Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing – Banyak orang menyukai kucing. Mereka adalah hewan yang lucu dan menggemaskan, tetapi perilaku mereka yang unik juga membuat manusia sulit untuk menolaknya. Selain jenis kucing yang banyak, ada banyak alasan mengapa orang menyukainya. Salah satu contohnya adalah kucing bisa sangat penyayang.

Tentu saja, kucing adalah hewan yang sangat cantik. Mereka membawa sukacita ke dalam hidup kita. Tetapi seperti makhluk hidup lainnya, mereka memiliki masalah kesehatan. Pada kucing, masalah kesehatan yang paling umum adalah jamur.

Jamur yang umum pada kucing adalah kurap. Penyebabnya adalah jamur yang tumbuh dengan pola melingkar pada bulu kucing dan membuat kulit kucing terlihat bersisik. Hal ini membuat kucing merasa tidak nyaman, sehingga akan sering menggaruk area yang terinfeksi.

Kucing memiliki masalah kecil yang lucu. Mereka mendapatkan jamur di bulu mereka yang membuatnya rontok. Ini disebut kurap, dan dapat ditularkan ke kucing lain atau bahkan ke manusia. Jadi, ketika Anda melihat kucing persia Anda berjamur, jauhkan mereka dari kucing lain agar tidak terinfeksi.

Jika ternyata kucing Anda terkena penyakit jamur ini, ada beberapa cara untuk mengobati kucing yang berjamur agar jamurnya hilang.

Jika Anda memiliki kucing yang mengalami kerontokan rambut karena jamur, Anda bisa segera membawanya ke dokter hewan. Dokter hewan akan memberi kucing Anda perawatan segera agar bulu hewan peliharaan Anda tetap ada.

1. Beri Vitamin

Hal pertama yang ingin Anda lakukan saat kucing Anda bermasalah adalah memasukkan vitamin ke dalam tubuhnya. Jika Anda ingin menjaga sistem kekebalan kucing Anda, Anda perlu memberinya makanan bergizi, tetapi Anda juga perlu memberikan vitamin yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalannya dan membuatnya merasa lebih baik.

Sebelum memberikan vitamin kucing Anda, konsultasikan dengan dokter hewan. Anda dapat melarutkan vitamin ke dalam makanan atau air mereka agar lebih mudah dikonsumsi.

2. Berikan Obat Luar

Selain mengobati kucing jamur internal, Anda bisa menggunakan salep dan bedak luar. Obat luar ini banyak dijual di toko hewan peliharaan. Obat luar yang digunakan dalam bentuk salep atau bubuk adalah cara terbaik untuk menyembuhkan jamur kucing.

Pastikan juga kucing tidak menjilat salep atau bedak yang dioleskan ke lukanya. Sebaiknya Anda memakai kalung agar kucing tidak bisa menjilat bagian yang luka.

Minyak kelapa dan minyak tawon juga merupakan alternatif yang baik untuk mengobati jamur pada kucing. Anda cukup mengoleskan minyak yang mengandung vitamin E tinggi pada bagian kaki kucing yang sakit. Jika menggunakan minyak tawon, pastikan untuk mengoleskannya tipis-tipis agar hewan peliharaan Anda tidak kepanasan.

Baca Juga : 5 Jenis Obat Cacing Kucing Terbaik

3. Berikan Obat Penyakit Dalam

Cara ketiga untuk mengobati jamur kucing adalah dengan memberikan obat penyakit dalam pada kucing. Selain obat luar, Anda juga bisa memberikan obat penyakit dalam pada kucing. Obat penyakit dalam yang biasa digunakan untuk tujuan ini antara lain itrakonazol, ketokonazol, dan flukonazol.

Saat memberikan obat ini, penting untuk berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu. Anda bisa mencampurkannya ke dalam makanan kucing. Obat ini membuat kucing muntah dan kehilangan nafsu makan tetapi hanya untuk sementara.

4. Jaga agar Bulu Kucing Tetap Kering

Cara merawat kucing jamur yang keempat adalah dengan menjaga agar kucing tetap kering. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menjaga kucing di tempat yang cerah.

Kucing adalah makhluk yang luar biasa. Tetapi mereka membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh. Dan semakin banyak sinar matahari, semakin baik. Tapi sama seperti kita, mereka bisa terlalu panas. Jadi, pastikan Anda tidak mengeringkannya terlalu banyak. Jika Anda melakukannya, itu tidak baik untuk mereka.

Jika Anda mendapati bulu kucing Anda basah, segera lap hingga kering. Bulu kucing yang basah akan memudahkan jamur untuk tumbuh.

5. Gunakan Shampo Khusus

Cara kelima untuk mengobati kucing jamur adalah dengan memandikannya dengan sampo khusus. Kucing perlu dimandikan secara teratur, karena kebersihan sangat penting untuk kesehatannya. Mandi dengan sampo khusus akan menghilangkan kotoran dan debu dari bulu kucing Anda. Memandikan kucing Anda juga akan membantu menghilangkan jamur yang tumbuh di atasnya.

Jika kucing Anda terkena infeksi jamur, gunakan sampo antijamur. Mandikan kucing 2 kali seminggu dengan sampo ini. Sampo anti jamur mengandung ketoconazole atau belerang. Kedua bahan tersebut membantu memulihkan kesehatan kucing lebih cepat.

Setelah mandi, keringkan bulu kucing Anda dengan pengering rambut. Ini akan mencegah kerusakan bulu dan menjaga kucing Anda tetap nyaman. Langkah menyisir sangat penting untuk kucing berbulu panjang. Anda akan ingin menggunakan sisir khusus yang terlihat seperti sisir manusia, tetapi dibuat untuk kucing, sehingga Anda tidak menyakiti mereka.

Meski sudah menggunakan sampo antijamur untuk kucing Anda, Anda perlu memperhatikan cara merawat kucing berjamur yang bulunya harus kering. Anda perlu mengeringkan bulu kucing dengan pengering rambut sampai benar-benar kering. Ini akan mengurangi jumlah bulu yang terkena jamur, sehingga lebih berkilau.

6. Jaga Kebersihan Kandang

Cara merawat kucing jamur yang keenam adalah dengan menjaga kebersihan kandang kucing. Kandang yang bersih dapat mencegah tumbuhnya jamur pada kucing. Untuk menjaga kebersihan kandang, Anda harus membersihkan kandang setiap dua hari sekali.

Bersihkan kandang dengan sabun agar lebih bersih. Setelah selesai, jemur di bawah terik matahari. Saat kandang benar-benar kering, kucing Anda bisa masuk.

Selain itu, kotak kotoran kucing juga harus dibersihkan. Buang semua kotoran yang terkena air seni kucing dan ganti dengan kotoran baru.

Tinggalkan komentar