Memilih Anakan Burung Perkutut

Cara Memilih Anakan Burung Perkutut Prospek Juara

Pengicau.Net – Memang burung perkutut tidak sepopuler seperti burung lainnya yang bisa di jadikan sebagai burung untuk lomba. Namun tidak semua orang tahu bahwa suara burung perkutut juga memiliki kicau yang sangatlah merdu. Tetapi anda juga perlu melakukan latihan khusus dalam bentuk mental secara ekstra agar dapat di pelihara di rumah ataupun bisa juga diajak untuk mengikuti berbagai kompetisi.

Ternyata burung perkutut untuk jenis anakan juara memang sangatlah dipengaruhi oleh kualitas indukannya. Untuk melatih kemampuan suara burung perkutut memang harus di imbangi dengan latihan fisiknya agar ketika lomba nanti menjadi sudah tidak kaget atau sudah beradaptasi dengan lingkungan tempat lombanya. Dengan begitu tentunya akan membuat hasil kicauan burung perkutut juga menjadi lebih maksimal.

Sebagai pecinta burung perkutut Anda harus bisa melatih dan memeliharanya dengan baik agar menjadi burung yang dapat mengikuti lomba, sehingga bisa dikatakan burung tersebut memiliki prestasi yang cukup tinggi dengan suara kicauannya yang sangat merdu dan lantang untuk menjadi juara dalam sebuah perlombaan.

Tips Memilih Anakan Burung Perkutut

Sudahkah Anda mengetahui bahwa suara burung perkutut itu dihasilkan dari suara indukannya yang tepat untuk diikutsertakan dalam sebuah perlombaan? Jika belum mengetahuinya maka ketahui cara menghasilkan suara burung perkutut untuk menjadi juara dalam sebuah perlombaan yang terdapat dalam uraian list di bawah ini.

1. Pemilihan Indukan Berkualitas

Ternyata hal pertama yang harus ditentukan sebelum memelihara burung perkutut dengan kualitas juara maka sebaiknya memilih bibit dari indukan yang berkualitas bagus, Anda bisa memilih indukan dari burung perkutut lokal maupun bangkok.

  • Indukan Burung Perkutut Lokal

Dalam memilih bibit perkutut juara Anda bisa membeli indukan lokal yang memiliki harga lebih murah. Tetapi ketahuilah bahwa burung perkutut lokal ini memang suaranya kurang keras dibandingkan dengan indukan F1 Bangkok. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memang harus menyilangkan burung perkutut lokal dengan bangkok.

Nah, ketahuilah bahwa burung perkutut lokal memang kurang bagus dibandingkan dengan burung perkutut tipe Bangkok. Apabila Anda memilihnya memang akan sangat mempengaruhi kualitas anakannya.

  • Indukan Burung Perkutut Bangkok

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa suara burung perkutut anakan sangatlah dipengaruhi oleh kualitas indukannya. Tentu saja apabila Anda memiliki burung perkutut F1 pastinya kualitas suaranya sangat bagus dan sangat ngeroll.

Tetapi, Anda memang harus memiliki budget cukup besar untuk membeli burung perkutut bangkok indukan. Jika tidak memiliki budget cukup besar maka Anda juga bisa memilih burung perkutut hasil perkawinan silang dari indukan perkutut lokal dan indukan perkutut bangkok.

2. Penjodohan

Setelah Anda memilih burung perkutut baik yang lokal maupun bangkok maka Anda bisa melakukan penjodohan agar dapat menghasilkan anakan burung perkutut yang memang juga memiliki kualitas berkicau sangat bagus. Pilihlah burung yang memang kualitas indukannya sangatlah bagus.

Mengapa demikian? tentunya suara burung perkutut yang bagus memang dihasilkan dari persilangan indukan yang juga kualitas suaranya bagus. Bahkan, apabila indukannya memiliki suara yang juara makan anakannya juga memiliki suara yang unggulan.

Dengan begitu apabila ingin memiliki burung perkutut dengan kualitas suara unggulan, maka bisa dilakukan dengan sistem penjodohan yang tepat kemudian lakukanlah perawatan sebaik mungkin.

3. Extra Fooding

Ternyata perawatan yang bagus juga dapat membuat kualitas suara burung perkutut dari anakan ataupun indukannya menjadi lebih berkualitas bagus. Oleh karena itu, sebaiknya jangan hanya memilih burung tipe lokal ataupun F1 tetapi juga harus di imbangi dengan memberikan extra fooding dari buah-buahan, kroto, voer, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *