Tips Memilih Layanan VPS Indonesia Terbaik

Sebuah hosting akan diperlukan untuk membangun sebuah website agar dapat diakses secara online melalui jaringan internet. Saat ini banyak layanan hosting untuk website, baik itu gratis maupun berbayar (premium).Jika hanya sekedar uji coba atau hanya ingin sekedar membuat website, memilih hosting gratis tidak jadi masalah. Namun jika ingin membuat website dengan serius, terlebih untuk web bisnis, maka sebaiknya menggunakan hosting premium. Lebih baik lagi memilih layanan VPS atau Virtual Private Server.

Pengertian VPS (Virtual Private Server)

VPS atau Virtual Private Server merupakan sebuah layanan hosting dengan menggunakan teknologi server virtualisasi dimana pada satu server fisik dibagi menjadi beberapa bagian virtual sever untuk digunakan oleh satu pengguna. Selain VPS, umumnya layanan hosting yang ada adalah Shared Hosting dan Dedicated Server.Dengan demikian, VPS merupakan layanan hosting di tengah antara Shared Hosting dengan Dedicated Server.

Oleh karena itu, layanan VPS Indonesia terbaik sudah menjadi pilihan tepat bagi orang yang ingin memiliki website namun dapat secara penuh melakukan konfigurasi, setting website sendiri seperti menginstall sistem operasi, aplikasi, file, dan lainnya.

Selain itu, untuk keamanan dan kestabilan server, VPS tentu lebih baik jika dibandingkan dengan memilih layanan shared hosting karena ruang (disk space) yang ada pada server akan dibagi untuk beberapa pengguna yang lain. Dengan demikian, jadi ada salah satu pengguna mengalami masalah, bisa berdampak kepada semua pengguna di layanan shared hosting tersebut.

Fungsi dan Cara Kerja VPS

Fungsi VPS (Virtual Private Server) secara umum adalah untuk menyediakan server virtual yang meniru fisik sebuah komputer server yang digunakan oleh beberapa pengguna. Beberapa fungsi dari VPS lainnya, antara lain:

1. Meningkatkan Traffic Website

VPS merupakan solusi yang tepat untuk website yang memiliki trafik cukup tinggi, serta mampu untuk meningkatkan dan menjaga performa website.

2. Web Hosting Skala Kecil

VPS dapat sebagai usaha jasa hosting skala kecil untuk pembuatan website atau web developer karena memiliki akses ke root server sehingga dapat leluasa untuk mengontrol berbagai website sesuai masing-masing kebutuhan yang ada.

3. File Hosting

Memiliki VPS memungkinkan untuk menyimpan file berukuran besar serta dapat diakses oleh orang lain.

4. Remote Desktop

VPS  memberikan akses penggunaan komputer server secara remote, sehingga memiliki kontrol penuh tanpa adanya batas lokasi.

5. Sebagai VPN

Beberapa penyedia layanan VPS bisa digunakan sebagai VPN (Virtual Private Network) atau jaringan private khusus.

6. Server Percobaan

Layanan VPS bisa membantu untuk keperluan testing aplikasi, sistem operasi atau framework.

Sedangkan cara kerja VPS sama dengan sebuah komputer server offline yaitu untuk menjalankan aplikasi dan menyimpan file maupun database. Namun yang membedakan komputer server VPS tersebut harus online 24 jam nonstop dan terhubung dengan jaringan internet.

Dengan demikian, jika ada pengguna internet mengakses website yang ada di server maka permintaan akan dikirimkan oleh browser ke server, kemudian server akan mengirimkan file yang dibutuhkan melalui internet.

Kelebihan VPS

Setelah mengetahui tentang pengertian dan cara kerja VPS hosting secara singkat, ada beberapa kelebihan pada layanan VPS ini, antara lain:

  • VPS lebih handal, aman dan cepat dibanding layanan shared hosting
  • Jaminan untuk resource server, seperti processing power maupun memori.
  • VPS memiliki akses root ke server sehingga dapat aplikasi sesuai keinginan.
  • Website yang menggunakan VPS tidak akan terganggu oleh pengguna server lainnya, sehingga kelancaran dan kestabilan website terjaga dengan baik.
  • Layanan VPS mudah di-scale seperti upgrade resource server (CPU) RAM, bandwidth, disk space dan lain sebagainya, untuk memaksimalkan kerja website menjadi lebih baik.
  • Harga Virtual Private Server lebih murah dibandingkan Dedicated Server

Beberapa jenis layanan Virtual Private Server yang umum dan dapat digunakan oleh pengguna, antara lain:

  1. Open Vz
  2. KVM (Kernel based Virtual Machine)
  3. HVM (Hardware Virtual Machine)
  4. Microsoft Hyper V

Tips Memilih VPS (Virtual Private Server)

Meskipun VPS lebih baik dibandingkan Shared Hosting, namun sebelum membeli layanan VPS terbaik harus memperhatikan beberapa parameter agar tidak kecewa di kemudian hari.Berikut ini beberapa sebelum membeli VPS yang perlu diketahui.

1. Dukungan Pelanggan 

Dukungan pelanggan untuk layanan VPS Indonesia terbaik sangat diperlukan. Seharusnya Customer Service tersedia 24 jam full agar jika terjadi masalah dapat dilayani dengan cepat kapan saja. Termasuk untuk mengetahui apakah layanan VPS yang diberikan Managed atau Unmanaged?

2. Harga VPS

Umumnya harga VPS lebih mahal dari shared hosting, namun lebih murah daripada Dedicated Server. Oleh karena itu, pertimbangkan harga VPS yang ditawarkan dengan fasilitas yang akan didapatkan. Jika perlu beli saat promo VPS

3. Keandalan dan Kinerja VPS

Memilih VPS terbaik itu penting dan salah satu parameter kinerja dan keandalan VPS adalah uptime servernya. Uptime minimal 99,5% dari sebuah server VPS relatif wajar, meskipun yang paling ideal adalah jaminan uptime 99,9%. Selain itu, hardware yang digunakan untuk VPS, apakah sudah yang terbaru dan terbaik untuk menunjang kerja website.

Salah satu rekomendasi memilih layanan VPS Indonesia adalah Niagahoster.Layanan paket VPS murah Niagahoster sangat cocok untuk kebutuhan bisnis dan rencana skalabilitas website. Banyaknya fitur untuk menunjang pengelolaan website yang terintegrasi dan praktis, sangat sesuai untuk keperluan website pribadi dan bisnis.Termasuk kontrol VPS yang fleksibilitas dalam satu dasbor sederhana. Dapatkan performa yang lebih optimal dan kesempatan untuk upgrade ke sumber daya yang lebih besar kapan saja!

Tinggalkan komentar