13 Jenis Ikan Hias yang Mudah Dipelihara dalam Aquarium

Bagi pemula harus mempertimbangkan untuk memelihara ikan hias air tawar. Ini adalah hewan peliharaan yang sangat mudah dipelihara dan tidak membutuhkan terlalu banyak pekerjaan. Ikan air tawar sangat cocok untuk pemula karena murah, mudah perawatannya, dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak orang melakukan hobi yang menarik yaitu memelihara ikan. Ikan hias bisa menjadi hobi yang menyenangkan dan bermanfaat.

Ada begitu banyak hewan peliharaan untuk dipilih. Namun, beberapa dari mereka tidak membutuhkan banyak pekerjaan. Salah satu yang paling mudah adalah ikan air tawar. Yang Anda butuhkan hanyalah tangki kecil, beberapa pelet makanan, dan ikan Anda akan baik-baik saja.

Jenis Ikan Hias Air Tawar

Jika Anda seorang aquarist pemula, atau Anda baru saja memulai hobi ini, maka Anda mungkin bertanya-tanya jenis ikan air tawar apa yang bisa Anda pelihara. Saya senang memberi tahu Anda bahwa ada banyak jenis ikan air tawar yang mudah dipelihara.

Ikan air tawar selalu menjadi pilihan populer bagi pemilik hewan peliharaan. Ini adalah beberapa ikan air tawar terbaik, karena keduanya tahan lama dan mudah dirawat. Mereka tidak memerlukan banyak pekerjaan atau perhatian khusus. Mari kita lihat, ya?

1. Ikan Cupang

Ikan Cupang

Ikan cupang, juga dikenal sebagai ikan petarung siam, adalah ikan hias air tawar yang merupakan bagian dari keluarga yang sama dengan gurami. Ikan berwarna-warni ini memiliki ekor yang indah dan hadir dalam banyak variasi warna.

Tidak hanya mempercantik rumah Anda, ikan cupang juga mudah dirawat. Tidak perlu akuarium besar atau peralatan khusus. Anda hanya perlu mangkuk dan sedikit oksigen.

Ikan cupang ini agak agresif, jadi Anda harus menjauhkannya dari ikan cupang lainnya.

Soal makanan, Toppers bisa memberi Anda jentik nyamuk, cacing darah, atau cacing rambut. Ini adalah makanan favorit ikan hias ini.

2. Ikan Guppy

Ikan Guppy

Dan sekarang, mari kita bicara tentang ikan. Tidak lengkap rasanya jika tidak menyebut ikan guppy. Ikan kecil dengan warna dan sirip yang cerah ini memang terkenal dengan kecantikannya, namun juga perawatannya yang mudah.

Padahal, jika Anda membuat pelanggan Anda nyaman, mereka akan lebih cenderung membuka dompet mereka.

3. Ikan Molly

Ikan Molly

Kecil dan mudah dirawat, Ikan Molly adalah salah satu ikan air tawar paling populer di dunia. Mereka mudah dirawat dan dapat ditemukan dalam banyak warna. Meski kecil, mereka sangat menarik bagi banyak penghobi.

Ikan zebra adalah perenang kuat yang dapat bertahan hidup dalam waktu lama tanpa oksigen.

4. Ikan Tetra

Ikan Tetra

Berbagai jenis ikan tetra memiliki warna yang berbeda. Misalnya, ikan tetra merah itu indah, tetapi jika Anda ingin melihat banyak, pilihan terbaik adalah jenis merah dan putih. Ikan ini paling cantik bila dipelihara dalam jumlah banyak, karena hidup bersama secara berkelompok.

Ikan Tetra mudah dipelihara. Itu juga murah, relatif terhadap spesies langka lainnya. Namun, harga ikan ini bisa mencapai jutaan untuk satu ekornya.

5. Ikan Pedang / Swordfish

Ikan Pedang / Swordfish

Ikan todak berwarna merah, dan jantan memiliki sirip yang panjang dan runcing. Tidak banyak perawatan yang dibutuhkan untuk memelihara ikan todak.

Pernahkah Anda mendengar tentang ikan yang bisa hidup tanpa oksigen? Yah, itu ada. Ikan akuarium tidak membutuhkan banyak makanan untuk bertahan hidup.

6. Ikan Oscar

Ikan Oscar

Jika Anda mencari ikan hias yang cantik sekaligus garang, ikan Oscar bisa menjadi pilihan yang tepat. Penampilan fisik Oscar mirip dengan ikan nila, tetapi ia lebih berwarna dan memiliki pilihan sisik warna yang lebih luas.

Anda harus ingat bahwa ikan Oscar adalah karnivora dan agresif, jadi mencampurnya dengan jenis ikan lain bukanlah ide yang baik.

7. Ikan Manfish

Ikan Manfish

Angelfish adalah ikan air tawar yang sangat cocok untuk keperluan hias. Memiliki tampilan yang elegan dan bentuknya yang pipih membuatnya menonjol dari ikan hias lainnya. Selain itu, angelfish memiliki sirip panjang yang indah dan gerakan yang tenang. Semua hal ini ditambahkan untuk menjadikannya tambahan yang bagus untuk akuarium rumah mana pun.

8. Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost

Siapa yang tahu bahwa ikan Black Ghost pernah dinamai karakter dari legenda Indonesia? Ikan dari sungai Amazon dan Suriname ini berwarna hitam, pipih, dan memiliki sirip yang panjang. Ikan ini biasa disebut ikan Black Ghost.

Soal makanan, ikan Black Ghost tidak pilih-pilih. Mereka memakan jentik nyamuk dan serangga air kecil lainnya. Pelet ikan juga menjadi pilihan mudah bagi Toppers yang tidak mau ribet.

9. Ikan Komet

Ikan Komet

Ikan komet merupakan salah satu ikan hias air tawar yang sangat populer. Mereka tahan lama, mudah dirawat, dan mudah bergaul dengan ikan lain. Juga dikenal sebagai ikan mas, ikan komet adalah salah satu pilihan terbaik untuk akuarium Anda.

Ikan Koi berwarna merah, putih, kuning, dan hitam merupakan ikan hias air tawar yang memukau. Ini memiliki pola warna yang sangat beragam. Anda belum pernah melihat ikan yang lebih indah.

10. Ikan Lemon

Ikan Lemon

Cichlid lemon adalah jenis ikan yang berwarna kuning. Cichlid lemon memiliki daya tahan yang cukup kuat untuk dipelihara oleh pemula. Ikan jenis ini disebut cichlid lemon dan merupakan ikan air tawar. Ia memiliki nama ilmiah Neolamprologus leleupi.

Ingat, ikan akuarium itu agresif. Oleh karena itu, Anda tidak boleh mencampur ikan lemon dengan jenis ikan lain di akuarium yang sama. Jika Anda melihat ikan lain, terutama yang lebih kecil, ikan lemon tidak akan ragu untuk menyerang mereka!

11. Ikan Bala

Ikan Bala

Hiu bala merupakan ikan hias yang terkadang disebut ikan bala karena bentuknya. Tidak seperti hiu, ia tidak hidup di air asin atau memakan daging. Ia memakan makanan ikan dan hidup di air tawar.

Jika Anda adalah penggemar akuarium, tetapi tidak ingin menghabiskan banyak uang, pertimbangkan ikan zebra. Ikan air tawar ini sangat cantik, dengan sisik metalik dan sirip yang kontras dengan warna hitam dan putih. Di alam, ikan dapat tumbuh hingga 35 cm, tetapi di penangkaran, umumnya jauh lebih kecil.

12. Ikan Platy

Ikan Platy

Ikan platy merupakan ikan hias air tawar. Ini mirip dengan molly dalam penampilan, tetapi memiliki warna yang mencolok. Ikan ini sangat mudah dirawat dan sangat jinak. Ini juga terkenal murah, jadi ini adalah pilihan yang bagus untuk pemula.

13. Ikan Zebra

Ikan Zebra

Ikan air tawar yang paling mudah dirawat adalah ikan zebra. Ikan kecil nan cantik ini memiliki pola bergaris yang terlihat seperti hewan senama. Ikan zebra adalah omnivora, yang berarti ia memakan apa saja.

Anda dapat memberikan pelet ikan cupang atau udang air asin beku. Ikan ini mudah dirawat, karena perawatannya sangat sederhana. Ini juga sangat mudah berkembang biak, dan Anda bisa mendapatkan banyak telur dari cupang Anda.

Berbagai jenis ikan air tawar mudah dipelihara dan cocok untuk hobi pemula. Jenis ikan air tawar apa yang akan Anda pilih?

Tinggalkan komentar