Suara Murai Batu

Download Suara Murai Batu Juara Mp3 (Full Isian)

Download Suara Murai Batu Juara Mp3 – Bagi kicau mania yang bingung mencari suara masteran untuk burung kesayangannya, disini kami sudah mengumpulkan beberapa masteran murai batu yang pernah juara dalam sebuah kontes burung.

Dengan adanya situs burung seperti Pengicau.Net ini anda tidak perlu bingung mencari suara masteran yang terbaik. Bukan hanya itu, dalam situs ini kami juga membagikan tips-tips burung kicau dengan sangat lengkap mulai dari perawatan, pemasteran, penangkaran, peternakan dan semua yang berkaitan dengan burung.

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa burung murai termasuk salah satu burung terpopuler di dunia karena memiliki kicauan yang merdu, uniknya lagi ia bisa menirukan dan merekam suara burung kicau lainnya seperti kacer.

Selain memiliki kicauan yang merdu, burung murai juga mempunyai tampilan yang sangat cantik. Hampir seluruh kicau mania ingin memiliki jenis burung kicau yang satu ini. Namun harga murai batu sendiri terbilang cukup mahal dan biasanya murai anakan/bakalan sudah di bandrol 1,5 juta hingga puluhan juta rupiah.

Maka dari itu kita sebagai kicau mania harus merawatnya dengan penuh kasih sayang supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti burung sakit dan yang lebih parah lagi yaitu mengalami kematian.

Tidak tahu berapa banyak kerugian yang akan di alami kalau burung peliharaan kita sudah mati, jadi kami sarankan untuk merawat burung murai kesayangamu dengan baik agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Download Suara Murai Batu Mp3

Mungkin sudah banyak yang mengetahui tentang burung murai, namun disini kami tetap menjelaskan sedikit tentang burung pengicau yang satu ini. Semua itu bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan anda tentang burung kicau yang ada di negara kita.

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa burung murai yang terkenal memiliki kicauan gacor yaitu berasal dari kepulauan sumatera, tepatnya di Medan Sumatera Utara. Nah bagi teman-teman yang ingin mendengarkan suara murai medan asli bisa langsung memutarnya pada media yang sudah kami sediakan.

Murai batu (Copsychus malabaricus) adalah salah satu burung kicau yang populer di Indonesia. Burung yang memiliki nama lain kucica hutan ini menyebar luas di seluruh pulau Sumatera, Semenanjung Malaysia, dan sebagian pulau Jawa.

Namun sayang sekali habitat burung murai saat ini jarang sekali di temukan karena terlalu banyak yang memburu keberadaannya di alam liar, tapi dengan kemajuan zaman yang canggih seperti sekarang ini sudah banyak sekali kicau mania yang berhasil menangkarkan murai batu di dalam rumahnya.

Berikut ini ciri-ciri burung murai batu yang perlu anda ketahui.

  • Hampir seluruh tubuhnya berwarna hitam, kecuali badan bagian bawahnya berwarna merah cerah hingga jingga kusam.
  • Di bagian kepala ada sedikit samburat berwarna biru.
  • Dalam keadaaan terkejut atau berkicau, ekor panjangnya akan di tegakkan.
  • Panjang tubuhnya kurang lebih 14 – 17cm.
  • Ukuran murai batu jantan lebih besar dari pada betina. Selain itu, suara murai batu jantan juga lebih keras dan bervariasi.

Download Suara Murai Batu Full Isian

Jika sudah membaca artikel tentang burung murai di atas, selanjutnya kami segera membagikan suara burung mp3 yang di tunggu-tunggu untuk memaster burung kesayanganmu. Karena banyak sekali suara murai batu yang dibagikan kicau mania dibeberapa media sosial, maka disini kami hanya membagikan masteran murai batu juara nasional saja.

Disarankan untuk memutar satu persatu audio masteran dibawah ini, sehingga kalian bisa  menentukan suara mana yang cocok untuk memaster burung peliharaanmu di rumah.

Suara Murai Rasa Lovebird | Download

Suara Murai Batu Juara | Download

Suara Murai Batu Full Isian | Download

Masteran Murai Batu Mp3 | Download

Suara Murai Batu Medan Terbaik | Download

Mungkin hanya itu kumpulan suara murai batu yang dapat kami bagikan hari ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengunjungi website kami di lain waktu agar selalu mendapatkan audio mastera terbaru dari kami.

Mengenal Jenis Burung Murai Batu

Setelah anda memiliki suara burung murai batu juara di atas, baik digunakan untuk masteran atau memancing bunyi burung lainnya, tidak ada salahnya kalau anda juga mengenal satu persatu jenis murai batu yang populer di Indonesia.

Seperti yang sudah diketahui semua penggemar burung kicauan bahwa murai batu terbagi menjadi beberapa jenis. Dan setiap jenisnya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Misalnya suara kicauan yang merdu, terlihat cantik dari penampilannya, dan ada yang unggul dengan keduanya.

Ternyata murai batu yang berasal dari Indonesia adalah murai batu yang terbaik, karena miliki ciri khas tersendiri pada suara kicauannya yang tidak dimiliki burung impor lainnya. Adapun burung murai batu impor itu berasal dari negara tetangga Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Namun hampir semua jenis burung murai batu terlihat sama dan sulit membedakannya. Biasanya para kicau mania membedakan jenis burung murai batu dilihat dari bagian ekornya. Jika kurang paham dengan artikel yang kami sampaikan, bisa melihat langsung gambar dibawah ini.

ekor murai batu

Bagi anda yang ingin mengenal jenis burung murai batu lebih banyak, dibawah ini pengicau.net akan menjelaskan satu persatu jenis burung murai yang populer di Indonesia.

Murai Batu Medan

Menurut informasi yang kami dapatkan dari beberapa situs burung terpercaya, bahwa Murai Medan sebenarnya tidak benar-benar berasal dari provinsi Medan. Ternyata jenis burung ini berasal dari berbagai daerah lainnya seperti Aceh, Pasaman, Semenanjung Malaysia, dan Padang Sidempuan.

Dengan adanya pemburuan liar yang terus menerus habitat burung Murai Batu Medan terus berkurang, bahkan hampir tidak ada sama sekali di hutan. Sebenarnya dulu di beberapa kawasan Sumatera Utara, seperti di kaki Gunung Leuser, Bahorok, dan Bukit Lawang banyak orang yang melihatnya terbang bebas kesana kemari.

Namun sekarang ini, para penangkar murai batu kesulitan untuk mendapatkan burung di kawasan tersebut. Mungkin akan banyak pertanyaan yang muncul, kenapa bisa dijuluki sebagai Murai Batu Medan?

Sebenarnya burung Murai Batu Medan adalah hasil persilangan dari berbagai jenis murai batu dengan murai batu yang masih keturunan dari burung Murai Medan, seperti Murai Batu Aceh, Malaysia, Pasaman, dan Padang Sidempuan.

Dan ternyata tidak sedikit orang yang menginginkan burung Murai Batu Medan ini. Memang jika dibandingkan dengan murai batu lainnya, ciri fisik Murai Medan postur tubuhnya lebih besar dan tegap. Bagi anda yang ingin mengetahui ciri fisik burung Murai Batu Medan lainnya, silahkan baca artikel dibawah ini.

  • Postur tubuh lebih besar dari burung murai batu jenis lainnya.
  • Warna bulu berwarna hitam legam dan mengkilat. Jika terkena sinar matahari secara langsung akan berubah warna menjadi kebiru-biruan.
  • Berkaki hitam, tapi kalau burung murai batu medan masih muda warnanya masih merah kehitam-hitaman.
  • Memiliki empat pasang bulu putih pada bagian bulu ekornya, serta strip warna hitam yang membelah secara horizontal.
  • Panjang ekor murai batu medan bisa mencapai 27 hingga 30 cm.
  • Saat burung murai medan ini berkicau, biasanya menegakkan ekoranya sampai menyentuh kepala.

Murai Batu Borneo

Burung murai batu borneo ini berasal dari salah satu kepulauan yang ada di Indonesia, yaitu pulau Kalimantan. Ada tiga jenis burung murai yang berasal dari Kalimantan, seperti Murai Batu Palangka, Murai Batu Banjar, dan Murai Batu Mahkota.

Sebenarnya hanya terbagi menjadi tiga jenis, namun banyak orang yang bertanya kesani kemari untuk menanyakan bagaimana ciri-ciri burung Murai Borneo atau Kalimantan? Berdasarkan informasi yang kami dapatkan bahwa murai Borneo bisa dilihat dari ciri fisiknya.

Berikut ini adalah beberapa ciri fisik burung Murai Batu Borneo yang perlu anda ketahui.

  • Murai batu borneo yang berkualitas bagus yaitu memiliki warna bulu dada coklat terang. Semakin terang warna dadanya, maka semakin baik pula mental yang di miliki burung tersebut. Selain itu, saat di atas gantangan suaranya akan terus berbunyi.
  • Berkaki coklat kehitaman atau coklat agak kemerahan. Ketika anda hendak membeli burung, jangan memilih murai borneo yang berkaki kekuningan, karena mentalnya kurang bagus saat dilombakan.
  • Panjang ekornya tidak panjang seperti Murai Medan, yaitu hanya mencapai 10 hingga 13 cm saja.
  • Bentuk kepala murai borneo biasanya kotak atau rata dan tidak membulat seperti murai batu lainnya. Dan tatapan matanya sangat tajam serta melotot.
  • Pililhlah burung murai batu Kalimantan dengan paruh yang sering terbuka lebar, bagian leher harus besar, dan kuat. Ciri fisik seperti itulah yang dipercaya memiliki suara yang keras dan lantang.

Murai Batu Bahorok

Seperti halnya jenis burung murai batu lainnya, murai batu bahorok ini juga mempunyai tempat asal yaitu dari daerah kecamatan Bahorok, kabupaten Langkat, provinsi Sumatera Utara. Nah, Di sana anda bisa melihat langsung jenis burung murai batu yang satu ini, tepatnya di Taman Nasional Gunung Leuser atau di sekitar kaki Gunung Leuser.

Karena di Taman Nasional Gunung ini burung murai bahorok termasuk jenis burung yang dilindungi. Jadi tidak seorang pun yang berani menangkapnya, karena akan dipermasalahkan oleh pihak yang berwajib. Maka dari itu murai batu bahorok ini cukup sulit untuk dijinakkan karena jarang berinteraksi dengan manusia.

Murai Batu Lampung

Dengan adanya kasus alih fungsi hutan menjadi kawasan permukiman penduduk, membuat burung Murai Batu Lampung ini terpaksa harus bermigrasi ke tempat lainnya. Dan sebagian dari mereka banyak yang mati karena tidak mampu bertahan hidup.

Jadi sekarang ini, sulit sekali menemukan burung Murai Batu yang asli berasal dari provinsi Lampung. Jika ada orang yang menyebut burung peliharaannya berasal dari Lampung, sebenarnya itu adalah burung murai batu yang berasal dari Kota Agung, Riau, dan Jambi. Bukan hasil tangkapan liar dari hutan-hutan yang berada di provinsi Lampung.

Bagi anda yang ingin benar-benar mengetahu ciri fisik Murai Batu Lampung, silahkan simak ulasannya berikut ini.

  • Postur tubuhnya lebih kecil dari Murai Batu Medan.
  • Panjang ekor mencapai 12 hingga 18 cm.
  • Bulu dada berwarna orange kecoklatan dan lebih gelap jika dibandingkan dengan murai batu borneo.
  • Memiliki mental yang sangat bagus, kuat, dan gesit.
  • Suara kicauannya cenderung mengulang-ulang atau monotons seperti murai betina.

Murai Batu Nias

Seperti jenis burung murai batu lainnya, ternyata burung Murai Batu Nias ini juga sulit ditemukan di daerah asalnya. Jika ada pemilik burung yang mengatakan bahwa burung murai batu peliharaannya berasal dari Nias, maka sebenarnya itu didatangkan dari Mentawai, Simeulue, Sibanang dan lain sebagainya.

Berikut ini adah ciri-ciri burung Murai Batu Nias yang perlu anda ketahui.

  • Postur tubuh kecil seperti Murai Batu Lampung.
  • Bulu ekor tidak ada warna putih, hanya berwarna hitam atau sering disebut dengan blacktail.
  • Panjang bulu ekornya bisa mencapai 17 hingga 20 cm dan berwarna hitam pekat.
  • Volume suaranya lebih keras dibandingankan dengan jenis murai batu lainnya.
  • Bisa menirukan suara murai batu lainnya dalam waktu yang singkat.
  • Tidak mudah stess dan cepat beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.

Murai Batu Papua

Jika dilihat dari fisiknya, Burung murai batu yang berasal dari Pupua ini jauh berbeda dengan buurng murai batu lainnya. Warna bulu burung murai papua ini cenderung berwarna hitam dan gelap. Namun, ada yang berwarna hijau berminyak di ujung bulu-bulunya. Dan murai batu papua panjang ekornya bisa mencapai 35 cm.

Itulah beberapa jenis burung murai batu yang cukup populer di masyarakat Indonesia. Selanjutnya kami akan membahas tentang bagaimana cara beternak murai batu yang baik dan benar.

Ternak Burung Murai Batu

Melihat permintaan pasar yang terus menerus semakin meningkat, menjadikan ternak murai batu adalah peluang bisnis yang begitu prospek bagi para penangkar burung. Bahkan mereka sampai kualahan untuk menuruti permintaan pasar yang semakin meningkat setiap harinya.

Ini semua terjadi karena burung murai batu memiliki keindahan suara kicauannya serta tampilan fisik yang sangat cantik dan menawan. Sehingga tak heran kalau banyak orang yang tertarik untuk menjadikannya sebagai hewan peliharaan.

Nah, bagi anda yang tertarik ingin menjalankan usaha berternak burung batu di rumah, dibawah ini kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara mendetail.

1. Pemilihan Bibit

Dalam memilih bibit indukan yang berkualitas tidak harus mahal. Maka pilihlah indukan betina yang berumur lebih dari setahun. Itulah usia ideal dalam beternak murai batu, pastikan burung tetap dalam keadaan sehat dan tidak terlalu kurus.

Carilah indukan jantan yang tidak takut ketika melihat manusia dan memiliki mental yang bagus. Pastikan usia pejantan lebih dari dua tahun dan terbebas dari cacat fisik misalnya di bagian kaki, kepala, sayap dan bagian tubuh lainnya.

2. Kandang Ternak Murai Batu

Dalam beternak murai batu, anda memerlukan kandang dengan ukuran yang cukup luas. Disarankan jangan terlalu sempit dan tidak lupa memberi sikulasi udara yang baik.

Pilih tempat yang aman untuk penempatan kandang, dan jauhkan dari jangkaun anak-anak. Ini semua karena burung murai batu tidak suka dengan kebisingan. Agar burung murai tetap sehat dan memperoleh vitamin D, sebaiknya harus terkena sinar matahari secara langsung dipagi hari.

3. Kebersihan Sangkar Murai Batu

Membersihkan kandang merupakan hal terpenting dalam keberhasilan beternak murai batu. Pastikan kandang tetap bersih agar bisa meminimalisir bibit-bibit penyakit.

Jika sangkar burung selalu bersih, maka burung akan merasa nyaman dan terhindar dari berbagai macam penyakit serta tidak membuat burung menjadi stress akibat kandang yang kotor.

Dan tidak lupa untuk selalu membersihkan wadah pakan dan minumannya secara rutin setiap hari. Sebaiknya gantilah pakan dan air minum dengan yang baru setiap pagi hari. Dan untuk sisa makanan dan air minum burung sebainya dibuang saja.

Seminggu sekali bersihkan sangkar secara menyeluruh. Ketika kotoran burung sudah dibuang, sebaiknya sangkar dicuci, lalu di sterilkan dengan obat antikuman. Kemudian keringkan langsung dibawah sinar matahari.

4. Pakan Murai Batu

Agar nutrisi burung tetap terpenuhi, sebaiknya berilah pakan murai batu yang masih segar dan bervariasi. Dan tidak lupa memberikan vitamin yang diperlukan untuk burung murai batu.

Anda bisa memberinya pakan berupa pakan alami atau pakan buatan. Dan juga bisa mencampurkan antara pakan alami dengan pakan buatan sendiri.

Dan ternyata pakan tambahan juga sangat penting untuk mendongkrak pertumbuhan. Pakan tambahan yang dapat anda berikan pada burung murai batu berupa jangkrik, cacing, ulat hongkong, orong-orong dan juga belalang.

5. Perawatan Anakan Burung

Dalam perawatan anakan burung murai batu harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Berilah makanan berupa voer dan kroto, campurlah kedua pakan dan buatlah dengan encer. Pakan ini di berikan pada anakan burung yang berusia 7 hingga 14 hari, pemberian bisa dilakukan setiap 1 jam sekali.

Ketika umurnya sudah mencapai 15 hari, biasanya ia sudah bisa memakan kroto sendiri. Ada pula yang memberikan pelet ikan lele untuk makanan burung murai batu. Makanan itu tidak akan membuat bulu-bulunya jadi rontok.

18 thoughts on “Download Suara Murai Batu Juara Mp3 (Full Isian)

  1. Trimakasih om suara burung nya murey nya mantep buat isian burung kacer saya langsung ke tangkap suaranya lngsung ngikutin ya walaupun blm full

  2. Trmksh bnyk mas,kutilang saya serasa murai batu,sekali petik ngamuk sampai teler mas.se x lagi matur nuwun.

  3. Mantap mas, abis saya play masteran burung murai batu, burung murai batu saya jadi berkicau terus

    1. Semoga bermanfaat ya mas Angga! jangan pernah bosen mengunjungi website kami, karena selalu ada suara masteran versi terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *