Makanan Burung Merpati Balap

Jenis Makanan Burung Merpati Balap dan Juara

Makanan Burung Merpati Balap – Burung merpati merupakan salah satu jenis burung yang banyak tersebar di wilayah Indonesia. Burung ini memiliki nama lain yaitu burung, sebenarnya ada perbedaan antara kedua nama tersebut. Sedangkan perbedaannya adalah burung merpati digunakan untuk sebutan spesies besar, sedangkan burung dara digunakan untuk sebutan spesies kecil.

Namun sebagian besar orang-orang tidak menerapkan sebutan nama burung ini sesuai dengan spesiesnya. Burung merpati dan burung dara tergolong dalam keluarga yang sama yaitu Columbidae, atau burung dengan merpati lengkap Ordo Columbiformes. Dan pada zaman dulu burung merpati telah dibor lalu dibuat sebagai burung pengirim surat atau disebut merpati pos.

Burung merpati termasuk jenis burung yang digemari untuk pelihara dan pelombakan. Selain di perlombakan ternyata burung merpati juga bisa dimakan dagingnya. Karena burung merpati ini memiliki badan yang gempal, dengan leher yang pendek, serta pinggul ramping. Burung merpati memiliki 3 jenis yaitu, merpati hias, merpati pos, dan merpati konsumsi.

Bagi Anda yang membutuhkan burung di rumah harus memiliki kemampuan merawat burung yang baik dan benar. Seperti yang telah Anda ketahui tentang perawatan burung yang harus diatasi adalah jenis makanan dan kebersihan, baik itu kebersihan sangkar atau kebersihan burung. Dan berilah burung yang cocok untukmu.

Jenis Makanan Burung Merpati

Sebenarnya pakan untuk semua jenis burung sama, yang berbeda cara perawatan dan suara burung tersebut. Bagi pemilik burung merpati di rumah, bisa memberi makan biji-bijian. Biji-bijian termasuk jenis makanan yang diminta oleh burung merpati, adapun jenis biji-bijian itu sangat banyak sekali. Berikut ini adalah jenis makanan untuk burung yang perlu Anda minta.

1. Biji Sawi

Biji sawi memiliki bentuk besar berwarna hitam keunguan dan besar kecilnya sama seperti biji ketumbar. Biji sawi biasa digunakan untuk pengobatan alternatif atau tradisional. Dan di dalam biji sawi mengandung nutrisi yang lebih banyak, sehingga dapat bermanfaat bagi burung merpati. Manfaat biji sawi menjadi sumber nutrisi, menghangatkan tubuh burung pada musim dingin atau musim hujan, memelihara kesehatan burung, dan menguatkan tulang-tulang burung.

2. Kacang Tanah

Kandungan yang mengandung kacang tanah mengandung banyak, zat besi, protein, fosfor, magnesium, lemak, vitamin A, B, C, D, E dan K kompleks. Jika burung merpati diberi makan kacang tanah maka akan mendapat energi yang sangat tinggi, sebab kandungan yang ada di dalam kacang tanah. Dan kompilasi kacang tanah di rumah sakit tetap. Maka merpati akan mendapatkan nilai gizi dan nutrisi yang tinggi dari biji kacang tanah.

3. Ketan Hitam

Didalamnya ketan hitam terkandung karbohidrat utama yang disebut amilopektin. Ketan hitam termasuk jenis beras yang berwarna hitam, disebut ketan karena beras berwarna hitam ini memiliki perekat yang sangat tinggi. Selain itu ketan hitam juga dapat dijadikan sumber energi. Sedangkan Manfaat ketan hitam untuk burung merpati adalah dapat menghangatkan suhu tubuh pada saat musim hujan atau musim dingin, menjaga kesehatan kulit secara alami, menyuburkan bulu dan mempertahankan daya tahan tubuh.

4. Kacang Hijau

Kacang hijau menjadi salah satu jenis makanan burung merpati karena dipercaya kacang hijau memiliki cadangan yang sangat baik. Dan khasiat yang diperoleh untuk merpati jika dikonsumsi kacang hijau adalah untuk menambah nutrisi merpati, memulihkan sel otot merpati, mencegah perbaikan pencernaan pada merpati, membuat merpati semakin berstamina tinggi dan kuat, juga dapat mendukung kesembuhan jika burung merpati terserang penyakit.

5. Sayur-sayuran

Selain biji-bijian, Anda juga dapat memberi pakan merpati yang mengandung sayuran hijau. Namun jangan telalu sering memberi sayuran pada burung merpati, cukup sekali saja. Dan kompilasi sayuran di merpati jangan yang masih utuh, dibuang kecil-kecil dulu. Sayuran yang biasa digunakan sebagai pakan burung merpati salah satunya adalah wortel, wortel yang memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan adalah vitamin (A, B1, B3, B6, B9 dan C), zat besi, kalsium, natrium, kalium, dan fosfor.

Untuk itu wortel dirancang bermanfaat untuk kesehatan dan cocok sekali dijadikan sebagai makanan tambahan merpati. Sementara Manfaat wortel dapat membantu kesehatan organ tubuh, membuat penglihatan burung semakin meningkat, dan mempercantik atau mempercerah warna bulu pada burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *