Suara Burung Kepodang

Download Suara Burung Kepodang: Gacor, Pikat, Betina

Download Suara Burung Kepodang – Ada banyak jenis burung kicauan di Indonesia. Setiap individu burung mempunyai suara kicau yang sangat beragam dan juga bervariasi.

Sebagai penggemar burung pasti ingin memiliki seekor burung yang rajin berkicau. Bahkan, kalian bisa menentukan karakter burung kicau yang sesuai dengan keinginanmu.

Namun harga burung kicau sendiri tidaklah murah, apalagi jenis burung yang kalian inginkan seperti murai batu, cucak ijo dan kacer.

Bagi kalian yang memiliki jenis burung di atas, bisa memberinya isian berupa suara burung kepodang yang kami bagikan di bawah ini.

Ciri Burung Kepodang

Seperti halnya jenis burung lainnya seperti prenjak, burung kepodang juga termasuk salah satu jenis burung kicauan yang cukup populer di Indonesia, khususnya di provinsi Jawa Tengah.

Burung yanng bernama latin Oriolus Chinensis ini memiliki bulu-bulu yang sangat indah dan terkenal sebagai burung pesolek.

Burung pesolek sendiri adalah jenis burung yang selalu tampil cantik, rapi, dan juga bersih. Jadi tak heran banyak penggemar burung yang tertarik ingin memeliharanya.

Seperti yang di ketahui semua penggemar burung bahwa kepodang termasuk dalam kategori burung hias. Ini semua karena tidak sedikit dari mereka yang menjadikannya sebagai penghias rumah.

Selain itu, burung kepodang sering di gunakan untuk tradisi piton-piton atau tujuh bulan usia kandungan seseorang.

Menurut informasi yang telah kami dapatkan bahwa ada yang mengatakan, kalau ada seorang wanita hamil yang memakan daging dari burung kepodang, maka akan melahirkan anak yang cantik atau tampan.

Jadi burung kepodang ini mempunyai makna filosofis yang sangat tinggi, khususnya untuk masyarakat Jawa.

Ada juga yang mengatakan bahwa burung kepodang yang cantik bisa menggambarkan sebuah kekompakan, keselarasan, keindahan budi pekerti dan melambangkan generasi muda.

Berikut ini adalah ciri-ciri burung kepodang yang perlu kalian ketahui.

  • Berukuran sedang, panjangnya mulai dari paruh hingga ujung ekor sekitar 25 cm.
  • Memiliki bulu-bulu yang indah, berwarna kuning dan strip berwarna hitam yang melewati bagian mata dan tengkuk serta bulu terbang sebagian besar berwarna hitam.
  • Sedangkan bulu tubuh di bagian bawah berwarna keputihan dengan burik hitam, irisnya merah, berparuh runcing dan kelihatan sedikit melengkung ke bawah. Ukuran panjang paruh sekitar 3 cm, berkaki hitam.
  • Bertempat tinggah di hutan terbuka, hutan area pantai dan hutan mangrove. Di tempat-tempat itulah kamu bisa melihatnya secara langsung dengan kepakan sayap yang kuat, perlahan dan mencolok serta terbang menggelombang.

Download Suara Burung Kepodang Durasi Panjang

Di bawah ini kami sudah menyediakan beberapa variasi suara burung kepodang mp3. Selain bisa kamu dengarkan, audionya bisa kalian unduh secara gratis.

Sebenarnya sudah banyak yang membagikannya di beberapa media sosial seperti Facebok, Twitter, Instagram dan juga Youtube dalam bentuk video.

Nah, disini kami hanya ikut serta membagikannya secara gratis untuk sesama penggemar burung kicauan di Indonesia.

Namun yang kami bagikan ini bukan berupa video melainkan dalam bentuk file mp3, sehingga tidak membutuhkan kapasitas memori yang besar.

Selain di jadikan sebagai burung master, ternyata suara burung kepodang bisa di gunakan sebagai pemikat burung kepodang lainnya.

Jadi kalian bisa memilih langsung audio mana yang cocok sesuai dengan yang di butuhkan saat ini, baik itu untuk masteran maupun pikat.

Suara Burung Kepodang Gacor | Download

Kicau Burung Kepodang Emas | Download

Mp3 Burung Kepodang Durasi Panjang | Download

Suara Burung Kepodang Betina | Download

Perawatan Burung Kepodang Agar Rajin Bunyi

Memelihara burung kicau sendiri tidak semudah yang kalian bayangkan. Meskipun burung kepodang terkenal dengan suara kicauannya yang merdu, namun ada banyak hal yang membuatnya malas berkicau.

Jika burung kepodang peliharaanmu malas berkicau, biasanya ia sedang stres. Sebenarnya hal ini sering kali terjadi pada burung-burung hasil tangkapan liar.

Sebaiknya kalian memberi perawatan yang terbaik untuk burung kepodang peliharaanmu agar mengeluarkan suara kicauannya lagi.

Sebenarnya perawatan burung itu sama saja seperti memandikan, menjemur, memberi pakan dan menjauhkannya dari hewan pemangsa.

1. Memandikan dan Menjemur Burung Kepodang

Seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa kepodang termasuk salah satu jenis burung pesolek. Jadi perawatan untuk burung kepodang wajib di lakukan.

Kalian harus memandikan burung di pagi dan sore hari secara rutin. Dan jangan lupa untuk menjemurnya agar burung tidak kedinginan.

Buatkanlah tiang kerekan atau gantung sangkar burung pada saat penjemuran. Biasanya perjemuran berlangsung selama kurang lebih 2 jam.

Waktu penjemuran tidak boleh lebih dari pukul 10.00 pagi. Di waku siang hingga sore hari burung kepodang sebaiknya di angin-anginkan di tempat yang sejuk atau di teras rumah.

Kalian juga bisa memutarkan audio burung kepodang atau suara terapi untuk memancingnya agar mau berkicau.

2. Penempatan Sangkar Burung

Jika baru membeli burung kepodang, sebaiknya letakkan sangkar burung di tempat yang sejuk dan tenang selama beberapa hari.

Itu semua bertujuan agar burung bisa beradaptasi dengan sangkar, baik itu tenggeran, wadah makan dan minum serta lingkungan yang ada di sekitarnya.

Sebenarnya burung kepodang gampang sekali beradaptasi dengan lingkungan. Namun selama proses beradaptasi berlangsung jangan mengkrodong burung terlebih dahulu.

Dengan cara di atas kalian tidak akan kesulitan dalam merawat burung kepodang, walaupun burung tersebut masih giras atau dalam kondisi liar.

3. Makanan Burung Kepodang

Di alam liar burung kepodang lebih menyukai makanan berupa buah-buahan yang rasanya manis dan segar. Misalnya seperti buah mangga dan pepaya.

Jadi sebagai pemelihara burung yang baik, kalian harus memberinya pakan buah-buahan setiap hari pada burung peliharaanmu.

Dan jangan lupa memberinya pakan tambahan atau EF (extra fooding) berupa jangkrik, ulat bambu, dan serangga kecil lainnya.

Jangan terlalu banyak memberi pakan tambahan, berilah sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya jangkrik 2 sampai 3 ekor di pagi hari, dan 1 sampai 2 ekor di sore hari.

Sedangkan untuk pakan tambahan berupa ulat bambu sebanyak 1 ekor dan berilah 2 sampai 3 kali saja dalam seminggu.

Selain itu, kalian juga bisa memberi pakan burung kepodang berupa ulat hongkong. Pemberian ulat hongkong ini hanya untuk selingan saja supaya burung bisa menjadi lebih jinak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *