Harga Burung Murai

Harga Burung Murai: Anakan, Dewasa (November 2019)

Menurut pengamatan kami dari berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, banyak sekali kicau mania yang menanyakan berapa harga burung murai?

Seperti yang di ketahui para kicau mania bahwa harga murai batu di tentukan dari jenis dan usia burung tersebut. Nah, disini pengicau.net akan membahas tuntas berapa harga burung murai usia anakan dan dewasa.

Banyak sekali jenis burung murai yang tersebar di Indonesia, sedangkan yang populer dari dulu hingga sekarang adalah murai batu yang berasal dari Medan.

Tidak hanya berasal dari Medan, ada juga burung murai yang berasal dari Lampung, Irian, Borneo, Aceh, Nias, Kalimantan dan lain sebagainya.

Harga Burung Murai Batu

Burung murai batu adalah salah satu jenis burung yang populer di Indonesia. Sebenarnya banyak jenis burung populer lainnya untuk di pelihara seperti Lovebird, Kacer, Kenari dan Cucak Jenggot.

Nama-nama burung di atas merupakan jenis burung yang paling banyak dipelihara oleh para penggemar burung karena suara kicauannya yang merdu, termasuk juga murai batu.

Burung yang memiliki nama lain kucica hutan ini berasal dari keluarga Muscicapidae atau bisa di sebut burung cacing. Namun sayang sekali habitatnya di alam liar sudah jarang di temukan karena sering di buru oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Hal ini sudah di buktikan bahwa keberadaan burung-burung indah ini semakin lama semakin langka. Sehingga membuat masyarakat Indonesia berfikir untuk memperkembangbiakan burung murai batu.

Tidak sedikit orang yang telah berhasil memperkembangbiakan jenis burung ini, mungkin ada ratusan bahkan ribuan orang yang telah berhasil menangkarkannya.

Dengan begitu, kelangkaan burung murai batu ini justru di manfaatkan oleh para peternak untuk menjual burung-burung yang telah berhasil mereka tangkarkan.

Bahkan, mereka membuat nilai jual burung murai batu dengan harga yang tinggi karena menyesuaikan dengan tingkat kesulitan dalam menangkarkannya.

Bagi kalian yang belum mengetahui berapa harga burung murai batu, silahkan lihat daftar harga murai batu anakan dan dewasa di bawah ini.

Harga Murai Batu Lampung

Murai Batu Lampung

Murai batu Lampung merupakan salah satu jenis burung murai yang sering di perlombakan oleh para kicau mania. Jika di bandingkan dengan murai batu jenis lainnya, murai yang berasal dari Lampung ini memiliki ciri fisik yang berbeda.

Yang membedakan murai batu Lampung dengan murai lainnya yaitu ukuran ekornya lebih pendek karena panjangnya hanya mencapai 12 sampai 18 cm.

Jika di lihat dari segi kicauan, burung murai yang satu ini kicauannya cukup bervariasi, karena hampir semua jenis burung murai bisa menirukan kicauan burung lainnya.

Bagi kamu yang ingin meminang atau menjadikan murai batu Lampung sebagai peliharaan, cukup mengeluarkan uang kurang lebih satu juta rupiah. Sedangkan untuk yang super gacor bisa mencapai satu juta lima ratus ribu sampai satu juta tujuh ratus ribu rupiah.

Harga Murai Batu Medan

Murai Batu Medan

Berbeda dengan murai batu Lampung, murai yang berasal dari Medan ini adalah jenis burung murai yang paling di minati, bahkan semua kicau mania pasti ingin memilikinya.

Jika di pandangi terus menerus penampilan murai batu Medan tetaplah indah, dengan panjang ekor yang mencapai 30 cm dan melengkung ke atas.

Selain itu, penampilannya yang cantik bisa di lihat dari warna bulu-bulunya yang cerah berwarna jingga di bagian dada dan juga warna hitam di bagian kepala hingga ke sayap.

Dari segi suara, kicauan burung murai Medan ini tidak di ragukan lagi karena volume suaranya cukup keras, melengking, dan juga merdu.

Untuk harganya pastinya tidak murah, Untuk harga burung murai medan usia anakan biasanya di bandrol kurang lebih satu juta rupiah. Sedangkan untuk murai medan super atau yang sudah dewasa di bandrol dengan harga dua juta sampai puluhan juta, bahkan ratusan juta rupiah.

Harga Burung Murai Borneo

Murai Borneo

Mungkin ada yang memanggilnya Borneo tapi tidak tahu dari mana ia berasal. Seperti yang kalian ketahui bahwa kebanyakan kicau mania hanya mengetahui nama atau jenis burungnya saja.

Sebenarnya burung murai Borneo ini berasal dari hutan di Kalimantan. Burung ini memiliki performa yang yang sangat agresif dan gesit saat melihat manusia, sehingga bagi yang baru menangkapnya harus menjalani proses penjinakkan terlebih dahulu.

Tapi di sisi lain burung murai yang berasal dari hutan Kalimantan ini cepat sekali menirukan suara kicauan burung lain dengan fasih. Apalagi saat berada di habitat aslinya, murai batu Borneo akan mengeluarkan suara kicauannya yang sangat bervariasi.

Untuk harga burung murai Borneo atau murai Kalimantan ini biasanya di bandrol dengan harga enam ratus ribu rupiah. Kenapa lebih murah di bandingkan jenis lainnya?

Ini semua karena murai batu Borneo ini memiliki kekurangan pada bagian ekornya yang relatif pendek yaitu sekitar 13 cm. Tapi kalau hanya sekedar untuk peliharaan, burung ini memiliki mental yang cukup kuat dan kicauannya tidak di ragukan lagi.

Harga Burung Murai Nias

Murai Batu Nias

Masih ingatkah kalian dengan Pulau Nias, tepatnya di Indonesia bagian timur. Ternyata di sana ada seekor jenis burung yang bisa mengeluarkan suara gacor yaitu murai batu Nias.

Dan tidak sedikit orang yang mencari keberadaan jenis burung murai yang satu ini, baik untuk di pelihara atau di perjual belikan.

Harga burung murai yang berasal dari kepulauan Nias ini di bandrol dengan harga cukup tinggi. Ini semua karena burung murai ini bisa menirukan suara apa saja yang ada di sekitarnya, termasuk suara manusia.

Nah, bagi kamu yang ingin memilikinya cukup mengeluarkan uang satu juta dua ratus ribu sampai satu juta empat ratus ribu rupiah.

Harga Murai Batu Aceh

Murai Batu Aceh

Sama seperti halnya murai batu Medan dan murai Lampung, murai batu Aceh juga berasal dari kepulauan yang sama yaitu kepulauan Sumatera.

Tak heran kalau jenis murai yang satu ini di bandrol dengan harga yang tinggi. Sebab ia berasal dari ujung barat negara kita, sehingga di bandrol dengan harga satu juta lima ratus ribu sampai dua juta rupiah.

Memang semua keunggulan hampir di miliknya seperti ekor yang panjang mencapai 30 cm, suara kicauannya yang bervariasi dan juga merdu.

Daftar Harga Burung Murai Batu Lainnya

Di atas merupakan daftar harga murai batu yang cukup populer di pasaran. Dan berikut ini adalah harga burung murai lainnya atau yang jarang kalian temui.

Jenis Burung MuraiHarga
Murai Batu AirRp 250.000
Murai Batu Borneo / KalimantanRp 750.000
Murai Batu Medan Trotolan (Jantan)Rp 2.200.000
Murai Batu Medan DewasaRp 1.400.000
Murai Batu Nias Ekor Hitam TrotolanRp 1.500.000
Murai Batu Nias Ekor Hitam Dewasa HutanRp 1.300.000
Murai Batu Nias TrotolanRp 1.300.000
Murai Batu Aceh Trotolan (Jantan)Rp 2.300.000
Murai Batu Aceh DewasaRp 1.600.000
Murai Batu Jadi (Gacor)Rp 3.000.000

Mungkin hanya itu daftar harga burung murai batu terbaru yang dapat kami sampaikan hari ini. Jangan lupa untuk mengunjungi website pengicau.net di lain waktu untuk mendapatkan informasi harga burung terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *