lurus.

Habitat burung ini sering di temukan pada lubang-lubang pohon. Biasanya terdengar suara ribut dan berceloteh keras serat menirukan suara burung lainnya seperti ciblek, kutilang, kolibri dan kacer. Burung jalak merupakan jenis burung yang juga digemari oleh para pecinta burung, khususnya adalah penggemar burung kicau. Burung ini relatif mudah dijinakkan karena dalam kandang atau sangkar ia sangat aktif bergerak dan berkicau. Burung jalak memiliki beberapa jenis, diantaranya burung beo, jalak suren, jalak kerbau, jalak nias, jalak bali, jalak putih dan burung tersebut memiliki kicauan yang berbeda-beda.

Download Suara Burung Jalak

Berikut ini adalah 6 jenis burung jalak yang ada di Indonesia.

1. Burung Beo / Tiong Emas / Mamiang

Burung beo merupakan salah satu jenis dari burung jalak yang dapat dikatakan paling istimewa, itu dikarenakan burung beo dapat menirukan suara manusia. Apabila burung beo ini dilatih sejak dari anakkan atau istilah lain yaitu trotol, maka kemampuan burung ini akan semakin baik untuk menirukan suara manusia. Burung ini biasanya ditemui di wilayah Sri Lanka, India, Himalaya ke arah timur, hingga Filipina, Jawa, hingga kepulauan sunda kecil. Burung jalak jenis ini dapat ditemui hingga ketinggian lebih dari 2000m. Burung beo ini memiliki 4 subspesies, diantaranya adalah burung beo biasa, srilangka, enggano, dan nias.

Suara Burung Beo V1 Download

Suara Burung Beo V2 Download

2. Burung Jalak Suren / Uren

Burung ini memiliki tampilan yang tidak kalah menarik dari keluarga burung jalak lainnya. Ketika dewasa, burung ini dapat tumbuh hingga panjang 24cm. Burung ini memiliki kecepatan terbang yang lambat. Habitat dari burung jalak suren adalah pada dataran rendah, hingga perbukitan dengan ketinggian 700m. Bahkan terkadang di jumpai di pedesaan dan perkotaan. Sudah ada 5 subspesiesnya hingga saat ini. Jalak suren memiliki warna hitam dan putih. Burung ini dapat dilatih apabila dipelihara sejak kecil, sehingga dapat menirukan suara burung lain. Burung ini memiliki suara seperti bunyi peluit, dan burung ini suka untuk saling bersautan satu sama lain.

Suara Jalak Suren V1 Download

Suara Jalak Suren V2 Download

3. Jalak Kerbau / Kebo / Penyu / Hitam

Jalak kerbau termasuk dalam keluarga burung jalak. Burung jalak kerbau berukuran sedang dengan panjang 25cm. Dengan bulu berwarna abu-abu (hampir hitam). Burung ini memiliki jambul pendek dan paruh berwarna kuning. Jalak kerbau betina lebih pendek daripada burung jalak jantan. Antara burung jalak kerbau jantan dan betina dapat berkicau. Suara kicauannya sangat harmonis, sehingga menarik minat untuk dapat dipelihara. Burung ini hidup secara berkelompok, dan senang bertengger di punggung kerbau sembari mencari makan berupa kutu yang ada pada badan kerbau. Selain itu, burung ini juga bisa memakan yang berada di tanah.

Suara Jalak Kebo V1 Download

Suara Jalak Kebo V2 Download

4. Burung Jalak Nias / Kerak Ungu / Jalak Tengahan

Burung jalak nias bersifat monogami, yang artinya burung ini sulit untuk melakukan reproduksi. Butung ini hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya. Apabila salah satu mati atau hilang, maka reproduksi akan terhenti. Burung jalak nias mampu menirukan berbagai suara, dari suara manusia hingga suara hewan lain. Burung ini dapat dilatih sehingga dapat menghasilkan suara yang lebih bervariasi. Melatih burung ini dapat menggunakan rekaman audio.

Suara Jalak Nias V1 Download

Suara Jalak Nias V2 Download

5. Burung Jalak Bali

Fisik dari burung jalak bali sangat berbeda dari jenis burung jalak yang lain. Burung ini dapat tumbuh panjang antara 20-25cm. Burung ini sangat sulit ditemui, sehingga tak heran mengapa burung ini masuk dalam salah satu burung yang dilindungi.

Suara Jalak Bali V1 Download

Suara Jalak Bali V2 Download

6. Burung Jalak Putih / Jalak Bodas

Burung jalak putih juga merupakan burung yang dilindungi, keberadaanya sudah sangat langka. Burung ini memiliki kemiripan dengan burung jalak bali. Burung ini dapat ditemui di beberapa pulau di Indonesia, diantaranya Pulau Jawa, Bali, Madura dan Lombok.

Suara Jalak Putih V1 Download

Suara Jalak Putih V2 Download

Mungkin hanya itu kumpulan suara burung jalak yang dapat kami bagikan hari ini, semoga bermanfaat danjangan lupa untuk mengunjungi website Pengicau.Net di lain waktu agar selalu mendapat informasi terbaru seputar burung kicau di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *