Jenis Hewan Reptil dan Ciri-cirinya

Jenis Hewan Reptil – Kata reptil berasal dari bahasa Latin “reptans”, yang berarti merangkak atau merayap. Reptil adalah hewan berdarah dingin dengan ciri khas sisik yang menutupi seluruh tubuhnya.

Reptil diklasifikasikan ke dalam kelompok karena mereka semua memiliki beberapa karakteristik. Apa ciri khusus reptil? Simak poin-poin berikut ini:

  • Memiliki empat kaki (kecuali ular)
  • Bernapas dengan paru-paru
  • Memiliki 4 ruang pada jantung
  • Berkembang biak dengan cara bertelur
  • Memiliki ekor

Baca Juga: Makanan Ikan Cupang

Contoh Hewan Reptil

Ketika seekor reptil disebutkan, hewan apa yang pertama kali Anda pikirkan? Mungkin binatang buas seperti buaya atau komodo?

Namun, ada banyak spesies reptil. Beberapa dari mereka bahkan dapat disimpan sebagai hewan peliharaan! Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

1. Buaya

Buaya adalah reptil paling terkenal. Mereka memiliki gigi yang tajam dan ditakuti oleh manusia dan hewan lainnya.

Hewan ini hidup di habitat air tawar seperti sungai, danau, dan rawa. Namun, beberapa spesies juga hidup di habitat payau.

Dahulu biawak merupakan hewan yang erat kaitannya dengan perselingkuhan, namun reptil ini tetap setia. Bahkan, telah menikah dengan satu pasangan seumur hidup!

2. Komodo

Komodo merupakan reptil yang hanya terdapat di Indonesia, tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Hewan ini merupakan spesies prasejarah yang juga merupakan kadal terbesar di dunia. Panjangnya bisa mencapai 3 meter dan beratnya bisa mencapai 100 kilogram.

Namun, International Union for Conservation of Nature (IUCN) telah menyatakan hewan ini terancam punah.

3. Ular

Reptil adalah hewan yang memiliki ciri khas. Salah satu reptil yang paling terkenal adalah ular, yang dibedakan dengan tidak memiliki kaki dan tubuh yang panjang. Reptil diklasifikasikan ke dalam subkelompok yang disebut Odiphia, yang merupakan hewan tanpa kaki.

Beberapa ular berbahaya bagi manusia. Namun, jenis lain dapat disimpan sebagai hewan peliharaan. Salah satu contohnya adalah Ular Raja dan Boa Ekor Merah.

4. Tuatara

Reptil ini mungkin asing bagi Anda, tetapi tuatara endemik di Selandia Baru. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui makhluk ini karena merupakan anggota terakhir dari ordo Rhynchocephalia yang tersisa.

Rhynchocephalians adalah kelompok reptil yang terlihat seperti kura-kura. Reptil dari ordo Rhynchocephalia berkembang 200 juta tahun yang lalu.

5. Bunglon

Bunglon adalah reptil unik dengan warna yang sangat fleksibel. Hewan dapat berubah dan beradaptasi dengan lingkungan dan suhu. Itu juga berubah warna ketika merasa sedih atau bahagia.

Bukan hanya itu kupu-kupu, tapi kupu-kupu juga memiliki penglihatan yang tajam dan mata yang berputar 360 derajat, man!

6. Kura-kura

Cangkang kura-kura membuat reptil ini mengalami krisis identitas. Kura-kura adalah bagian dari ordo Testudinata, yang meliputi kura-kura dan terrapin.

Reptil ini banyak ditemukan di rumah-rumah. Yang menyenangkan dari memelihara reptil adalah Anda akan memiliki pendamping untuk waktu yang lama karena umur mereka bisa mencapai 50 tahun. Bahkan lebih luar biasa, beberapa kura-kura hidup sampai 152 tahun!

7. Penyu

Puffin adalah burung yang hidup di laut dan dapat ditemukan di semua lautan. Meski hidup di laut, puffin tetap bernafas menggunakan paru-paru seperti reptil lainnya. Mereka keluar dari air untuk mengambil napas sesekali.

Jika Anda sudah lama ada, Anda mungkin mengalami beberapa perubahan evolusioner. Spesies reptil laut yang telah ada selama ratusan juta tahun ini berkembang biak dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan reptil lainnya. Itu bertelur dan melahirkan keturunan hidup.

Reptil sangat menarik, bukan begitu? Mereka memiliki serangkaian karakteristik dan contoh yang dapat Anda tiru dengan mudah. Apakah Anda tertarik untuk memeliharanya sebagai hewan peliharaan?

Tinggalkan komentar