Jenis Ikan Gabus Hias Untuk Mempercantik Ruangan

Jenis Ikan Gabus Hias – Siapa yang tidak tahu tentang ikan gabus? Ikan ini dikenal dengan nama Channa, snakehead, atau Toman. Ini adalah predator air tawar dan memiliki rasa yang lezat.

Salah satu manfaat makan kaviar adalah bisa dimakan sebagai makanan. Tidak hanya dikonsumsi untuk makanan, ada juga ikan hias yang bisa mempercantik rumah Anda. Tersedia berbagai ukuran, mulai dari 11 cm hingga 1 meter dengan warna yang unik dan menarik.

Sama seperti angelfish atau guppy, ikan langka ini juga diburu sebagai hewan peliharaan. Bahkan mereka yang menyukai ikan predator merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk memiliki guppy hias yang langka ini.

Baca Juga: 12 Jenis Ikan Oscar Yang Paling Laku Di Pasaran

Jenis Ikan Gabus Hias

Dengan warna yang unik dan banyak pola yang berbeda, dekorasi ikan panda bisa menjadi pilihan untuk dekorasi rumah Anda. Berbagai ukuran juga cocok untuk akuarium yang Anda miliki, simak rekomendasinya di bawah ini:

1. Channa Argus

Channa argus, yang juga dikenal sebagai ular gabus utara, memiliki bintik-bintik hitam di tubuhnya dan dapat tumbuh hingga 1 meter. Ini adalah spesies invasif dari Cina, Rusia, dan Korea Utara dan Selatan dan dianggap sebagai hama. Habitat mereka ditemukan di sungai-sungai di Amur, Pulau Hainan.

2. Channa Barca

Kebanyakan orang mengira bahwa ikan Channa Barca berasal dari Barcelona, ​​Spanyol. Ini sebenarnya adalah spesies asli dari hulu Sungai Brahmaputra di India timur dan Bangladesh yang dapat tumbuh hingga 90 cm (35 inci).

Saat ini, Channa Barca adalah ikan termahal di Indonesia. Harganya bisa mencapai 100 juta dengan perhitungan 1 juta untuk setiap incinya. Panjang rata-rata ikan ini adalah 70-80 cm.

3. Channa Auranti

Bertengger bersirip merah terlihat seperti Channa barca pada umumnya, tetapi memiliki harga pasar yang jauh lebih rendah. Beberapa penjual bahkan mencoba untuk menganggap bertengger merah sebagai Channa barca. Bagaimana Anda melihat real deal?

Channa Auranti lebih kecil dari kebanyakan ikan air asin, dengan panjang 40 cm. Selain itu, ikan ini memiliki tubuh berwarna coklat tua dengan garis vertikal oranye. Kepala Channa Auranti lebih membulat dengan mulut besar yang menjulur.

4. Channa Bankanensis

Dengan berbagai ukuran yang bervariasi menurut spesiesnya, ikan ini memiliki dimensi yang relatif kecil. Panjangnya hanya 20 cm dan ukuran maksimalnya adalah 24 cm.

Ikan ini memiliki tubuh berwarna coklat dan bintik-bintik hitam. Ini dapat ditemukan di perairan Indonesia dan Malaysia.

5. Channa Andrao

Bagi Anda yang memiliki akuarium relatif kecil, jawabannya adalah Channa Andrao. Ikan ini merupakan salah satu gudgeon terkecil karena hanya memiliki panjang 11 cm. Warna tubuh ikan ini juga sangat unik. Ini memiliki warna abu-abu kecoklatan dan garis biru pada siripnya.

6. Channa Asiatica

Channa Asiatica, yang umumnya dikenal sebagai snakehead hijau atau snakehead Cina, berasal dari Sungai Chang Jiang dan Xun di provinsi Guangxi dan Guangdong.

Ikan ini memiliki bintik putih atau bintik merah yang bisa tumbuh hingga 35 cm. Saat kita ingin memelihara ikan ini, ia sangat agresif terhadap jenis ikan lain. Jadi, selama masa pembiakan, kami sarankan untuk mengeluarkan satu ikan dari akuarium.

7. Channa Bleheri

Jika Anda menginginkan ikan yang damai dengan kepribadian yang ramah, ikan gabus Asia bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Ikan gabus ini tidak terlalu besar, dengan panjang tubuh 17-23 cm.

Channa Bleheri adalah salah satu ikan akuarium yang paling populer karena warnanya yang indah, mirip dengan pelangi, dengan garis-garis oranye.

8. Channa Amphibeus

Ikan gabus ini cukup ganas dengan kombinasi warna merah dan hitam di punggungnya. Mereka berasal dari perairan India dan ditemukan pada tahun 1845. Untuk ukurannya, Channa Amphibeus bisa tumbuh hingga 90 cm.

9. Channa Diplogramma

Ikan gabus ini berasal dari India. Salah satunya adalah Channa Diploma. Ikan ini memiliki warna yang unik dengan dua garis horizontal dari kepala hingga ekor. Selain itu, titik-titik hitam di punggungnya membuatnya semakin unik. Sedangkan untuk ukurannya, bisa tumbuh hingga 44 cm.

10. Channa Gachua

Jika Anda mencari ikan mungil dan menyukai warna, maka Channa Gachua adalah pilihan yang tepat. Panjangnya hanya 25 cm dan berwarna putih atau hitam dengan garis-garis biru atau oranye.

11. Channa Burmanica

Ikan Burman dinamai untuk negara Myanmar, tempat asalnya. Spesies damai ini tidak terlalu agresif dan dapat dipelihara bersama ikan lain di akuarium. Hal yang unik dari ikan Burman adalah bahwa ia adalah spesies yang cukup kecil, mencapai ukuran maksimum sekitar delapan sentimeter.

12. Channa Baramensis

Selain gurami, ikan ini sering ditangkap untuk dikonsumsi. Dominasi warna coklat pada sekujur bodi tidak memberikan kesan khusus. Channa Baramensis memiliki tinggi 22 cm dan hidup di perairan sungai Kalimantan.

13. Channa Pleurophthalma

Ikan gabus air tawar ini memiliki bentuk yang tidak biasa. Tubuh Channa Pleurophthalma memiliki bintik-bintik hitam dengan pola melingkar, seperti mata bunglon. Ada beberapa variasi warna ikan ini, antara lain biru cerah dan coklat tua.

Bagi yang tertarik memeliharanya, akuariumnya harus cukup besar karena ikan ini sangat aktif dan ukurannya mencapai 40 cm.

Channa pleurophthalma, juga dikenal sebagai snakehead ocellated, ditandai dengan bintik-bintik hitam di tubuhnya. Perenang aktif ini membutuhkan akuarium yang memadai. Panjang maksimal ikan gurami jenis ini adalah 40 cm.

14. Channa Striata

Ikan Albino Gaby hampir identik dengan Baramensis. Satu-satunya perbedaan adalah warna perut putih dan ujung putih di ekor. Kebanyakan orang akan memelihara Albino Gaby karena warnanya yang unik.

Baca Juga: Cara Merawat Bunga Mawar

15. Channa Marulioides

Lionfish Indonesia (Pterois volitans) memiliki dasar putih dengan pola vertikal gelap yang menjadi hitam dari kepala hingga ekor. Ia memiliki garis biru cerah pada siripnya yang semakin meningkatkan keunikannya.

Channa marulioides adalah ikan gabus yang dapat tumbuh hingga 56 cm dan dapat dipelihara di akuarium.

16. Channa Melasoma

Channa Melasoma termasuk dalam kelompok ikan gabus yang agresif dengan panjang 30 sentimeter. Ikan ini memiliki warna kuning-tembaga yang unik di seluruh tubuhnya. Selain itu, pola siripnya yang berwarna putih membuatnya terkesan lembut, meski sikapnya cukup agresif.

17. Channa Micropeltes

Ikan gabus ini berasal dari Indonesia. Namanya Channa Micropeltes. Ikan ini sangat agresif dengan giginya yang tajam. Dari segi ukuran, ikan ini bisa tumbuh hingga 1 meter. Itu sangat besar, Toppers!

Nah, itulah beberapa dari sekian banyak jenis ikan gabus hias yang bisa Anda pilih. Dengan ukuran yang bervariasi, mulai dari 11 cm hingga 1 meter, mereka dapat ditampung di akuarium ukuran apa pun yang Anda miliki.

Meskipun setiap ikan unik, Anda harus mengetahui sifat agresif atau damai setiap spesies agar tidak berkelahi.

Tinggalkan komentar