Jenis Burung Murai Batu

7 Jenis Burung Murai Batu yang Bagus dan Gambarnya

Pengicau.Net – Murai batu merupakan salah satu burung yang termasuk dalam jenis burung kicau. Burung ini memiliki suara kicau yang lantang dan juga merdu. Sehingga tak heran jika banyak para pecinta burung yang memelihara murai batu ini. Burung ini juga masuk dalam kategori burung petarung. Tak hanya cocok di jadikan sebagai hiburan ketika sedang bersantai di rumah. Burung murai ini juga kini telah banyak di pilih untuk di jadikan salah satu burung ternak.

Jika anda telaten dalam memanfaatkan burung ini, maka anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan banyak. Namun, tentunya sebelum anda memilih untuk mengembangbiakkan burung murai batu anda perlu tahu dan memilih dulu jenis murai batu mana yang ingin anda pilih untuk dijadikan burung ternakan yang bisa menguntungkan.

Jenis-jenis Murai Batu yang Bagus

Ada beberapa jenis burung murai batu yang harus anda ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berternak murai batu ini. Supaya tidak salah pilih ketika menentukan jenis murai batu, Berikut ini akan diinformasikan mengenai jenis-jenis murai batu lengkap dengan keterangan fisik atau ciri-ciri setiap jenis murai batu.

1. Murai Batu Nias

Murai batu nias

Jenis murai batu pertama ada murai batu nias. Sama seperti burung murai batu lainnya, burung ini juga di pasok dari daerah simuele, sibanang dan daerah lainnya. Bagi para pecinta burung sejati tentu sudah tahu mengenai kelangkaan burung ini.

Lingkungan yang sudah tidak sehat dan habitat yang semakin kecil membuat burung ini semakin sulit untuk di temukan. Ciri khas dari burung murai batu nias ini terletak pada ukuran tubuhnya yang lebih kecil mirip dengan burung murai batu asal lampung.

Burung ini hanya memiliki warna bulu ekor hitam saja. Burung ini lebih di kenal dengan nama burung blacktail. Murai batu nias memiliki suara yang cukup keras di bandingkan dengan burung lainnya. Keunggulan dari burung nias ini adalah dapat menirukan suara murai batu jenis lainnya dengan lebih cepat.

Perawatan burung jenis yang satu ini terbilang cukup mudah, ini di karenakan burung murai batu nias tidak mudah terserang depresi atau stress. Burung ini juga dikenal sebagai burung yang mudah di latih dan di kembangkan dengan baik.

2. Murai Batu Medan

Murai batu medan

Meski namanya medan, namun bukan berarti burung ini berasal dari medan. Justru burung murai batu jenis ini konon katanya berasal dari aceh dan semenanjung Malaysia. Dan murai batu jenis ini termasuk dalam salah satu murai batu yang sulit untuk di dapatkan.

Namun bagi anda yang penasaran bisa mencarinya di bohorok, gunung leuser, serta bukit lawing. Burung ini memiliki postur tubuh yang lebih besar dan juga lebih tegap. Dengan warna bulu yang cenderung gelap dan mengkilap.

Untuk burung yang masih berusia muda memiliki warna kaki yang lebih merah, sedangkan burung murai batu medan yang sudah berumur memiliki kaki yang berwarna lebih hitam pekat.

Panjang bulu burung ini di perkirakan memiliki ukuran sekitar 27-30 cm. Burung ini menjadi salah satu burung yang di hargai mahal, ini didasarkan pada kelangkaan burung dan juga ukuran tubuh burung.

3. Murai Batu Lampung

Murai batu lampung

Untuk ukuran tubuh burung murai batu jenis ini memiliki tubuh yang dapat di bilang kecil, memiliki panjang ekor yang mencapai 12-18 cm. Untuk bagian dadanya, burung ini memiliki bulu dada yang cenderung berwarna orange gelap.

Kelebihan dari burung murai batu ini yakni mengenai tingkat mentalnya yang cukup kuat dengan gerakan yang juga gesit serta cepat. Sedangkan kekurangannya terletak pada suaranya yang tidak bisa dikatakan sebagai burung pemilik suara bagus. Burung jenis ini di kenal hanya bisa mengeluarkan suara yang sama secara berulang-ulang.

4. Murai Batu Borneo/ Kalimantan

Murai batu borneo

Untuk jenis burung murai batu yang satu ini di bagi lagi menjadi tiga macam, yakni burung murai batu banjar, burung murai batu palangka dan burung murai batu mahkota. Meski berasal dari daerah yang sama, namun untuk bentuk tubuh, warna bulu, dan panjang ekor ketiganya memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri.

Secara umum, burung murai batu borneo memiliki warna bulu dada yang lebih terang jika di bandingkan dengan warna bulu di bagian tubuh lainnya. Semakin pekat warna bulu dada burung, maka semakin sehat mental burung tersebut.

Untuk kaki burung jenis ini berwarna hitam dengan sedikit kemerahan. Sedangkan panjang burung murai batu borneo ini sekitar 10-13 cm. untuk bentuk kepalanya terlihat kotak, dengan mata yang terlihat lebih tajam dan juga melotot.

Bagi anda yang tertarik dengan murai batu jenis ini pilihlah burung yang memiliki paruh lebar ketika di buka, ini sebagai tanda bahwa burung memiliki suara yang lebih keras dan juga bagus.

5. Murai Batu Aceh

Murai batu aceh

Murai batu jenis ini berasal dari daerah tangse, lhoong, keude being, dan sekitar pegunungan seulawahsabang. Murai batu jenis ini memiliki ukuran ekor yang mirip dengan murai batu medan. Burung ini di kenal dengan suaranya yang nyaring dan juga keras.

Bahkan suaranya hampir mirip dengan suara senapan yang di tembakkan ke udara. Murai batu ini memiliki tubuh yang tidak terlalu besar, bahkan bisa dibilang kecil. Dengan panjang ekor kira-kira 19-30 cm.

Burung murai batu jenis ini juga memiliki variasi suara yang cukup banyak dan terdengar lebih ngerol. Burung ini cocok dipelihara anda yang menginginkan memiliki burung dengan bentuk tubuh dan suara yang unik.

6. Murai Batu Lahat

Murai batu lahat

Jika burung murai batu sebelumnya sudah mulai langka, burung murai batu jenis ini justru bisa dengan mudah anda dapatkan di pasaran. Sekilas burung ini hampir mirip dengan murai batu nias.

Murai batu lahat memiliki tubuh yang cukup kecil, dengan panjang ekor sekitar 18-23 cm. Burung ini dikenal memiliki mental yang kuat dan juga agresif. Selain itu, burung ini juga dikenal sebagai salah satu burung yang memiliki banyak variasi suara, sehingga cocok dipelihara oleh anda yang memiliki sifat cepat bosan.

7. Murai Batu Jambi

Murai batu jambi

Murai batu jambi berhabitat di sekitar kawasan dataran yang tinggi dan juga rendah. Burung murai batu yang memiliki tubuh berukuran lebih besar tinggal di kawasan dataran tinggi.

Sedangkan burung murai batu jambi yang hidup di daratan rendah memiliki tubuh yang lebih kecil. Namun keduanya di kenal memiliki mental yang sama kuatnya. Ketangguhan keduanya dalam hal suara cocok di ikutkan dalam ajang perlombaan kicau burung.

Jenis murai batu lainnya ada murai batu jawa atau murai batu larwo, lalu murai batu Thailand, dan yang terakhir murai batu Filipina. Bagi anda yang tertarik dengan burung murai batu, anda bisa pilih jenis murai batu mana yang di inginkan.

Masing-masing jenis burung ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun untuk para pecinta burung kicau, di jamin akan merasakan kepuasan yang lebih ketika memiliki salah satu jenis burung murai batu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *