Perbedaan RAM dan ROM di Smartphone Android

Perbedaan RAM dan ROM – Teknologi smartphone berkembang sangat pesat. Tidak hanya kamera dan layar yang ditingkatkan, tetapi juga perangkat lunak dan perangkat kerasnya. Dengan pesatnya kemajuan teknologi ponsel, jangan sampai salah memilih smartphone murah dengan karakteristik kualitas rendah.

Sebelum Anda membeli ponsel pintar, penting bagi Anda untuk mengetahui spesifikasinya. Salah satu spesifikasi yang paling penting untuk diketahui adalah RAM dan ROM.

Sebenarnya, apa itu RAM dan ROM? Apa fungsinya dan bagaimana membedakannya?

Perbedaan RAM dan ROM

RAM dan ROM merupakan komponen penyimpan memori pada komputer. Keduanya memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda. Namun, keduanya memengaruhi kinerja perangkat.

Untuk penjelasan lebih detail, mari kita bahas RAM dan ROM di bawah ini.

Apa itu RAM?

Random Access Memory adalah memori jangka pendek telepon. Ini menangani penyimpanan data dari aplikasi atau program yang digunakan. RAM bekerja seperti hard drive, menyimpan informasi bahkan jika telepon dimatikan.

Dinamakan berdasarkan fungsinya, Random Access Memory menyimpan data yang dapat diakses secara acak dan kontennya dapat berubah kapan saja.

Data di RAM disimpan untuk sementara dan akan dihapus setelah catu daya terputus (misalnya, ketika baterai habis atau telepon dimatikan). Ini disebut memori volatil.

Jika smartphone memiliki lebih banyak RAM, kinerjanya akan meningkat saat menjalankan beberapa program secara bersamaan karena setiap aplikasi akan menghabiskan sebagian ruang di memori.

Semakin banyak aplikasi yang Anda gunakan, semakin banyak memori yang Anda butuhkan. Ketika memori Anda mencapai batasnya, aplikasi mulai menggunakan memori Anda secara bergantian, menyebabkan kinerja yang lamban. Oleh karena itu, ketika ukuran memori lebih besar, kinerjanya akan lebih cepat.

Pilihan RAM pada perangkat seluler sangat bervariasi. Pilihan seperti 2 GB, 4 GB, 6 GB, 8 GB, atau bahkan 12 GB. Ukuran RAM yang harus Anda pilih tergantung pada tujuan penggunaan ponsel Anda.

Jika Anda mencari perangkat game, RAM 4 GB sudah cukup untuk menjalankan game saat ini. Namun, jika Anda memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan, pilih perangkat RAM yang lebih tinggi untuk memberi Anda kinerja terbaik saat multitasking.

Apa itu ROM?

ROM adalah singkatan dari Read Only Memory. Ini lebih dikenal sebagai memori internal. ROM berfungsi untuk membaca dan menyimpan data permanen, yang sulit untuk diprogram ulang dan diubah.

Untuk lebih spesifiknya, ROM adalah penyimpanan yang Anda gunakan untuk menyimpan gambar, audio, dan dokumen yang mendukung sistem operasi dan aplikasi di ponsel Anda.

Tidak seperti RAM (random-access memory) yang ditenagai oleh listrik dan dapat hilang saat Anda mematikan komputer, ROM (read-only memory) menjaga data tetap utuh meskipun Anda tidak memiliki listrik. Ini berarti informasi akan selalu ada bahkan ketika komputer Anda crash atau kehabisan baterai.

Variasi pilihan ROM yang tersedia sangat besar dan berkembang pesat. Ada pilihan dengan ROM 32 GB, 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Biasanya, semakin besar ukuran ROM, semakin tinggi harga smartphone.

Jika Anda ingin membeli perangkat baru, pilih yang memiliki ROM ideal, yaitu 128 GB atau lebih tinggi. Saat ini, perangkat dengan ROM tinggi sangat dibutuhkan karena gambar atau video yang diambil dengan kamera saat ini memiliki kualitas yang tinggi. Ini akan membutuhkan banyak memori.

Namun, jika Anda terkendala anggaran, Anda tetap dapat memilih untuk membeli memori eksternal tambahan.

Perbandingan RAM dan ROM

Pada smartphone, RAM umumnya lebih kecil dari ROM. Hal ini dikarenakan penyimpanan dan pembacaan data pada RAM lebih kecil dari ROM.

Di bawah ini adalah perbandingan antara RAM dan ROM:

RAM

  • Menyimpan data sementara yang berubah-ubah.
  • Volatile.
  • Memiliki ukuran lebih kecil.
  • Berfungsi langsung dalam menjalankan sistem atau aplikasi.

ROM

  • Menyimpan data permanen yang tidak mudah diubah.
  • Memiliki ukuran yang besar.
  • Mendukung penyimpanan dalam penggunaan sistem atau aplikasi.
  • Non-volatile.

Keduanya sangat mirip dalam banyak hal. Namun perbedaan terpenting antara keduanya adalah RAM dapat diakses secara acak, sedangkan ROM hanya dapat diakses secara berurutan. Sekarang Anda lebih memahami RAM dan ROM, sehingga Anda dapat memilih smartphone dengan lebih bijak.

Tinggalkan komentar