Kucing Himalaya: Karakteristik, Perawatan dan Harganya

Kucing Himalaya adalah salah satu ras kucing paling populer di dunia. Hasil persilangan antara kucing Persia dan Siam, jenis ini memiliki daya tarik tersendiri yang mampu memikat hati para pecinta kucing.

Trah kucing Siberia dikenal dengan mata birunya yang besar dan menakjubkan.

Kucing Himalaya adalah spesies kucing yang memiliki bulu tebal dan panjang. Ini memiliki wajah dan kaki putih dan bintik-bintik hitam di seluruh.

Kucing ini sangat cocok untuk dipelihara di rumah. Tapi, kucing Himalaya adalah jenis khusus yang lebih suka tinggal di dalam atau di tempat yang tenang.

Sejarah Kucing Himalaya

Kucing Himalaya adalah jenis kucing yang terkenal di seluruh dunia. Ia memiliki bulu yang sangat cantik dan postur tubuh yang indah. Kucing ini sangat cocok untuk dipelihara oleh pecinta kucing.

Banyak orang yang tidak mengetahui dari mana asal kucing siam, sehingga mereka menduga kucing tersebut berasal dari Himalaya. Persepsi ini cukup beralasan karena kucing ini memiliki bulu yang cenderung lebat.

Kucing Savannah adalah kucing hibrida. Ini adalah hasil persilangan kucing persia dengan kucing siam. Kucing Savannah bukanlah spesies alami, melainkan produk campur tangan manusia selama ratusan tahun.

Seekor kucing Himalaya bernama Newton’s Debutante dibiakkan pada tahun 1930-an. Seorang peneliti Harvard Medical School bernama Clyde Keeler melakukan uji coba dengan pemiliknya, Virginia Cobb, yang merupakan seorang peternak. Ia mencoba membuktikan bahwa kucing Himalaya jantan bisa didapatkan.

Kucing adalah produk dari metode kawin silang yang telah digunakan selama beberapa tahun. Kucing ini menunjukkan nilai perkawinan silang.

Banyak peneliti kucing berpendapat bahwa sejarah ras kucing ini berlangsung selama ratusan tahun. Namun, bukti nyata hanya dapat ditemukan pada 1950-an, ketika negara-negara seperti Prancis dan Inggris mulai mencatat apa yang mereka anggap sebagai ras baru.

Kucing Himalaya awalnya diklasifikasikan sebagai kucing Persia, tetapi hari ini kucing Persia dan Himalaya diakui sebagai ras yang terpisah. Kita dapat berterima kasih kepada seorang peternak bernama Ann Baker (yang juga mengembangkan breed Siam) untuk itu. Dia memperhatikan kesamaan kucing dan memutuskan untuk memberi mereka klasifikasi mereka sendiri.

Dinamakan karena kucing ini dianggap sebagai varian dari kucing Persia. Namun perbedaannya terletak pada warna bulunya, yang membentuk pola yang dikenal sebagai titik warna.

Baru pada tahun 1957 Asosiasi Pemelihara Kucing mengakui kucing yang dikenal sebagai Persia dan Himalaya sebagai dua ras yang berbeda. Sementara itu, pada tahun yang sama, The International Cat Association masih mengklasifikasikan kucing Himalaya sebagai varian lain dari kelompok kucing Persia.

Hingga saat ini, banyak organisasi menganggap Persia dan Himalaya sebagai ras yang sama. Mereka sulit dibedakan karena penampilan fisiknya. Saat pertama kali dikembangkan, orang menganggapnya sebagai variasi warna baru dari kucing Persia.

Ciri-ciri Kucing Himalaya

Kucing Himalaya adalah salah satu ras kucing Persia. Himalaya memiliki tampilan yang unik karena memiliki campuran sifat Persia dan Siam yang merata.

1. Bentuk Tubuh

Ciri-ciri fisik spesies kucing ini ditentukan oleh postur tubuhnya. Ini adalah kucing bertubuh besar dan kuat dengan berat rata-rata 4 kg hingga 6 kg.

Meskipun tubuhnya besar, kucing ini memiliki kaki yang pendek dan kaki yang besar. Hasil akhirnya adalah kumpulan kegembiraan yang lucu dan berbulu.

Kucing siam umumnya memiliki tubuh yang bulat, seperti kucing persia. Namun ada juga kemungkinan memiliki tubuh yang ramping dan anggun dari sifat kucing siam.

2. Bentuk Kepala

Persia Himalaya memiliki bentuk kepala yang cenderung bulat dan meruncing seperti berlian. Bagian paling mencolok dari wajahnya adalah hidungnya yang pesek.

Hidung pesek diklasifikasikan menjadi 2 jenis. Untuk wajah boneka, Anda memiliki hidung yang cukup pesek jika dilihat dari samping. Untuk wajah ultra, ia memiliki hidung pesek yang lebih lebar dan bulat jika dilihat dari depan.

Sementara itu, tipe Himalaya memiliki wajah berhidung pesek. Oleh karena itu, sangat wajar jika kucing ini terlihat datar jika dilihat dari samping.

3. Bulu

Titik warna adalah pola gelap dan terkonsentrasi pada bulu kucing Persia Himalaya. Titik warna membuat wajah kucing ini tampak memiliki gradasi warna yang unik.

Kucing dengan pewarnaan di telinga, bagian tengah wajah, ekor, dan kakinya disebut kucing titik warna.

Tekstur bulu kucing Himalaya mirip dengan kucing Persia. Kucing memiliki tekstur yang kuat dan halus, yang membuat kucing terlihat elegan.

Kucing Persia membutuhkan perawatan yang unik. Panjang bulu ini dua kali lipat dari kebanyakan hewan, sehingga harus dirawat dengan alat khusus agar tetap sehat.

4. Sifat

Kucing ini baik dan mudah bergaul. Mereka dapat berinteraksi dengan siapa saja, termasuk orang yang baru mereka kenal.

Meskipun mereka tampak agak tenang, mereka juga sangat ceria dan energik.

Karena sifatnya, kucing ini menjadi pilihan terbaik bagi orang-orang yang menginginkan hewan peliharaan di rumah.

5. Kesehatan

Secara umum, kondisi kesehatan Persia Himalaya cukup baik. Kucing ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sehingga merupakan ras yang tidak mudah terserang penyakit.

Namun, Anda harus tahu bahwa kucing jenis ini rentan terhadap penyakit yang berpotensi diturunkan dari ras Persia yang disebut penyakit ginjal polikistik. Ini adalah kista di ginjal yang dapat menyebabkan gagal ginjal dan akhirnya kematian.

Karakteristik Kucing Himalaya

Kucing Himalaya adalah kucing yang mandiri, santai, dan agak malas. Ciri-ciri ini mirip dengan kucing Persia. Jenis kucing ini umumnya manja dan bisa sedikit menuntut.

Alasan mengapa kucing memiliki kesetiaan yang luar biasa kepada tuannya adalah karena sifatnya yang manja. Jika seekor kucing bersama tuannya, maka ia akan sangat senang digendong atau dibelai.

Kucing Sphynx dikenal pendiam dan suka meringkuk. Mereka tidak membutuhkan banyak olahraga, tetapi mereka suka bermain dengan mainan sepanjang hari.

Selain itu, mereka juga memiliki kecenderungan untuk tetap tenang meski berada di sekitar orang baru. Bahkan jika anak-anak mengajaknya berinteraksi seperti petting, maka kucing ini akan terlihat begitu tenang dan menikmatinya.

Kucing Himalaya biasanya sangat ramah dengan anak-anak. Namun, mereka tidak nyaman dengan cara anak-anak memasang aksesori dan mendandaninya. Ini bisa sangat membuat frustrasi bagi kucing, terutama ketika anak masih kecil.

Persia Himalaya sangat populer karena sangat tenang. Kucing ini umumnya tidak memanjat sofa atau gorden. Kucing yang populer sangat cocok untuk orang yang menginginkan hewan peliharaan yang perawatannya lebih rendah.

Karena kucing memiliki kaki yang lebih pendek daripada anjing, mereka lebih cenderung tinggal di furnitur yang dekat.

Beberapa ras kucing akan menggaruk furnitur untuk mengasah cakarnya. Tapi persia Himalaya berbeda; mereka selalu manis dan patuh.

Kucing Himalaya, yang dikenal dengan kepribadiannya yang pendiam, membutuhkan lingkungan rumah yang tenang. Tidak suka suara bising. Ini terutama mencakup suara desibel tinggi seperti yang dihasilkan oleh mobil, sepeda motor, atau kendaraan lain.

Dalam hal berkomunikasi, kucing pandai memberi tahu manusia bahwa mereka menginginkan makanan atau perhatian. Mereka biasanya akan mengeong lembut di dekat Anda dan menggosok tubuh mereka saat melakukannya.

Cara Merawat Kucing Himalaya

Rata-rata kucing Himalaya dapat hidup hingga usia 8 hingga 11 tahun. Namun, ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan jika ingin kesehatan kucing ini selalu dalam kondisi terbaik dan terlama.

Yang terpenting kucing ini tetap aktif, agar kucing tidak mengalami obesitas. Asupan nutrisi dalam makanan kucing harus diperhatikan untuk mencegah kerontokan bulu di tubuhnya.

Kotak kotoran yang kotor berarti rumah tangga yang kotor. Jika kucing Anda menggunakan kotak pasir dan pasirnya mulai sangat kotor, segera ganti.

Kucing adalah hewan yang sangat bersih dan mereka sangat rewel tentang kebiasaan kamar mandi mereka. Mereka tidak pernah mau duduk di kotak kotoran yang kotor. Jika Anda tidak menjaga kebersihan kotak kotorannya, mereka akan berhenti menggunakannya.

Bulu kucing siam sebenarnya cukup mudah perawatannya. Namun Anda harus lebih memperhatikan tekstur bulunya.

Untuk menjaga kebersihan bulunya, Anda harus menyikat dan menyisirnya secara teratur. Gunakan sisir stainless steel untuk mencegah kusut.

Kucing Himalaya sangat istimewa karena sangat berbulu. Tetapi jika Anda tidak memandikannya, itu bisa menyebabkan kutu dan kusut. Jadi Anda harus memandikannya minimal sebulan sekali.

Beberapa kucing perlu dirawat seminggu sekali. Mata dan telinga mereka adalah dua bagian paling kotor dari tubuh mereka.

Untuk menghilangkan kotoran dari kucing Anda, disarankan untuk menggunakan kapas dan air. Jika kucing sangat kotor, Anda juga bisa menggunakan baby oil.

Kucing Persia Himalaya kami memiliki gigi juga. (Ya! Mereka melakukannya!) Cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan pasta gigi hewan peliharaan. Perlu juga dicatat bahwa kucing kita lebih suka tinggal di tempat yang sejuk. Jika suhu terlalu panas, kucing kita bisa stres dan bahkan mati.

Tips Mengadopsi Kucing Himalaya

Jika Anda tertarik untuk mengadopsi kucing himalaya, tentunya Anda bisa mengunjungi pet shop terdekat dari rumah Anda. Namun saat ingin mengadopsi kucing, Anda juga harus memperhatikan beberapa poin penting.

Mengadopsi persia Himalaya jelas bukan tugas yang mudah. Jika Anda berpikir bahwa Anda dapat dengan mudah mengambil kucing lucu dari jalan dan membawanya pulang, maka Anda salah besar. Anda harus memahami apa yang membuat kucing baik untuk diadopsi. Ini adalah hal yang perlu kamu lakukan:

1. Mengadopsi Kucing Secara Legal

Untuk mengadopsi kucing Himalaya, Anda tidak boleh mendekati orang asing di sudut jalan. Ini karena ada standar hukum untuk toko hewan peliharaan yang mengharuskan mereka merawat hewan yang mereka jual.

Jika Anda memiliki toko hewan peliharaan, penting untuk memastikan bahwa semua hewan Anda sehat. Bahkan ketika kucing dan anjing berasal dari peternak, mereka harus dalam kondisi yang baik. Untuk memastikan bahwa Anda melakukan semuanya dengan buku, Anda harus melihat sertifikat mereka. Mereka akan memberi tahu Anda tentang garis keturunan hewan dan masalah kesehatan potensial yang mereka alami di masa lalu.

2. Pastikan Kesehatan Kucing

Sebelum mengadopsi kucing, Anda harus mengetahui riwayat kesehatannya. Pastikan telah divaksinasi dengan benar. Mintalah sertifikat imunisasi kucing Anda dari pemilik atau toko hewan peliharaan sebelumnya.

Ketika Anda mengadopsi kucing, Anda ingin tahu bahwa kucing itu sehat. Tapi informasi apa yang Anda dapatkan? Anda tidak dapat mengetahui apakah kucing sakit dari foto. Untuk melihat gejala penyakit, gunakan data kesehatan masing-masing hewan peliharaan. Alat ini memungkinkan Anda untuk melihat semua catatan medis, dan Anda akan dapat mengetahui langkah-langkah terbaik untuk merawat hewan Anda.

3. Pahami Harga Pasar

Kucing Persia Himalaya datang dalam berbagai warna. Beberapa orang menginginkan Persia Himalaya ras, tetapi yang lain lebih suka mengadopsi kucing ras campuran. Seekor Persia Himalaya ras dapat berharga mulai dari 1 hingga 3 juta.

Ada kucing Himalaya langka yang pernah meraih penghargaan dalam acara cat show. Ini tentu saja kabar baik untuk nilai kucing.

4. Pahami Tentang Makanan

Sebagian besar kucing memakan jenis makanan tertentu, tetapi Anda harus bertanya kepada pemilik kucing apa yang biasanya ia makan.

Jika Anda mengubah pola makan kucing dengan cepat, mungkin ada beberapa masalah pencernaan yang akan muncul.

Anda mungkin mengira kucing persia Himalaya makan makanan yang sama dengan kucing lainnya. Tetapi persia Himalaya, seperti kucing lainnya, memiliki diet khusus tergantung pada usia mereka atau jenis makanan yang mereka sukai. Misalnya, makanan kucing Himalaya muda berbeda dengan persia Himalaya dewasa. Untuk membeli makanan yang cocok untuk kucing Anda, Anda bisa pergi ke toko hewan peliharaan atau toko hewan peliharaan.

5. Pastikan Dokumen Adopsi

Saat mengadopsi kucing, hal terakhir yang perlu Anda khawatirkan adalah dokumen. Selalu pastikan Anda memiliki kuitansi dan surat adopsi sebelum menyelesaikan pembelian.

Jika Anda membeli Himalaya, Anda harus memiliki kontrak tertulis. Ini karena beberapa orang tidak bertanggung jawab. Mereka mungkin menipu Anda dan mencuri kucing Anda. Jika seseorang mencuri salah satu kucing Anda, itu sangat menyedihkan.

Harga Kucing Himalaya

JenisUmurHarga
Kucing Himalaya Asli3 BulanRp 1.500.000 – Rp 3.000.000
Kucing Himalaya Indukan1 TahunRp1.200.000
Kucing Himalaya Kitten3 BulanRp 300.000 – Rp 2.000.000
Breed Quality6 BulanRp7.000.000 – Rp10.000.000
Top Quality6 BulanRp15.000.000 – Rp25.000.000

Baca Juga : Daftar Harga Kucing Anggora

Jadi sekarang Anda tahu semua yang perlu Anda ketahui tentang merawat kucing Persia Himalaya. Namun sebelum Anda membaca ini, penting untuk diketahui bahwa kucing Persia Himalaya adalah jenis kucing yang tidak bisa dirawat sama seperti kucing lainnya.

Jika Anda mempertimbangkan untuk mengadopsi kucing Himalaya, Anda harus siap. Ia akan tumbuh menjadi kucing yang kuat dan sehat jika Anda memberinya perawatan yang tepat. Dengan menyiapkan barang-barang berikut, kucing Himalaya Anda akan memiliki kesempatan terbaik untuk hidup panjang umur dan bahagia.

Tinggalkan komentar