5 Jenis Obat Cacing Kucing Terbaik Untuk Peliharaanmu

Obat Cacing Kucing – Tidak hanya manusia, kucing juga bisa terkena cacingan. Padahal, ada banyak jenis cacing yang hidup di usus kucing.

Parasit cacing ini dapat hidup pada kucing dan anak kucing dewasa. Untuk mengatasinya, Anda harus memberikan obat cacing pada kucing. Sebagai referensi, berikut 5 obat cacingan kucing yang bisa Anda coba.

Obat Cacing Kucing Terbaik

Ada banyak cacing yang bisa menginfeksi usus kucing. Ada cacing tambang, cacing pita, cacing gelang, dan cacing cambuk, dan lain-lain.

Penularan dapat berasal dari berbagai penyebab. Makanan adalah sumber infeksi, dan dapat ditularkan dari ibu ke anaknya dalam kandungan. Hal ini juga dapat ditularkan oleh kutu atau kutu melalui kulit hewan.

Sebelum memberikan obat cacing kepada kucing Anda, Anda harus memastikan bahwa kucing Anda terkena cacingan. Berikut ini adalah ciri-ciri kucing cacingan yang perlu Anda ketahui.

  • Kucing terlihat kurus tapi perutnya buncit.
  • Sering muntah dengan cairan berwarna hijau (perut) yang banyak, tidak hanya hariball.
  • Tulang punggungnya menonjol.
  • Diare, bahkan darah atau cacing dalam tinja.
  • Lemah dan kurang nafsu makan.

Jika kucing persia Anda terlihat dan bertingkah sakit, tetapi Anda tidak yakin apakah masalahnya adalah cacingan atau pilek, inilah saatnya untuk mengunjungi dokter hewan.

Kucing harus diberi obat cacing secara teratur. Obat ini akan membuat mereka tetap sehat, bahkan jika mereka terlihat dan berperilaku baik.

Kucing dikenal sebagai makhluk paling lucu dan menggemaskan sepanjang masa. Namun, mereka juga dikenal sebagai picky eater. Banyak pemilik yang tidak menyadari bahwa kucing juga bisa terkena cacingan.

Cacingan dapat menyebabkan penyakit kucing seperti diare, muntah-muntah, bahkan kematian. Penting untuk memberi kucing Anda obat cacing yang aman dan efektif.

Ada beberapa obat cacing kucing yang dapat Anda beli tanpa resep di toko hewan peliharaan setempat.

1. Pet Derm Obat Cacing Kucing

Cacing dalam kucing memiliki berbagai macam jenis diantaranya cacing pita, cacing tambang, cacing gelang hingga cacing cambuk.

Obat cacing kucing berbentuk tablet dan bisa diberikan langsung ke kucing atau dicampur dengan makanan agar lebih mudah dikonsumsi. Obat ini mampu mengatasi berbagai jenis cacing parasit tersebut.

Apa kandungan aktif dalam obat cacingan kucing Pet Derm ini? Praziquantel mampu merusak kulit parasit, sehingga mudah dihancurkan oleh sistem imun kucing.

Pyramantel pamoate juga efektif untuk menghancurkan cacing tambang dan ascarids. Dan febantel aktif melawan semua parasit nematoda, termasuk cacing cambuk.

Dosis: 1 pil per 10 kg berat badan. Untuk hewan di bawah 2 kg, berikan 1/4 tablet. Jika berat 2 dan 5 kg, berikan setengah pil.

Hewan di atas 5 kg, berikan satu pil. Ulangi dosis dua minggu kemudian dan sekali lagi satu minggu kemudian.

Jika Anda ingin mencegah kutu, berikan obat kucing Anda setiap tiga bulan sekali. Untuk anak kucing, tunggu sampai berumur 4 minggu sebelum memberikan obat kutu.

Efek samping jarang terjadi, tetapi dapat menyebabkan kucing Anda muntah, kehilangan nafsu makan, atau diare.

2. Wormix Obat Cacing Kucing

Obat cacingan kucing biasanya berbentuk pil. Tetapi tablet biasanya lebih sulit diberikan (harus ditelan) dan tidak menyerap dengan baik ke dalam perut kucing.

Untuk mengatasi masalah ini, bentuk obat baru muncul di pasaran, jenis tetes. Cairan yang lebih sederhana dan lebih mudah diberikan ini dapat diberikan setiap 1 atau 2 bulan untuk mencegah cacingan.

Sementara itu, dapat diberikan kepada orang yang sakit parah selama 3 hari berturut-turut. Berikan 2-3 jam sebelum makan. Untuk dosis 0,5-1 kg (1 sdt), 2 kg (10 ml), 3 kg (20 ml), 4 kg (30 ml atau 1 botol).

3. ALBENWORM CAT Syrup

Ada dua jenis cacing alben. Versi sirup lebih mudah diberikan kepada kucing. Merupakan obat cacing spektrum luas, yang dapat membasmi berbagai jenis cacing, antara lain cacing pita, cacing hati, cacing paru, dan gilig.

Penting untuk mengetahui dosis yang tepat untuk kucing Anda. Jika kucing Anda dewasa, beri mereka 2,5 mililiter per 10 kilogram berat badannya.

Untuk anak kucing, beri mereka 1/2 sendok teh untuk setiap 5 kilogram berat badan mereka. Berikan dua kali sehari, dan ulangi dosis setiap 2-3 bulan.

Baca Juga : Trik Ampuh Menghilangkan Kutu Kucing

4. CATYYZOLE Drop

Catyzole adalah obat yang digunakan untuk membunuh cacing pita, cacing gelang, cacing tambang, cacing cambuk dan parasit lainnya pada kucing.

Cacing adalah masalah umum pada kucing. Namun, ada obat yang aman untuk membunuh semua jenis cacing. Berikan sebelum makan (2 jam) dan ulangi jika perlu. Sebagai pencegahan, Anda bisa memberikannya setiap 1-2 bulan sekali.

Tidak dianjurkan untuk kucing yang hamil di bawah 45 hari untuk mengambil produk. Dosis untuk berat badan adalah 3 kg (1/2 sendok teh), 6 kg (1 sendok teh) dan 12 kg (15 ml atau 1/2 botol).

5. Drontal Cat

Kucing adalah hewan peliharaan yang luar biasa, tetapi mereka juga dapat membawa parasit. Beberapa cacing ini dapat menyebabkan penyakit pada kucing.

Obat ini merupakan obat cacing kucing yang dapat menyembuhkan penyakit cacingan pada kucing seperti cacing pita, cacing tambang, dan cacing gelang. Selain itu, pil ini mengobati parasit jenis lain seperti cacing pita.

Berikan obat cacing kung Drontal kepada kucing sesuai dengan berat badannya. Untuk satu tablet, berikan kepada kucing yang beratnya 4 kilogram.

Jika beratnya 2 kilogram, maka berikan 1/2 tablet. Jika berat Anda 6 kilogram, berikan 1 tablet. Untuk anak kucing, berikan pada usia 6 minggu, 8 minggu, 10 minggu, dan 12 minggu.

Kemudian untuk pencegahan dewasa, berikan setiap 3 bulan sekali.

Jika Anda tidak yakin apakah kucing Anda menderita cacingan, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter hewan.

Namun, jika Anda yakin kucing Anda menderita cacingan, pastikan obat cacing yang Anda pilih sesuai dengan dosis atau aturan penggunaan kucing Anda.

Tinggalkan komentar