21+ Jenis Ikan Koi Tercantik Beserta Harganya

Ikan koi telah menjadi impian para kolektor ikan di Indonesia. Jenis ikan hias air tawar ini memang memiliki perawakan yang nyaris sempurna dipandang mata.

Ikan yang semula dikonsumsi, kini dipelihara sebagai hewan peliharaan karena bentuk fisiknya yang indah. Ikan koi memiliki bintik-bintik di tubuhnya yang membuatnya sangat indah. Biasanya disimpan di akuarium atau sebagai hewan peliharaan di rumah.

Koi sangat sulit untuk diklasifikasikan. Pola pada setiap tubuh berbeda, jadi sangat sulit untuk membedakannya.

Jika Anda mencari ikan koi, Anda mungkin memperhatikan bahwa ada banyak jenis yang berbeda. Misalnya, beberapa koi memiliki sisik putih, dan yang lainnya hitam. Beberapa koi jauh lebih besar dari yang lain. Untuk memilih jenis koi yang tepat untuk kolam Anda, penting untuk memahami perbedaan antara jenis ikan ini.

Jenis Ikan Koi

Ikan koi sebenarnya bukan satu spesies. Koi sebenarnya banyak jenis ikan. Beberapa dapat dimakan, yang lain hanya disimpan sebagai ornamen dekoratif.

Jika Anda tidak ahli dalam memilih ikan, maka sangat sulit untuk memilih jenis ikan koi yang tepat. Namun, jika Anda ingin mengetahui penjelasan lengkap tentang jenis ikan koi apa saja yang ada dan berapa harganya, baca saja di bawah ini.

1. Goromo

Goromo

Goromo adalah kata dalam bahasa Jepang untuk hiasan sopak pegulat sumo. Ini pada dasarnya adalah kohaku dengan tepi biru atau hitam yang ditambahkan ke setiap skala merah. Ada tiga jenis utama goromo yang dikenal saat ini: budo goromo, ai goromo, dan sumi goromo.

Desain kimono yang paling langka disebut budo goromo. Tampaknya memiliki tepi biru hanya di bagian luar, tetapi pada kenyataannya, ia memiliki batas biru di kedua sisi setiap skala. Ai goromo serupa, kecuali batas biru hanya di bagian dalam setiap skala. Sumi goromo memiliki tepi hitam pada sisiknya, yang membuatnya terlihat hampir sepenuhnya hitam.

Ikan cantik ini hanya seharga 1,8 juta rupiah, cukup terjangkau untuk sebuah karya seni yang dibuat dengan sangat apik.

2. Kinginrin

Kinginrin

Ikan koi kinginrin merupakan persilangan antara ikan mas dengan jenis ikan koi lainnya. Tubuhnya terlihat seperti ikan mas, tetapi warnanya kuning, yang bukan warna ikan koi.

Harga ikan ini cukup tinggi, yaitu 900 ribu rupiah per ekor.

3. Goshiki

Goshiki

Goshiki hampir sama dengan ikan mas fantail karena sama-sama memiliki sirip yang panjang, mengalir, dan topi berwarna merah. Ekor kipas berwarna putih, tetapi zebra danio berwarna abu-abu. Kedua jenis ikan ini memiliki sirip putih dan garis putih susu yang melintang di punggung.

Ikan ini dibandrol mulai dari Rp 700 ribu yang lumayan untuk makan malam berdua.

4. Hariwake

Hariwake

Bisa dibilang Doitsu Hariwake adalah jenis ikan Koi yang paling mewah. Tubuhnya berwarna putih dan berkilau seperti mutiara. Ada garis kuning di beberapa tempat di punggungnya. Siripnya juga berwarna putih.

Salah satu ikan berwarna putih dan salah satunya berwarna kuning. Harganya sedikit lebih mahal dari ikan lainnya yaitu sekitar Rp 700 ribu.

5. Hikarimono

Hikarimono

Seperti banyak ikan lainnya, hikarimoyomono memiliki warna dasar putih dan pola hitam di punggungnya. Polanya berbentuk seperti tulang yang digambar pada ikan.

Sulit untuk mendapatkan ikan ini. Harga ikannya juga cukup mahal, sekitar 700 ribu rupiah per ekor.

6. Ogon

Ogon

Kolektor ikan koi menyukai Ogon Koi karena warnanya yang kuning keemasan cerah. Ini adalah persilangan antara Koi berpunggung kuning dan tipe Shiro-Fuji.

Koi adalah sejenis ikan yang pernah dianggap sebagai simbol keberuntungan. Telah diketahui bahwa Koi telah dibiakkan selama berabad-abad untuk menciptakan warna dan desain yang berbeda. Dalam percobaan saat ini, Koi emas diciptakan ketika dua jenis Koi yang berbeda disilangkan. Keturunan dari pasangan ini menghasilkan Koi emas yang indah.

Harga ikan goromo cukup mahal, namun masih di bawah ikan ini. Ikan ini sekitar Rp 1,8 juta yang cukup mahal, namun masih di bawah goromo yaitu sekitar Rp. 1,5 juta.

7. Matsuba

Matsuba

Matsuba adalah koi yang memiliki dasar logam padat dengan pola jaring hitam. Warna dasar matsuba dapat bervariasi. Sebuah gin matsuba memiliki warna dasar putih, sedangkan ki matsuba memiliki warna dasar kuning, dan aka matsuba memiliki warna dasar merah.

Sementara itu, satu-satunya variasi matsuba adalah doitsu matsuba. Doitsu matsuba merupakan salah satu jenis matsuba yang dapat ditemukan di pasaran dengan kisaran harga Rp 500 ribu.

8. Showa Sansoku

Showa Sansoku

Ikan ini menghabiskan banyak uang. Itu dapat ditemukan di kolam, tetapi harganya masih cukup mahal. Tergantung warnanya, harganya berkisar Rp 200 ribu hingga Rp 1 juta.

Ikan jenis ini biasanya memiliki corak hitam, warna merah tua, dan yang satu biasanya berwarna putih.

9. Tancho

Tancho

Tancho koi adalah variasi koi yang sangat populer yang dikenal sebagai Kohaku. Ciri terpenting dari jenis koi ini adalah memiliki satu pola merah berbentuk titik di kepalanya. Ia sangat dipuji karena kemiripannya dengan bangau, burung yang dikenal karena umurnya yang panjang dan kekuatannya yang besar.

Ikan yang satu ini cukup unik dan berbeda. Harga ikan yang satu ini memang tidak terbilang mahal atau murah. Ini Rp 125 ribu menjadi Rp 550 ribu.

10. Shiro Utsuri

Shiro Utsuri

Ikan koi Shiro Utsuri tidak biasa dan indah. Uniknya, ia memiliki dua warna berbeda, yakni hitam pekat dengan putih murni. Namun, jika jenisnya bagus, warna hitam dan putihnya akan merata di seluruh ikan.

Harga rata-rata ikan ini sekitar Rp 150.000. Jenis koi ini cukup populer karena memiliki warna dasar yang berbeda. Ini dapat ditemukan di banyak toko hewan peliharaan di seluruh dunia.

11. Taisho Sanke

Taisho Sanke

Taisho Sanke koi adalah salah satu spesies tertua. Mereka juga salah satu yang paling dicari. Taisho Sanke berwarna putih solid dengan pola merah di perutnya dan putih di punggungnya. Kolektor memburu ikan jenis ini, sehingga sangat sulit ditemukan.

Jika Anda kesulitan mengatakan berapa biayanya, Anda dapat menggunakan kata “biasanya” untuk membuatnya lebih mudah. Misalnya, ikan Taisho Sanke Koi biasanya dibanderol dengan harga Rp 500 ribu.

12. Ki Utsuri

Ki Utsuri

Para peternak Ki utsuri dan Shiro utsuri masih membiakkan Ki utsuri hingga saat ini. Kucing jenis ini cukup langka, namun masih banyak diminati. Pola hitam dan putih ikan ini kontras dengan mantel kuning cerah, yang membuat mereka terlihat elegan.

Ikan jenis ini dihargai sama dengan saudaranya, yaitu sekitar Rp 130.000.

13. Koi Slayer

Koi Slayer

Ikan koi sering disebut sebagai ikan “pembunuh” karena cantik dan sangat dicari. Ada banyak jenis ikan koi slayer, tetapi yang paling populer adalah platinum slayer dan kumpay slayer.

Koi platinum slayer adalah ikan yang sangat langka. Akibatnya, harganya lebih mahal daripada koi biasa Anda. Platinum slayer koi bisa dijual seharga 5 juta Rupiah per ekor. Namun, ukuran ikan bervariasi, sehingga harganya akan berbeda. Harga koi platinum slayer biasanya sekitar 160.000 Rupiah.

14. Chagoi

Chagoi

Ikan koi chagoi merupakan ikan langka yang hanya memiliki satu warna. Harganya juga sangat mahal, 300.000 Rupiah per ikan. Ikan koi chagoi juga sulit ditemukan, karena sangat jarang ditemukan di Indonesia.

Ikan ini memiliki pola warna-warni yang menyeluruh. Namun, warnanya tidak terbatas pada satu warna pada tubuhnya. Pola warna ini langka dan kebanyakan kolektor mencoba untuk mendapatkan ikan ini untuk tujuan dekoratif.

15. Hi Utsuri

Hi utsuri

Hi utsuri koi berwarna gelap, dengan warna dasar hitam, oranye, dan merah tua. Ikan koi ini sangat bagus untuk orang yang menyukai nada yang sedikit lebih gelap. Ada variasi koi hi utsuri yang disebut gin rin hi utsuri dan doitsu hi utsuri.

Pada umumnya harga hi utsuri berkisar antara Rp 125.000 dan Rp 300.000 jika warnanya sudah berubah merah tua menjadi orange.

16. Soragoi

Soragoi

Ikan hitam adalah ikan laut dalam yang hidup di perairan pesisir Samudra Atlantik. Makhluk ini agak menakutkan karena memiliki warna abu-abu gelap. Namun, jika Anda bosan dengan warna-warna cerah, Anda harus mencoba memasukkan ikan ini ke dalam akuarium Anda.

Jika Anda ingin melihat ikan Soragoi di kolam Anda, Anda harus tinggal di Mojok. Ikan jenis ini harganya sangat mahal, sekitar Rp 4 juta per ekor.

17. Kumonryu

Kumonryu

Ikan koi dikenal dengan berbagai macam pola. Salah satu jenis yang paling populer adalah kumonryu, yang memiliki pola abu-abu-putih yang berubah seiring waktu. Jenis koi lainnya jarang memiliki tanda yang berbeda. Ikan koi juga sangat kuat, hidup lebih dari 25 tahun.

Ikan koi datang dalam berbagai warna dan pola. Warna yang paling umum adalah putih, dan yang paling langka adalah hitam. Anda dapat menemukannya di hampir semua harga, mulai dari Rp 600.000 hingga jutaan rupiah.

18. Shuisui

Shuisui

Koi Shusui adalah ikan emas bermotif dengan warna merah, orange dan putih yang sangat mirip dengan Hikarimoyo. Namun, Shusui memiliki lebih banyak warna merah di tubuhnya. Nama ikan ini berasal dari penampilannya. Ini memiliki pola yang mirip dengan tulang rusuk yang berjari di bagian belakang.

Wah, bagus sekali! Anda bisa mendapatkannya hanya dengan Rp 400.000.

19. Kikokuryu

Kikokuryu

Kikokuryu adalah koi dengan dasar putih tetapi sisik hitam di sepanjang belakang baris sisik, di kepala, dan di sekitar mata dan hidung.

Ikan ini biasanya dianggap sebagai kumonryu versi logam. Sangat sulit untuk menemukan jenis logam tersebut. Anda bisa menemukan kikokuryu dengan harga yang berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 800.000.

20. Ochiba Shigure

Ochiba Shigure

Shigure adalah pedal dengan kombinasi warna orange dan putih susu. Itu tidak terlalu cerah dan sederhana. Jika Anda tidak menyukai warna-warna cerah, ini adalah sikan yang sempurna untuk Anda.

Ikan ini merupakan makanan yang populer di Indonesia. Ini tersedia dengan harga yang wajar Rp 200.000 per kepala.

21. Kawarimono

Kawarimono

Kawarimono adalah jenis ikan koi hibrida dengan bentuk tubuh yang tidak seperti ikan koi tradisional. Warnanya hanya satu warna dominan, seperti hijau polos atau biru polos atau ungu polos.

Koi kawarimono adalah jenis ikan lain yang tidak memiliki pola pada tubuhnya yang membuatnya terlihat menawan, seperti halnya ikan koi itu sendiri. Dibanderol dengan harga yang cukup murah yakni Rp 200.000.

22. Kikusui

Kikusui

‘Kikusui’ adalah ikan yang sangat cantik. Ia memiliki tubuh putih susu dan pola oranye yang bersinar terang, seolah-olah ditutupi dengan plastik. Ikan koi jenis ini bisa didapatkan dengan harga hanya Rp 300.000 per ekor.

23. Nagashima

Nagashima

Ikan koi ini berbeda dari kebanyakan. Ia memiliki tubuh yang sangat mirip dengan ikan mas. Namun, polanya sangat hidup sehingga terlihat lebih cerah daripada ikan koi lainnya.

Ikan koi adalah ikan yang populer di kalangan pecinta ikan koi. Harganya cukup mahal, untuk satu ekor dibanderol Rp 800.000.

24. Asagi

Asagi

Jenis ikan koi selanjutnya juga tidak kalah unik dari yang lainnya. Meski tergolong jenis ikan koi yang paling mahal, Asagi tetap memiliki banyak penggemar karena corak warnanya yang unik, yaitu kombinasi biru metalik dan orange.

Ikan koi Asagi berwarna biru agak keabu-abuan di punggungnya dan memiliki warna merah dan putih di kepalanya. Harga ikan koi jenis ini akan lebih mahal jika memiliki banyak warna biru pada pewarnaannya. Koi Asagi dibandrol mulai dari Rp 1.100.000 hingga Rp 1.500.000.

25. Shiro Bekko

Shiro Bekko

Ikan biasa yang dikenal sebagai Shiro Bekko adalah makhluk yang sangat cantik yang memiliki penampilan putih dan seperti susu. Ikan ini biasa terlihat di akuarium banyak orang yang memelihara ikan koi.

Harga ikan koi Shiro Bekko mulai dari 500.000 rupiah per ekor. Ikan koi ini cukup langka karena adanya bintik hitam di tubuhnya, seperti permen susu. Tubuhnya terlihat manis dan imut jika dilihat.

Sekarang, ini adalah topik yang menyenangkan. Berikut ini adalah daftar berbagai jenis ikan koi beserta nama dan harganya. Mereka berkisar dari yang paling mahal hingga yang termurah. Saya tahu Anda tertarik dengan ikan koi, jadi saya akan berbagi sesuatu dengan Anda. Soalnya, tidak sulit untuk menjaga mereka tetap sehat dan bahagia. Berhati-hatilah dengan lingkungan dan asupan makanan mereka.

Tinggalkan komentar