12 Jenis Ikan Oscar Yang Paling Laku Di Pasaran

Jenis Ikan Oscar – Oscar adalah ikan menakutkan yang hidup di sungai Amazon. Banyak dari mereka memangsa ikan kecil, udang, dan ikan kecil untuk bertahan hidup di sungai.

Meski terdengar menyeramkan, ikan ini memiliki corak, warna, dan bentuk yang indah. Tak heran jika banyak kolektor ikan yang jatuh cinta dengan keindahan unik predator ini.

Ikan Oscar biasanya memiliki panjang sekitar 30 hingga 35 sentimeter (cm). Namun, jika Anda merawatnya dengan baik, beberapa spesies dapat tumbuh hingga 50 cm dengan umur hingga 10 tahun!

Baca Juga: Teknik Dasar Bulu Tangkis

Jenis Ikan Oscar

Oscar merupakan jenis ikan yang mudah ditemukan. Namun, jenis langka membutuhkan usaha ekstra dan uang untuk mendapatkannya. Beberapa di antaranya hanya bisa didapatkan di luar negeri.

Penasaran dengan Oscar? Simak jenis ikan Oscar terindah dan terbesar yang perlu Anda ketahui:

1. Wild Oscar

Wild Oscar atau oscar liar adalah jenis yang paling alami dengan pola belang, atau garis emas yang mengalir di tubuh dan punggungnya. Oscar liar berwarna hitam dengan garis-garis kuning di sepanjang tubuhnya.

Pada awalnya, ikan ini memiliki bintik-bintik dan garis-garis oranye. Ikan pscar anakan bisa tumbuh hingga 10-15 cm, sedangkan dewasa bisa mencapai 30-35 cm.

2. Tiger Oscar

Tiger oscar adalah varietas yang paling populer dan paling mudah didapat. Ikan ini memiliki ciri khas pola bintik-bintik oranye besar dalam formasi yang tidak beraturan. Jumlah tempat dapat bervariasi antara oscar harimau.

Dari segi ukuran, oscar macan tidak terlalu berbeda dengan oscar pembohong yang panjangnya bisa mencapai 35 cm.

3. Black Tiger Oscar

Oscar Black Tiger sangat mirip dengan Oscar Tiger, tetapi ada beberapa perbedaan. Macan Hitam didominasi oleh warna hitam dan memiliki beberapa bintik oranye.

Selain itu, ikan ini terlihat lebih berbahaya dan lebih besar dari spesies Oscar lainnya.

4. Lemon Oscar

Jika Anda terbiasa melihat Golden Globe Awards yang didominasi warna hitam, yang kami sajikan hari ini berbeda. Disebut Oscar Lemon karena warnanya yang kuning cerah. Satu lagi, pada bagian tepi dan tanduknya terdapat garis-garis hitam putih.

Oscar Lemon adalah salah satu ikan paling langka di pasaran. Jika Anda tertarik untuk memilikinya, Anda harus memesannya terlebih dahulu.

5. Red Oscar

Ikan Oscar merah adalah ikan hias paling populer di Indonesia. Ini memiliki penampilan yang unik. Didominasi warna merah cerah dan hitam pada area ekor dan kepala.

Varietas ikan Oscar ini dapat tumbuh hingga 50 cm dalam waktu 10 tahun. Itu sebabnya diklasifikasikan sebagai varietas ikan Oscar terbesar.

Memberi makan ikan oscar bisa menjadi proses yang menantang. Agar lebih mudah, Anda bisa memberi makan ikan dengan diet campuran udang, kepiting, dan ikan kecil.

6. Oscar Albino

Oscar Albino adalah salah satu jenis ikan memiliki banyak varietas yang berbeda, termasuk Oscar Merah dan Oscar Albino. Yang membuat unik adalah warnanya yang putih.

Berbeda dengan Albino Red, jenis ikan ini tidak memiliki titik atau pola sama sekali. Namun, harganya masih tinggi.

7. Red Albino Oscar

Ingin memiliki ikan langka? Maka oscar albino red harus ada di daftar Anda selanjutnya. Ini adalah variasi oscar yang paling indah.

Oscar Albino bukanlah selebritas biasa. Dia adalah salah satu selebriti langka yang tubuhnya putih dengan bintik-bintik emas dan mata merah.

Keindahan produk ini sepadan dengan harganya dan penggemar bahkan akan pergi ke negara lain untuk membelinya.

Baca Juga: Cara Merawat Bunga Mawar

8. Copper Oscar

Ikan predator cantik lainnya untuk akuarium Anda. Oscar Tembaga memiliki tubuh tembaga dengan garis oranye.

Ikan Oscar tidak langka sama sekali. Mereka memiliki beberapa titik di punggung mereka. Untuk menjaga kecantikannya, disarankan untuk memelihara ikan ini di akuarium bersama dengan Oscar lainnya dan ikan besar lainnya. Panjangnya bisa mencapai 35 cm.

9. Fire Red Oscar

Salah satu Oscar termahal adalah Fire Red Oscar. Varietas ini adalah yang paling langka dan paling sulit ditemukan. Ia memiliki ciri khas: berpendar kemerahan seperti api yang menyala-nyala.

Warna merah ini hampir menutupi seluruh tubuh hingga ekor. Bukankah itu menawan?

10. Golden Oscar

Koleksi Oscar Golden tidak boleh dilewatkan. Anda akan menemukan berbagai jenis ikan ini dengan sisi berwarna emas di tubuh mereka.

Kepala dan tanduknya lebih gelap seperti hitam atau coklat tua.

11. Veil Tail Oscar

Oscar dikenal karena menganugerahkan film dan pertunjukan terbaik tahun ini. Namun, akhir-akhir ini, mereka juga dikenal karena pilihan fesyen mereka yang aneh. Satu gaun khusus yang menonjol dari yang lain dikenakan oleh Lady Gaga. Bintang pop itu mengenakan gaun dengan kereta panjang dan lebar menyerupai ekor ikan.

Anda dapat menemukan Oscar Slayer dalam berbagai warna yang indah dan pola unik yang cantik dan indah.

12. Oscar Batik

Oscar adalah variasi unik dari Tiger. Jika dilihat sekilas, Oscar mirip dengan varietas Tiger dengan corak oranye yang lebih dominan. Oscar adalah ikan hitam dengan garis-garis oranye dari varietas Tiger.

Ikan ini disebut Oscar karena corak pada tubuhnya yang menyerupai batik. Tidak biasa, bukan?

Untuk merawat ikan Oscar dengan benar, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan pahami. Ikan oscar sangat sensitif dengan lingkungannya, sehingga Anda perlu menyesuaikan komposisi airnya, termasuk jenis ukuran akuarium yang mampu menampung air minimal 200 liter (l).

Yang terbaik adalah meninggalkan ikan Oscar sendirian. Mereka lebih bahagia ketika dibiarkan hidup mandiri atau dalam kelompok kecil dengan ikan Oscar lainnya.

Ikan Oscar dapat dengan mudah ditemukan di toko akuarium. Namun jika Anda memutuskan untuk membeli secara online, penting untuk mengetahui ciri-ciri ikan oscar yang Anda cari agar tidak tertipu.

Tinggalkan komentar