gambar burung

Gambar Burung Kicau dan Burung Hias Terbaru 2020

Gambar Burung – Bagi para kicau mania tentu tidak ingin melewatkan informasi tentang jenis burung yang populer saat ini. Nah, disini anda bisa melihat langsung gambar burung yang populer di sosial media.

Seperti yang di ketahui semua orang bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki keaneragaman flora dan fauna. Salah satu fauna atau binatang yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia yaitu burung kicauan.

Jika anda salah satu orang yang gemar memelihara burung, khususnya burung kicauan. Alangkah baiknya jika mengetahui macam-macam burung yang tersebar di wilayah Indonesia mulai dari sabang sampai merauke.

Burung Kacer

Burung Kacer
Gambar Burung Kacer

Burung kacer disebut juga dengan nama burung kucica kampung, burung ini termasuk salah satu jenis burung kicau yang berukuran kecil. Walaupun tubuhnya kecil burung kacer memiliki kemampuan terbang yang sangat lincah.

Dalam bahasa latin burung kacer disebut Copsychus Saularis. Dikalangan kicau mania burung kacer dijuluki sebagai burung hitam putih. Sebab burung kacer memiliki bulu yang dominan berwarna hitam dan putih.

Burung kacer juga memiliki ciri khasnya tersendiri, apa ciri khas burung kacer? Kamu bisa mengetahuinya di bawah ini beserta ciri-ciri burung kacer lainnya. Dan juga beberapa gambar burung kacer yang terlihat sangat indah.

Pada umumnya burung kacer memiliki bulu berwarna hitam dan putih, dan ekor yang panjang. Pada saat mencari makanan ditanah atau di dalam kandang dia akan mengangkat ekornya keatas.

Dan yang menjadi ciri khas burung kacer adalah suara kicauannya yang super jernih dan gacor, sehingga suaranya terdengar merdu. Untuk mendapatkan suara kicauan tersebut dari burung kacer maka perlu dilakukan proses pemasteran.

Selain melakukan pemasteran pada burung kacer, anda juga perlu memberi makanan tambahan agar si burung dapat mengeluarkan suara gacornya. Salah satu makanan tambahan burung kacer adalah jangkrik atau serangga.

Populasi burung kacer saat ini semakin sedikit, hal ini dikarenakan adanya pemburuan liar di hutan. Dan burung kacer banyak di temukan di wilayah Jawa Timur dan Jawa Barat, tepatnya di pohon kelapa atau pohon rindang.

Burung Murai Batu

Burung Murai Batu
Gambar Burung Murai Batu

Burung murai batu menjadi salah satu burung kicau terfavorit di kalangan kicau mania. Karena burung ini memiliki suara kicauan yang sangat baik dan terdengar merdu, sehingga banyak sekali orang yang menggemarinya.

Selain suara kicauannya yang sangat baik, burung murai juga memiliki fisik yang elegan dan kemampuan terbangnya juga bagus. Sehingga banyak pecinta burung yang menjadikan burung murai sebagai burung lomba.

Burung murai dengan nama latin copsychus malabaricus merupakan jenis burung kecil yang banyak tersebar di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, dan Semenanjung Malaysia. Burung Murai memiliki nama lain yaitu kucica hutan.

Harga burung murai terbilang mahal yaitu bisa mencapai jutaan rupiah, dan harga setiap burung murai batu tidaklah sama. Hal ini dikarenakan jenis burung murai itu bermacam-macam sehingga memiliki harga jual yang berbeda.

Jenis burung murai yang banyak digemari oleh pecinta burung adalah burung murai batu medan. Murai batu medan memiliki panjang tubuh sekitar 14 – 17 cm, dan hampir seluruh badannya berwana hitam kecuali pada badan bagian bawah.

Badan bagian bawah berwarna merah cerah hingga berwarna jingga kusam, dan memiliki ekor yang panjang. Dan pada saat burung murai terkejut, maka ekornya yang panjang akan berdiri tegak.

Burung Lovebird

Burung Lovebird
Gambar Burung Lovebird

Bagi pecinta burung pasti tidak asing lagi dengan burung lovebird, banyak kicau mania yang memelihara burung tersebut. Ini semua karena burung lovebird memiliki tampilan yang menarik dan keindahan warna bulunya.

Burung lovebird memiliki jenis yang bermacam-macam, untuk mengetahui apa saja dan bagaimana bentuk burung lovebird. Kamu bisa melihat gambar burung lovebird di atas.

Burung lovebird dikenal juga dengan sebutan “Burung Cinta”, dan tidak semua orang menjadikan burung lovebird sebagai burung lomba. Namun sebagian orang menjadikan burung lovebird sebagai burung hias rumahan.

Dijadikan sebagai burung hias, karena burung lovebird memiliki warna bulu yang cerah dan berwarna-warni. Selain itu, burung lovebird juga memiliki suara kicauan yang ngekek panjang, sehingga sangat nyaman untuk didengarkan.

Burung lovebird termasuk jenis burung kicau yang berparuh bengkok, sama seperti burung kakatua ataupun burung nuri. Hanya saja burung lovebird memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan keduanya yaitu 13 – 17 cm.

Selain itu burung lovebird memiliki ekor yang pendek dan berat badan mencapai 40 – 60 gram. Dan juga burung lovebird mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan batas usianya hanya dapat mencapai 10 – 15 tahun.

Dinamakan burung lovebird atau burung cinta, karena jenis burung ini memiliki sifat penyayang pada pasangannya masing-masing. Dan sebagian jenis burung lovebird ada yang berasal dari Afrika dan Madagaskar.

Burung Kenari

Burung Kenari
Gambar Burung Kenari

Sebagai pecinta burung kicau tentu tidak hanya mengoleksi satu jenis burung kicau saja. Alangkah baiknya jika anda mengoleksi burung kicau yang lainnya, agar ruang koleksi burung kicaumu terlihat menarik.

Tentu anda sudah mengenal nama burung kenari, burung ini merupakan salah satu jenis burung yang memiliki suara kicauan yang lantang. Dan memiliki bentuk tubuh yang terlihat indah dan menggemaskan.

Burung kenari juga memiliki jenis yang bermacam-macam, namun mayoritas pecinta burung memilih jenis burung kenari loper untuk dipelihara. Burung kenari loper merupakan singkatan dari burung kenari lokal super.

Burung kenari sangat cocok dijadikan sebagai burung lomba, karena burung kenari memiliki suara kicauan yang lantang dan terdengar merdu. Kamu juga bisa membuat burung kenari semakin gacor kicauannya.

Salah satu cara membuat burung kenari semakin gacor yaitu dengan melatih suara kicauannya atau melakukan pemasteran. Pada saat memasterkan burung kenari maka carilah burung masteran yang cocok dengannya.

Jika ka belum memiliki burung kenari dan berniat untuk membelinya, maka pilihlah burung kenari yang masih kecil. Karena burung kenari yang masih anakan akan mudah dilatih di bandingkan burung kenari dewasa.

Burung Cililin

Burung Cililin
Gambar Burung Cililin

Burung cililin merupakan jenis burung kicau yang memiliki sifat egois yaitu tidak mau kalah dengan jenis burung kicau lainnya. Dan burung cililin memiliki suara kicau yang panjang dan terdengar sangat keras.

Ketika ada seekor burung yang berkicau dengan keras, maka burung cililin akan mengeluarkan suara kicauannya yang lebih keras lagi. Oleh karena itu suara kicauan burung cililin sangat cocok dijadikan sebagai masteran.

Jenis burung yang biasanya di beri masteran burung cililin adalah murai batu dan kacer. Selain suara kicauannya yang sangat keras, burung cililin juga memiliki kecerdasan yang cukup tinggi.

Suara kicauan yang keras dan kecerdasan yang cukup tinggi merupakan kelebihan dari burung cililin. Setiap individu burung pasti ada kekurangan dan kelebihannya yaitu burung cililin mudah sekali stres dan akhirnya mati.

Burung cililin memiliki jambul yang berukuran panjang pada bagian kepalanya dan jambul ini menjadi ciri khasnya. Jika belum pernah melihat burung cililin yang nyata, kamu bisa melihat gambar burung cililin di atas.

Burung cililin memiliki panjang tubuh sekitar 28 cm, dan memiliki bulu yang berwarna hitam atau coklat gelap. Di Indonesia burung cililin banyak tersebar diwilayah Pulau Sumatera, Pulau Jawa, dan Pulau Kalimantan.

Burung Ciblek

Burung Ciblek
Gambar Burung Ciblek

Bagi pecinta burung tentu tidak asing ketika mendengar nama burung ciblek. Burung ciblek ini banyak dipelihara oleh pecinta burung dan menjadikannya sebagai burung lomba serta masteran burung lain.

Burung ciblek atau dikenal juga dengan nama burung prenjak jawa merupakan jenis burung kicau yang memiliki kemampuan gerak yang lincah. Selain lincah burung ciblek termasuk jenis burung yang sangat ramai.

Bagi anda yang masih pemula dalam merawat burung kicauan, dan belum mengetahui bagaimana bentuk burung ciblek. Maka anda akan segera mengetahuinya setelah membaca ciri-ciri burung ciblek berikut ini.

  • Sisi badan bagian atas hampir semuanya berwarna coklat hijau zaitun, dan pada bagian dada dan tenggorokannya berwarna putih.
  • Terdapat warna keabu-abuan pada bagian paha dan sisi dada si burung, serta ada warna kekuningan pada bagian perut dan pantatnya.
  • Burung ciblek memiliki tubuh yang kecil dan ramping, adapun panjang burung ciblek kira-kira mencapai 13 cm dari ujung paruh hingga ujung ekor.
  • Paruh burung ciblek berbentuk runcing dan memanjang, dan paruh bagian atas berwarna kehitaman dan bagian bawah berwarna kekuningan.
  • Burung ciblek memiliki kaki yang kecil dan langsing yang berwarna merah jambu, dan memiliki ekor yang panjang dengan ujung ekor berwarna hitam dan putih.
  • Ciri khas burung ciblek yaitu terletak pada bagian sayap dengan dua garis berwarna putih. Serta memiliki suara kicau yang terdengar merdu.

Untuk melengkapi ciri-ciri burung ciblek kami juga telah memberikan gambar burung ciblek di atas, sehingga anda akan lebih jelas dalam memahami burung tersebut.

Burung Trucukan

Burung Trucukan
Gambar Burung Trucukan

Burung trucukan merupakan jenis burung kicauan yang tidak terlalu populer dikalangan pecinta burung. Walaupun begitu masih ada orang yang mencari jenis burung trucukan dipasaran dan harga jual burung tersebut terbilang murah.

Burung trucukan memiliki suara kicau yang hampir sama dengan burung cucak rowo. Sehingga orang yang memelihara burung trucukan bertujuan untuk memancing suara burung cucak rowo yang mereka miliki.

Burung trucukan memiliki nama latin pycnonotus goiavier yang merupakan jenis burung kicau yang berhabitat di alam liar. Dan biasanya burung trucukan sering terlihat sedang bertengger di pepohonan yang rindang.

Jika anda salah satu penggemar burung trucukan, pastinya anda memiliki gambar burung trucukan atau memiliki burung trucukan yang asli. Dan antara burung trucukan jantan dan betina memiliki beberapa perbedaan yaitu;

Ciri burung trucukan jantan

  • Trucukan jantan memiliki kicauan yang bervariasi, dan volume kicauannya sangat kuat serta memiliki roplean yang panjang.
  • Pada saat berkicau si jantan akan menegakkan jambul atau mahkotanya yang terletak dikepala bagian atas. Dan ukuran jambulnya lebih panjang dibandingkan dengan si betina.
  • Si jantan memiliki tubuh yang berukuran lebih panjang, besar, dan terlihat tegap. Dan bagian ekor si jantan lebih panjang dari pada si betina.
  • Pada bagian telinganya terdapat bulu panjang dengan tekstur yang lembut. Dan pada bagian dada si jantan terdapat warna yang terlihat lebih gelap.

Ciri burung trucukan betina

  • Trucukan betina memiliki kicauan yang monoton dan terputus -putus. Volume kicauan si betina tidak sekeras kicauan si jantan.
  • Burung trucukan betina memiliki jambul atau mahkota yang berukuran lebih pendek dibandingkan si jantan. Dan si betina jarang sekali menegakkan jambul atau mahkotanya tersebut.
  • Si betina memiliki tubuh yang berukuran lebih pendek, dan terlihat kecil mungil. Dan bagian ekornya pun juga lebih pendek dibandingkan dengan si jantan.
  • Bulu pada bagian telinganya terlihat lebih pendek, dan bulu pada bagian dadanya berwarna lebih terang dari pada si jantan.

Burung Perkutut

Burung Perkutut
Gambar Burung Perkutut

Sebagai masyarakat Indonesia yang menyukai berbagai jenis burung kicauan, pastinya anda sudah mengenal nama burung perkutut. Karena banyak sekali ditemukan orang yang memelihara burung perkutut.

Jenis burung perkutut sendiri cukup banyak, namun yang akan kami bahas kali ini adalah burung perkutut jawa. Burung perkutut jawa atau di sebut perkutut lokal merupakan jenis burung perkutut yang banyak digemari oleh pecinta burung.

Burung perkutut termasuk jenis burung yang menyukai makanan berupa biji-bijian, dan ketika di alam liar burung perkutut juga senang memakan serangga. Dan tahukah anda burung perkutut masih sejenis dengan burung merpati.

Agar lebih mudah untuk mengenali burung perkutut, maka anda dapat membaca ciri-ciri burung perkutut di bawah ini. Atau anda dapat melihat gambar burung perkutut dengan burung merpati secara langsung.

  • Burung perkutut memiliki ukuran tuuh yang lebih kecil dibandingkan burung merpati, yaitu panjangnya sekitar 21 cm dan tubuhnya terlihat lebih ramping.
  • Terdapat warna coklat pada bagian punggungnya dan warna hitam pada bagian tepi punggung.
  • Burung perkutut memiliki ekor yang pangjang dan berwarna hitam pada bagian luar dan berwarna putih pada bagian ujngnya.
  • Terdapat warna biru pada bagian iris dan paruhnya, serta pada bagian kakinya berwarna merah jambu tua.
  • Burung perkutut memiliki sarang tipis yang tebuat dari ranting pepohonan. Dan biasanya burung perkutut bertelur sebanyak 2 butir telur.

Burung Prenjak

Burung Prenjak Merah
Gambar Burung Prenjak Merah

Burung prenjak adalah salah satu jenis burung yang tersebar di wilayah Indonesia. Tentunya anda tahu bahwa negara Indonesia memiliki banyak macam-macam burung kicau, mulai dari yang berukuran besar hingga kecil.

Burung prenjak termasuk jenis burung kicau yang berukuran kecil yaitu memiliki panjang sekitar 10 – 15 cm. Dan badannya terlihat ramping, serta memiliki ekor yang panjang.

Jenis burung prenjak sendiri ada banyak sekali yaitu prenjak gunung, prenjak kepala merah, prenjak jawa, prenjak alang-alang, dan lain sebagainya. Adapun jenis prenjak yang banyak digemari oleh pecinta burung adalah prenjak kepala merah.

Mereka lebih memilih prenjak kepala merah karena jenis prenjak yang satu ini memiliki warna bulu yang lebih indah diantara jenis prenjak lainnya. Dan suara kicauannya pun terdengar lebih merdu, nyaring, dan bervariasi.

Burung prenjak kepala merah juga disebut dengan prenjak kebun. Biasanya orang yang memelihara burung prenjak kepala merah menjadikannya sebagai burung hias, karena warna bulunya yang terlihat cantik.

Anda bisa langsung melihat gambar burung prenjak kepala merah, jika memang anda belum memilikinya. Dan harga burung prenjak kepala merah lebih mahal diantara jenis burung prenjak lainnya.

Burung Cucak Ijo

Burung Cucak Ijo
Gambar Burung Cucak Ijo

Banyak sekali macam-macam burung kicau yang tersebar di wilayah Indonesia, mulai dari sabang sampai merauke. Dan setiap jenis burung tersebut memiliki warna, bentuk, dan karakter yang berbeda-beda.

Salah satu jenis burung kicau yaitu burung cucak ijo. Bagi pecinta burung pasti sudah tidak asing lagi dengan nama burung tersebut. Burung cucak ijo dikenal juga dengan nama burung daun atau burung murai daun.

Dikenal dengan nama burung daun, karena hampir seluruh badan burung cucak ijo berwara hijau terang seperti warna daun. Namun pada bagian tenggorokan dan pipinya berwarna hitam mengkilat untuk burung jantan.

Sedangkan burung betina pada bagian tenggorokan dan lingkaran matanya berwarna kuning. Pada umumnya burung cucak ijo memiliki ukuran tubuh yang sedang yaitu panjangnya sekitar 22 cm mulai dari ujung paruh hingga ujung ekor.

Burung cucak ijo juga memiliki suara kicauan yang bagus dan pada saat berkicau dia akan menundukkan kepalanya. Kamu bisa melihat secara langsung gambar burung cucak ijo yang sudah kami upload di atas.

Di Indonesia burung cucak ijo banyak tersebar diwilayah pulau Jawa, Kalimantan, Bali, dan Sumatera. Biasanya burung cucak ijo sangat senang bertengger di pepohonan yang tinggi, dan berdaun lebat sambil mencari makanan.

Burung Kolibri Ninja

Burung Kolibri Ninja
Gambar Burung Kolibri Ninja

Bagi pecinta burung pastinya sudah mengenal burung kolibri, khususnya untuk burung kolibri ninja. Banyak sekali orang yang ingin memelihara burung kolibri ninja, karena ada beberapa kelebihan dari burung tersebut.

Burung kolibri ninja memiliki kemampuan berkicau yang sangat bagus, dan memiliki nada kicauan yang bervariasi. Selain itu burung kolibri ninja sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru yang ada di sekitarnya.

Burung kolibri termasuk jenis burung pemakan nektar atau sari bunga ketika berada di alam liar. Dan pastinya anda tahu bahwa burung kolibri memiliki kemampuan terbang yang sangat bagus.

Dalam waktu satu detik burung kolibri dapat mengepakkan sayapnya sebanyak 12 – 80 kali. Kamu bisa melihat gambar burung kolibri yang sangat indah pada saat dia mengepakkan sayapnya melalui sosial media.

Dan antara burung kolibri jantan dengan burung kolibri betina memiliki beberapa perbedaan. Mulai dari warna tubuh, warna sayap, bentuk paruh, postur tubuh, kemampuan berkicau, dan sebagainya.

Ada dua jenis burung kolibri ninja yang dikenal dalam kalangan kicau mania, yaitu kolibri ninja king konin dan kolibri ninja dada hitam. Namun kebanyakan orang memilih kolibri king konin dari pada kolibri dada hitam.

Burung Sogok Ontong

Burung Sogok Ontong
Gambar Burung Sogok Ontong

Tahukah anda burung sogok ontong merupakan jenis burung kicau yang banyak diminati oleh kalangan pecinta burung. Hal ini dikarenakan burung sogok ontong memiliki warna tubuh yang sangat indah dan menawan.

Selain itu, burung sogok ontong juga memiliki suara kicauan yang terdengar nyaring dan merdu. Dan jenis burung ini sangat cocok jika dijadikan sebagai burung hias rumahan atau burung lomba.

Burung sogok ontong dengan nama latin Nectarinia Jugularis juga dikenal dengan nama burung madu sriganti. Sesuai dengan namanya burung madu sriganti merupakan jenis burung pemakan madu, nektar atau sari bunga.

Habitat aslinya yaitu di semak pantai, pekarangan, hutan mangrove, dan di hutan terbuka lainnya. Burung sogok ontong juga memakan berbagai macam jenis serangga kecil yang ada di dalam hutan.

Agar anda dapat mengetahui lebih dalam mengenai burung sogok ontong, maka fahamilah ciri-ciri dari burung tersebut. Jika kurang jelas lihatlah gambar burung sogok ontong di atas.

  • Burung sogok ontong termasuk jenis burung yang kecil mungil dan berbadan ramping. Burung ini memiliki panjang tubuh sekitar 10 – 11,4 cm, dan berat badannya mencapai 6,7 – 11, 9 gram untuk si jantan. Sedangkan si betina berat badannya mencapai 6 – 10 gram.
  • Burung sogok ontong jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan menarik yaitu, pada bagian dagu dan dada berwarna hitam-ungu metalik. Pada bagian punggung berwarna hijau zaitun, dan pada bagian bawah berwarna kuning terang.
  • Burung sogok ontong betina memiliki warna bulu yang terlihat lebih pudar yaitu tidak memiliki warna hitam pada bagian dagu dan dadanya. Pada bagian bawah berwarna kuning pudar, serta memiliki alis yang berwarna kuning muda dan iris berwarna coklat tua.
  • Pada umumnya burung sogok ontong memiliki paruh yang panjang dan lancip, dan jenis burung ini berkembang biak dengan cara bertelur. Biasanya burung sogok ontong bertelur sebanyak 2 butir, telurnya berwarna putih dengan bintik abu abu.

Burung Sirtu

Burung Sirtu
Gambar Burung Sirtu

Burung sirtu merupakan jenis burung kicau yang banyak dicari oleh para pecinta burung. Bisa jadi anda salah satu orang yang sedang mencari jenis burung tersebut atau penasaran dengan bentuk burung tersebut.

Kami akan membahas sedikit mengenai burung sirtu untuk menghilangkan rasa penasaran anda. Burung sirtu juga disebut sebagai burung Cipoh Kacat, jenis burung ini banyak sekali ditemukan di Anakbenua India.

Namun sekarang ini jenis burung sirtu sudah tersebar luas ke berbagai macam negara, salah satunya Indonesia. Di Indonesia burung sirtu ditemukan di pulau Bali, Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Kamu bisa melihat gambar burung sirtu di atas dan berbagai sosial media, karena sudah banyak orang yang mengupload foto burung sirtu. Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca ciri-ciri burung sirtu berikut ini.

  • Burung sirtu termasuk jenis burung kicau yang berukuran kecil, panjang, dan ramping untuk si jantan. Dan untuk si betina memiliki tubuh yang kecil, pendek, dan bulat.
  • Burung sirtu jantan memiliki kepala yang beukuran besar, sedangkan si betina memiliki kepala yang berukuran lebih kecil.
  • Burung sirtu jantan memiliki suara kicau sangat lantang dan nada kicauannya bervariasi. Sedangkan si betina memiliki suara kicau yang terdengan pelan dan monoton.
  • Pada saat berdiri burung sirtu jantan akan terlihat lebih tegak dan gagah. Namun ketika si betina berdiri maka tubuhnya tidak segagah si jantan.

Burung Cendet

Burung Cendet
Gambar Burung Cendet

Jika anda pecinta burung pastinya sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama burung cendet. Karena burung cendet termasuk jenis burung kicau yang sudah terkenal dikalangan pecinta burung.

Hal ini dikarenakan burung cendet memiliki beberapa keunikan yang dapat menarik banyak perhatian pecinta burung. Dan harga burung cendet tidak terlalu mahal, sehingga anda pasti mampu untuk memiliki burung tersebut.

Burung cendet juga merupakan jenis burung kicau yang mudah dijinakkan, dan memiliki suara kicau yang bagus. Dan jika anda melakukan pemasteran terhadap si burung maka suara kicauannya pun akan terdengar lebih bagus.

Pada umumnya burung cendet memiliki warna bulu yang sangat indah, dan memiliki tubuh yang berukuran kecil mungil. Kamu bisa dapat melihat gambar burung cendet dengan warna bulunya yang indah dan menawan di atas.

Burung cendet banyak ditemukan di wilayah Maluku, Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Untuk harga jual burung cendet berbeda-beda, tergantung pada kualitas dan jenis burung cendet tersebut.

Adapun jenis burung cendet diantaranya yaitu, cendet kepala blangkon, cendet kembang, cendet kelabu, cendet macan, dan sebagainya. Setiap jenis burung cendet memiliki keunikan dan kemampuan berkicau yang berbeda-beda.

Burung Pleci

Burung Pleci
Gambar Burung Pleci

Tentunya anda tidak asing lagi dengan nama burung yang satu ini yaitu burung kicau yang memiliki mata yang bentuknya seperti kacamata. Apakah nama burung tersebut? Jawabannya adalah burung pleci.

Burung pleci merupakan jenis burung kicau yang berukuran kecil dan mungil, sehingga tampak menggemaskan. Banyak sekali orang yang terpukau dengan keunikan burung pleci, sehingga mereka ingin memeliharanya.

Burung pleci dijuluki sebagai burung kacamata, karena burung pleci memiliki lingkaran putih pada bagian matanya. Dan hal ini yang menjadi ciri khas burung pleci, sehingga burung pleci akan mudah untuk dikenali.

Bagi anda yang belum pernah melihat burung pleci asli dan belum mengetahui bagaimana bentuknya. Maka anda bisa melihat gambar burung tersebut atau membaca ciri-ciri burung pleci di bawah ini.

  • Burung yang kecil, ia hanya memiliki panjang sekitar 15 cm.
  • Memiliki sayap yang berbentuk melingkar dan memiliki kaki yang sangat kuat.
  • Pada umumnya burung pleci memiliki warna tubuh hijau kelabu, dan terdapat warna putih kekuningan pada bagian perut dan leher.
  • Burung pleci memiliki paruh yang pendek untuk si jantan, dan paruh panjang untuk si betina.
  • Bentuk tubuh pleci jantan terlihat lebih panjang, sedangkan pleci betina terlihat lebih pendek dan bulat.
  • Bagian kepala pleci jantan cenderung besar dan bulat, sedangkan bentuk kepala pleci betina lebih kecil.

Burung Tengkek Buto

Burung Tengkek Buto
Gambar Burung Tengkek Buto

Mungkin sebagian besar dari anda ada yang belum mengetahui tentang burung tengkek buto. Jenis burung ini tidak terlalu terkenal seperti burung lovebird, namun suara kicauannya tidak kalah bagus dengan burung kacer.

Burung tengkek buto termasuk jenis burung kicauan yang berukuran besar yaitu panjangnya bisa mencapai 30 cm. Burung ini banyak ditemukan diwilayah Sulawesi, kalimantan, Bali, Jawa, dan Sumatera.

Apa anda pernah melihat burung tengkek buto? Jika belum, anda bisa melihat gambar burung tengkek buto di atas dan memahami ciri-cirinya karena jenis burung ini jarang dijumpai.

Hampir seluruh badan tengkek buto berwarna abu-abu kebiruan gelap, kecuali pada bagian tenggorokannya berwarna biru terang. Dan terdapat warna coklat pada bagian iris mata si burung tengkek buto.

Selanjutnya burung tengkek buto memiliki paruh yang berwarna merah dengan ujung paruh berwarna hitam. Dan memiliki kaki yang kuat untuk mencengkram ranting pohon untuk bertengger yang berwarna merah jingga.

Saat ini populasi burung tengkek buto sangat sedikit, karena banyak orang yang memburunya untuk dipelihara atau diperjual belikan. Oleh karena itu harga burung tengkek buto menjadi mahal.

Burung Kutilang

Burung Kutilang
Gambar Burung Kutilang

Bagi anda pecinta burung tentunya tidak asing lagi dengan nama burung kutilang. Burung ini termasuk jenis burung kicau yang sudah terkenal. Bahkan ada lagu anak-anak yang berjudul burung kutilang.

Namun sebagian pecinta burung tidak menyukai burung kutilang, karena suara kicauannya dapat merusak suara kicauan jenis burung lainnya. Dan biasanya burung kutilang dipelihara sebagai burung hias rumahan.

Burung kutilang memiliki beberapa kelebihan yaitu salah satunya dapat menirukan suara kicauan jenis burung lainnya. Yaitu seperti suara burung kacer, burung murai batu, burung lovebird, burung kenari, dan sebagainya.

Burung kutilang dengan nama latin Pycnonotus aurigaster di Indonesia banyak tersebar diwilayah Bali, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Dan jenis burung ini sangat senang bertengger di pekarangan, dan tepi jalan.

Burung kutilang termasuk jenis burung kicau yang berukuran sedang yaitu panjangnya sekitar 20 cm. Dan terdapat warna coklat kelabu pada bagian punggung sampai ekor, dan warna hitam pada bagian kaki dan paruh.

Selain itu pada kepala bagian atas seperti dahi, jambul, topi, juga berwarna hitam. Dan terdapat warna putih keabu-abuan pada bagian perut, dada, tenggorokan, dan leher. Dan pada bagian ekornya berwarna putih dan hitam.

Jika anda kurang memahami ciri-ciri burung kutilang diatas, maka anda dapat melihat gambar burung kutilang yang ada di atas yang bertujuan supaya anda mengetahui bentuk burung kutilang tersebut.

Burung Jalak Suren

Burung Jalak Suren
Gambar Burung Jalak Suren

Burung jalak suren banyak dijumpai didaerah dataran rendah, seperti di pedesaan atau di perkebunan. Burung jalak suren tersebar diberbagai wilayah dan setiap wilayah memiliki jenis burung jalak suren yang berbeda-beda.

Adapun jenis burung jalak suren adalah burung jalak suren Yunan, burung jalak suren India, dan burung jalak suren Jawa. Anda dapat melihat gambar burung jalak suren sesuai dengan jenis melalui internet.

Burung jalak suren memiliki ukuran tubuh yang sedang yaitu panjang tubuhnya sekitar 24 cm. Pada umumnya burung jalak suren memiliki badan yang berwarna hitam dan putih, sehingga sebagian orang menyebutnya burung hitam putih.

Rincian warna tersebut adalah pada bagian tunggir, dahi, garis sayap, perut, dan pipi berwarna putih. Sedangkan warna hitam terdapat pada bagian tubuh bagian atas, dada, dan tenggorokan.

Burung jalak suren memiliki kemampuan terbang yang kurang cepat dan memiliki sayap yang berbentuk agak bulat. Jika dilihat dari kejauhan burung jalak suren terbangnya mirip seperti kupu-kupu di udara.

Burung jalak suren memiliki suara kicauan yang terdengar merdu dan nyaring dan nada kicauannya bervariasi. Kebanyakan orang menjadikan burung jalak sebagai burung hias dirumah mereka.

Itulah beberapa nama burung kicau berserta gambarnya yang dapat kami sampaikan hari ini. Jika ada salah dalam penulisan kata atau terdapat kata-kata yang tidak benar, silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom yang telah disediakan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *