Jenis Ikan Cupang yang Populer Dipelihara di Rumah

Jenis Ikan Cupang – Di masa pandemi, orang banyak menghabiskan waktu untuk melakukan berbagai hobi. Salah satunya adalah memelihara ikan cupang sebagai hiasan di kamar mereka.

Meskipun ikan cupang dikenal agresif dan menyerang, ia juga mudah berkembang biak. Beberapa spesies pacu memiliki warna tubuh yang menarik.

Alasan lain mengapa ikan ini dianggap cantik adalah karena bentuknya yang unik. Ini meluncur dengan anggun dan memiliki bentuk yang megah, sehingga membuatnya sangat menarik sebagai hewan peliharaan.

Ada sekitar 73 spesies ikan di Bumi. Namun, tidak semua jenis ikan memiliki warna yang indah. Secara umum jenis ikan warna warni terbagi menjadi tiga yaitu ikan liar, ikan hias dan ikan peliharaan. Untuk mengenal lebih jauh tentang ikan cupang, yuk kita kenali jenis-jenis ikan cupang warna-warni di bawah ini.

Baca Juga: Cara Merawat Bunga Mawar

Jenis Ikan Cupang

Untuk mendekorasi dan mempercantik rumah, Anda dapat memelihara berbagai jenis ikan cupang dalam akuarium. Mari kita lihat beberapa jenis ikan akuarium berikut ini!

1. Halfmoon

Halfmoon Betta diberi nama karena bentuknya yang unik. Ikan yang juga dikenal sebagai ikan petarung siam ini memiliki tubuh yang melengkung sempurna dan sirip ekor yang terlihat menyatu dengan tubuhnya. Cupang Halfmoon dipelihara dan dikembangbiakkan karena keindahannya.

Warna produknya juga kurang menarik. Warnanya pun beragam, misalnya merah, oranye, putih, bahkan pink.

2. Crown Tail

Cupang crown tail menjadi terkenal secara internasional karena keindahannya. Varietas ini disebut juga sebagai mahkota ekor atau sirip kepala karena jika dibalik, ujung siripnya yang bergerigi terlihat seperti mahkota raja.

Jenis ikan cupang ini yang paling populer dan dikoleksi oleh banyak orang karena hasil pembiakannya yang langka.

3. Plakat

Cupang merupakan jenis ikan yang sering digunakan untuk adu. Namun, ada juga banyak orang yang memelihara cupang jenis ini. Meski bentuknya indah, cupang memiliki sirip yang tegas dan khas.

Ikan-ikan di poster cupang tidak terlalu elegan tetapi terlihat lebih hidup.

4. Double Tail

Ikan ini disebut ekor ganda karena sirip ekornya terbelah menjadi dua bagian, seperti ekor yang terbelah. Jenis ikan yang disebut double tail ini tergolong langka, sehingga sulit ditemukan di pasaran dan dikenal sebagai ikan langka.

5. HMPK

HMPK merupakan hasil perkawinan silang antara halfmoon dan plakat. Ini telah dipuji oleh banyak orang karena bentuk dan warnanya yang indah.

6. Giant

Giant ini telah dikembangkan oleh seorang peternak di Thailand. Ukuran maksimalnya adalah 12 cm, jauh lebih besar dari jenis ikan lele lainnya. Karena tubuhnya yang besar, lele raksasa ini tidak bisa bergerak gesit seperti spesies lainnya.

7. Big Ear

Ikan cupang yang sering disebut cupang Dumbo ini memiliki telinga yang memiliki cuping yang sangat besar seperti sayap. Intinya, ini adalah salah satu dari sekian banyak variasi jenis ikan cupang yang telah ditemukan di Indonesia.

8. Ikan Cupang Sawah

Ikan ini disebut cupang alam atau cupang sawah. Itu belum dikawinkan silang dan jauh dari jangkauan manusia. Tubuhnya dilapisi dengan garis-garis kuning dan biru. Harga cupang sawah bervariasi.

Jika sesuatu itu langka dan sangat berharga, maka itu bisa sangat mahal. Namun, sebaliknya juga benar. Jika ada sesuatu yang umum dan murah, itu bisa sangat terjangkau.

9. Ikan Cupang Paradise

Marcopodus opercularis, ditemukan di wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Ikan ini memiliki tulang belakang seperti cabang dan garis hijau vertikal untuk warnanya.

10. Ikan Cupang Sarawak

Ciri khas ikan ini antara lain semacam garis yang ada di sisi kanan dan kiri ikan mulai dari kepala hingga ekornya. Cupang Sarawak biasanya beradaptasi sangat baik dengan lingkungan.

Salah satu jenis ikan cupang yang lebih dari mampu hidup nyaman di daerah tekanan air tinggi adalah jenis transparan. Jenis ikan ini sederhana dalam warna dan jelas dalam transparansi.

11. Ikan Cupang Surga

Ikan cupang ini memiliki ciri-ciri yang hampir menyerupai cupang paradise. Ini adalah ikan yang sangat berwarna dan berekor panjang yang dapat ditemukan di Asia Tenggara, khususnya di Jawa dan Sumatera.

Ukuran sarang bisa mencapai 10 cm, cukup besar untuk ukuran cupang.

12. Ikan Cupang Emas

Ikan cupang cantik ini sering ditemukan di sawah, sungai, dan rawa-rawa. Nama ilmiahnya adalah Betta unimaculata, yang artinya warnanya sedikit keemasan.

13. Ikan Cupang Fancy

Ikan Cupang Fancy yang mewah memiliki sirip yang lebih kecil daripada halfmoon biasa. Tapi cupang ini memiliki warna yang indah dalam pola gradien. Mereka mahal karena degradasi warna seperti lukisan yang indah.

Baca Juga: Manfaat Bermain Sepatu Roda

14. Ikan Cupang Veiltail

Ada tiga jenis bettas veiltail: ekor tunggal, halfmoon, dan ekor ganda. Perbedaan antara bettas veiltail dan halfmoon atau double tail cupang adalah kekuatan ekornya.

Ikan cupang golden veiltail dulunya sangat populer karena mudah ditemukan. Tetapi karena jumlah varietas ikan cupang lainnya meningkat, maka kerudung emas menjadi sedikit kurang populer.

15. Ikan Cupang Coccina

Moluska ini berbentuk seperti silinder dengan warna merah-coklat mulai dari cangkang hingga kepala. Kepalanya bulat dan panjang dengan warna kuning keemasan. Lapisan cangkangnya berwarna merah transparan, lapisannya halus dan panjang.

Nama umum lainnya untuk ikan ini adalah goby air tawar Bangkok.

16. Ikan Cupang Spade Tail

Tidak seperti jenis flounder Jepang lainnya, flounder ekor sekop memiliki karakteristik yang unik. Bentuk siripnya melengkung, tidak seperti jenis lainnya yang umumnya membulat seperti sayap. Namun, itu adalah jenis ikan yang langka.

17. Ikan Cupang Half Sun

Selain halfmoon, ada jenis lain yang disebut halfsun yang merupakan persilangan antara halfmoon dan crown tail.

Ikan cupang Half Sun memiliki ekor berbentuk setengah bulan, yang biasanya 180 derajat. Tetapi mereka juga memiliki sirip yang lebih panjang memanjang dari ekor utama, seperti mahkota.

18. Ikan Cupang Snakehead

Ingin tahu seperti apa bentuk ikan gabus? Jenis ikan gabus ini endemik di Indonesia. Jenis snakehead atau Betta channoides ini merupakan spesies langka yang hidup di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Memiliki warna dan bentuk yang indah.

19. Ikan Cupang Kachen Worachai

Ikan sturgeon kaluga adalah spesies ikan langka dan dikenal sebagai ikan nasional Thailand. Pasalnya, ikan ini memiliki kombinasi warna biru, putih, dan merah yang menyerupai bendera Thailand. Harga ikan langka ini bisa mencapai sekitar Rp 22 juta.

20. Ikan Cupang Brunei

Ikan cupang macrostoma dari Brunei merupakan spesies ikan yang endemik di Brunei dan Serawang. Menariknya, spesies ikan khusus ini bahkan dilindungi oleh Sultan Brunei. Jika dibawa ke luar negeri, hukuman akan diberikan.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang angelfish yang indah dan anggun, meskipun sifatnya “temperamental” dan agresif. Ikan ini sangat terjangkau untuk dipelihara di rumah, jika Anda mencari hewan peliharaan yang tidak membutuhkan banyak perawatan.

Tinggalkan komentar