Jenis Lovebird

12 Jenis Burung Lovebird Beserta Gambarnya yang Cantik

Jenis jenis lovebird – Burung lovebird merupakan salah satu jenis burung hias yang indah dan juga cantik. Burung ini berukuran kecil panjangnya hanya mencapai 13 hingga 17 cm, dan memiliki berat dari 40 gram hingga 60 gram.

Nama burung lovebird atau burung cinta ini berasal dari kelakuan umum yang biasanya dilakukan oleh mereka. Jika satu sangkar di isi dengan burung jantan dan betina, maka sepasang burung tersebut akan duduk secara berdekatan dan terlihat saling menyayangi satu sama lain. Umur hidup burung ini umumnya 10 hingga 15 tahun.

Burung lovebird juga memiliki grup-grupnya, secara tradisional ada tiga grup besar burung lovebird. Yang pertama grup dimorphik yakni burung yang memiliki penampilan yang berbeda antara jantan dan betina. Kedua grup menengah yakni peach-faced lovebird.

Dan yang ketiga kacamata black-masked, fischer’s, liliane (nyasa) serta black-cheeked lovebird. Ada banyak sekali jenis warna lovebird yang dapat di koleksi  para pecinta burung kicauan. Tak hanya bisa dikoleksi untuk sekedar memuaskan hobi, suara burung lovebird juga terkenal dengan kicauannya yang indah, merdu dan juga lantang.

Jenis Burung Lovebird Tercantik Di Dunia

Selain indah dan merdu, burung lovebird juga terkenal dengan suara ngekek panjangnya. Burung ini akan meramaikan rumah anda tapi tidak terdengar gaduh, layaknya rumah-rumah yang ada dipinggiran desa, yang masih alami dan cocok menjadi peliharaan para pecinta burung kicauan.

Berikut ini beberapa jenis lovebird yang harus para pecinta burung hias ketahui, supaya menjadi pecinta burung lovebird sejati.

1. Lovebird Slaty

Lovebird Slaty

Warna dan corak bulu burung ini hampir sama dengan jenis Lovebird Cobalt, bedanya jenis ini memiliki warna yang lebih agak pudar dibandingkan dengan Cobalt. Slaty ini juga memiliki bulu layaknya Albino, dimana bulu diseluruh badannya berwarna putih.

Namun pada bagian sayap memiliki warna abu-abu kebiruan dan pada ujung serta kepalanya berwarna hitam. Burung Lovebird slaty ini juga memiliki paruh yang berwarna putih, mata hitam dan lingkaran sekitar mata yang putih.

2. Lovebird Misty

Lovebird Misty

Nama burung ini berasal dari bahasa inggris yang berarti kabut, sama dengan bulu yang dimilikinya yang menyerupai kabut. Burung ini termasuk dalam salah satu ras hasil mutasi genetik yang menghasilkan warna bulu yang unik.

Warna bulunya terlihat lusuh namun terkadang kita bisa melihat ada pancaran efek kemerahan ketika terkena sinar matahari atau cahaya. Warna dasar burung Lovebird jenis ini umumnya berwarna kuning mengkilap dengan kepala dan juga ekor yang berwarna hitam.

3. Lovebird Pale Fallow

Lovebird Pale Fallow

Jenis burung ini merupakan hasil mutasi antara ras Albino dengan Latino. Meski memiliki gen Albino, kuku dan paruhnya memiliki warna kuning yang terang, dan mata dari Lovebird pale fallow ini juga berwarna merah cerah.

Ini sangat cocok dipelihara oleh para penyuka style anggun. Burung yang tubuhnya di penuhi warna putih ini memiliki sayap dengan warna biru, abu-abu dan kuning agak pudar.

4. Lovebird import Holland dan Taiwan

Lovebird import Holland dan Taiwan

Ini merupakan salah satu jenis burung Lovebird impor dari Belanda dan Taiwan. Badan Lovebird jenis ini memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan jenis lainnya. memiliki warna yang lebih mengkilat, bersih, dan cerah. Memiliki tubuh dengan bulu yang berwarna hijau, kepala merah atau hitam dan leher yang berwarna kuning.

5. Lovebird Euwing

Lovebird Euwing

Jenis ini merupakan burung Lovebird yang pertama kali ditemukan oleh peternak asal belanda. Burung ini merupakan perkawinan silang dari Lovebird hijau standar dengan lutina. Sayap, dan ekor yang dimiliki jenis Lovebird Euwing ini berwarna hitam dan kuning.

6. Lovebird Dakori

Lovebird Dakori

Sama dengan jenis Dakocan, dakori memiliki warna dasar hijau dan memiliki dada berwarna kuning. Yang membedakannya antara dakocan dengan jenis yang ini adalah warna kuning pada jenis dakori lebih bersih dan tidak memiliki efek warna orange.

Paruh pada Dakori berwarna merah dan pada bagian kepalanya terdapat tudung hitam dengan mata berbentuk bulat berwarna hitam dan berkaca mata putih. Jenis ini merupakan salah satu jenis yang paling disukai dan favorit para penggemar burung Lovebird.

7. Lovebird Dakocan

Lovebird Dakocan

Jenis Lovebird yang satu ini memiliki warna dominan sayap dan tubuh yang berwarna hijau dengan lehernya yang berwarna orange. Ada juga yang lebih dominan pada warna biru dengan leher yang berwarna putih, dan memiliki tudung berwarna hitam dengan mata yang memiliki lingkaran putih.

Jenis Lovebird yang satu ini memiliki sifat yang sensitive, namun juga ramah dan sangat suka hidup berkelompok.

8. Lovebird Merah

Lovebird Merah

Untuk jenis Lovebird yang satu ini memiliki ciri-ciri seluruh tubuh yang berwarna merah agak orange, dan pada beberapa ekor dan punggung memiliki gradasi warna kuning yang lembut. Sedangkan pada ujung sayap ada warna varian yaitu putih. Lovebird ini merupakan salah satu Lovebird yang jarang ditemukan.

9. Lovebird Olive

Lovebird Olive

Lovebird yang satu ini memiliki warna perpaduan bulu antara hijau gelap dengan kuning. Pada bagian sayap dan punggung berwarna hijau gelap dan pada ujung sayap serta ekor berwarna hitam. Sedangkan warna kuning mengalung pada leser dengan tudung kepala berwarna hitam.

10. Lovebird Batman

Lovebird Batman

Lovebird ini memiliki ciri khusus yang tidak dimiliki burung Lovebird jenis lainnya. burung ini memiliki ciri khas sayap dan tudung kepala berwarna hitam pekat.Dan pada bagian tubuh di bawah sayap berwarna abu-abu.

Terlihat lebih misterius karena warnanya yang gelap namun tetap menarik hati.Bagian matanya berbentuk bulat hitam dengan kacamata putih dan paruh melengkung berwarna putih kekuningan.

11. Lovebird Violet

Lovebird Violet

Lovebird ini memiliki ciri yang sama dengan jenis biru cobalt dan juga biru mangsi, bedanya jenis ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan yang lainnya. Jenis ini memiliki ciri khas dengan tubuh dan sayap yang berwarna biru gelap sama seperti namanya Violet. Dan memiliki warna leher dan dada berwarna putih.

12. Lovebird Biru Cobalt

Lovebird Biru Cobalt

Ras burung jenis ini memiliki bulu yang berwarna Biru Tosca, seperti warna cerahnya langit. Varian jenis burung ini yang sering ditemui adalah Cobalt personata dengan Cobal Fischeri.

Jenis ini memiliki leher, dada dan paruh yang berwarna putih dengan tudung kepala yang berwarna hitam pekat atau gradasi. Sedangkan pada ujung sayapnya terdapat warna hitam.

Itulah macam-macam jenis lovebird yang bisa anda temui. Selain itu, masih ada banyak lagi jenis lovebird lainnya yang bisa anda jadikan peliharaan seperti Lovebird Blorok, Lovebird Pastel, Lovebird Australian Cinnamon, Lovebird Lutino, Lovebird muka merah dan masih banyak lagi.

Tentunya dengan harga yang juga berbeda-beda.  Tak hanya itu, burung Lovebird juga dapat diternakkan. Bahkan sudah banyak pecinta burung yang berhasil mempelajari cara ternak lovebird melalui situs-situs burung di internet seperti Pengicau.Net dan situs lainnya.

Burung yang satu ini bisa dijadikan lahan usaha yang sangat menguntungkan. Pasalnya harga yang dibanderol untuk satu burung sangat berbeda-beda. Mulai dari ratusan ribu untuk yang jenis umum dan jutaan bahkan puluhan untuk yang jarang ditemukan. Bahkan masih anakannya pun terkadang adanya yang dijual hingga jutaan.

Itulah jenis-jenis burung lovebird yang dapat kami bahas pada pertemuan hari ini. Jika ada salah dalam penulisan kata atau kata-kata yang tidak benar, silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang tersedia agar segera kami perbaiki.

Dan jangan lupa untuk mengunjungi website kami di lain waktu agar selalu mendapat informasi terbaru seputar burung kicau dan burung peliharaan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *