12 Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Ikan cupang dikenal pilih-pilih soal makanan. Namun, ada banyak jenis makanan cupang di pasaran yang bisa Anda padukan dengan makanan ikan cupang segar lainnya untuk memberikan nutrisi yang lebih lengkap untuk Cupang kesayangan Anda.

Dengan pola makan yang sehat, ikan Cupang tidak hanya menjadi lebih sehat, tetapi warna ikan Cupang juga akan terlihat lebih cerah dan indah, terutama bagi kamu yang memelihara ikan Cupang sebagai hewan peliharaan.

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Mawar

Makanan Ikan Cupang Terbaik

Ingin ikan cupang terlihat lebih hidup dan sehat? Berikut beberapa makanan alami yang bisa diberikan kepada Cupang untuk menambah nutrisi.

1. Jentik Nyamuk

Salah satu makanan yang paling umum untuk ikan cupang adalah jentik nyamuk. Tidak hanya mudah ditemukan, jentik nyamuk juga bisa menjadi makanan yang baik untuk ikan cupang Anda, sehingga mereka bisa tumbuh sehat dan kuat.

Makanan ini kaya akan protein sehingga cocok untuk ikan cupang juvenil yang masih dalam masa pertumbuhan.

Untuk menangkap jentik nyamuk, kamu harus meletakkan botol plastik bekas berisi air yang berlubang dan meletakkannya di tempat gelap di dekat wastafel. Tunggu beberapa hari hingga jentik nyamuk mulai muncul.

Jika Anda tidak ingin membuat Cupang, Anda bisa membelinya di pasar ikan dengan harga yang murah.

2. Cacing Darah

Cacing darah atau “bloody worm” yang terkenal dengan warna merah menyalanya ini merupakan makanan selanjutnya bagi ikan cupang.

Meski bergizi, protein dari cacing darah mungkin tidak setinggi jenis makanan ikan lainnya. Namun makanan ikan jenis ini dipercaya dapat menghasilkan warna yang lebih indah pada ikan hias.

Jadi, tidak ada salahnya menggunakan cacing darah sebagai salah satu alternatif pakan ikan cupang favorit Anda.

3. Cacing Sutra

Selain cacing merah, ada juga cacing rambut atau biasa disebut dengan cacing rambut. Mereka dapat berfungsi sebagai makanan untuk ikan akuarium. Cacing jenis ini sering ditemukan di air kotor seperti parit.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tidak perlu kotor untuk mendapatkan makanan ikan ini. Cacing ini bisa ditemukan dengan mudah di toko ikan atau dibeli secara online.

4. Microworms

Makanan alami untuk bayi ikan cupang adalah Microworms. Disebut Microworm karena ukuran worm yang sangat kecil. Karena ukurannya yang kecil, Microworms sangat cocok dimakan oleh bayi ikan cupang.

Membuat cacing microworms menjadi makanan Cupang tidaklah sulit. Anda hanya perlu membeli microworms dari penjual hiasan ikan, dan memasukkannya ke dalam tangki Cupang. Kemudian, Anda menaruh beberapa remah roti basah dan membiarkannya tumbuh sendiri.

5. Kutu Air

Cupang bukan hanya sekedar microworm. Alternatif lain untuk pakan ikan cupang adalah kutu air. Kandungan gizi makanan ikan cupang sangat baik untuk menjaga kekuatan ikan cupang dan membantu cupang memiliki warna yang lebih indah bercahaya.

Meskipun kandungan lemaknya rendah, kamu harus mencampurnya dengan pakan lain untuk membantu Cupang tumbuh dengan baik.

6. Kuning Telur

Makanan ikan cupang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Telur kuning kaya akan protein. Jika Anda ingin memberi makan ikan Cupang, Anda bisa merebus atau merendam kuning telur terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada ikan Cupang.

Di tangki ikan Cupang, pastikan untuk tidak memberikan sisa makanan terlalu banyak dan terlalu sering. Sisa pakan ikan cupang dapat mengotori tangki ikan cupang dan membahayakan kesehatannya..

7. Burayak Guppy

Ikan guppy merupakan salah satu ikan yang paling cepat dan mudah berkembang biak. Bayi ikan guppy sendiri bisa dijadikan pakan ikan hias seperti Cichlid.

Memberi makan gurami raksasa sangat populer. Mengapa? Karena memiliki nilai gizi untuk mempercepat dan mengoptimalkan pertumbuhan ikan gurami raksasa.

8. Lalat

Selain nutrisinya yang tinggi, udang mantis adalah pilihan tepat untuk memberi makan ikan Anda. Ini mengandung berbagai macam nutrisi, yang penting untuk udang mantis.

Namun, Anda tidak boleh memberi terlalu banyak kutu pada ikan cupang. Cara membuat makanan ini dengan ikan cupang adalah dengan terlebih dahulu membuang kepala kutu sebelum diberi makan.

9. Artemia

Artemia adalah udang kecil yang hidup di laut, dan juga dikenal sebagai udang air asin. Karena ukurannya yang kecil dan kandungan gizinya yang tinggi, sering dijadikan makanan berbagai jenis ikan, termasuk Redtail Catfish.

Makanan ikan cupang kaya akan protein, menjadikannya sumber nutrisi yang baik untuk cupang remaja.

Anda harus memastikan untuk membilas garam dari Artemia sebelum memberikannya kepada ikan Cupang. Ini akan membantu meminimalkan asupan garam ikan dan menjaga keseimbangan yang sehat.

10. Vinegar Eel

Vinegar Eel adalah sejenis belut, tetapi ukurannya sangat kecil dibandingkan dengan kebanyakan jenis belut lainnya. Ia sangat kecil sehingga sulit dilihat dengan mata telanjang.

Untuk Cupang ini, makanan alami ini sangat cocok menjadi makanan utama ikan apapun, termasuk Cupang.

11. Infusoria

Infusoria merupakan pakan alami ikan mas yang populer sebagai pakan ikan mas muda. Invertebrata ini, yang hidup di air, sangat ideal sebagai makanan untuk benih dan ikan mas dewasa.

Untuk mendapatkan persediaan Infusoria sendiri, Anda bisa menanamnya di rumah menggunakan roti tua berjamur atau apel busuk.

Rumput laut dan serbuk gergaji direbus dan ditekan sampai cairannya diekstraksi. Campur cairan ini dengan air dari akuarium dan cangkang rumput laut dan serbuk gergaji yang ditekan.

Setelah beristirahat selama tiga hari di tempat yang sejuk, akan muncul makhluk-makhluk kecil yang terlihat seperti ingus putih. Ini adalah Infusoria. Segera berikan ini kepada ikan Cupang karena Infusoria hanya bisa bertahan selama seminggu.

Memberi makan makanan bergizi tinggi untuk ikan Cupang Anda adalah penting. Namun, Anda juga harus memastikan bahwa mereka menerima nutrisi yang tepat dari makanan mereka yang lain.

12. Spirulina

Spirulina merupakan salah satu jenis ganggang hijau yang menjaga kesehatan dan warna ikan cupang. Namun, Anda tidak bisa begitu saja memberikan spirulina kepada ikan cupang karena ikan ini termasuk hewan karnivora.

Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu cara pembuatan pakan ikan adalah dengan menambahkan jenis pakan lainnya. Spirulina terkadang juga dicampur dengan pelet makanan ikan.

Apakah Anda tahu di mana menemukan makanan Cupang berkualitas tinggi untuk ikan Anda? Jika Anda kesulitan menemukan makanan alami yang cukup untuk Cupang peliharaan Anda.

Tinggalkan komentar