suara burung manyar

Download Suara Burung Manyar: Jambul, Emas, Tempua

Masih bingung menentukan isian burung peliharaanmu? Dalam website ini kami sudah menyediakan ribuan file suara burung untuk masteran, salah satunya adalah suara burung manyar.

Menurut pengamatan kami dari beberapa media sosial yang ada, burung manyar masih di pandang sebelah mata oleh para penggemar burung di Indonesia.

Meskipun keberadaannya terbilang cukup banyak di beberapa pasar burung Indonesia, tapi masih jarang sekali yang membeli jenis burung tersebut untuk di pelihara.

Yang perlu Anda ketahui bahwa kalau kita mau merawat dan melatih burung manyar sejak usia dini atau masih trotolan, kemampuan berkicaunya bisa lebih gacor dari pada kenari, mozambik dan blackthroat.

Download Suara Burung Manyar Gacor

Sebenarnya burung manyar bisa di master dengan suara burung master lainnya, sehingga kicauan bisa lebih bervariasi lagi.

Dengan begitu, ada sebagian kicaumania yang menjadikannya sebagai burung master untuk isian burung peliharaannya.

Ada sebagian kicaumania yang menganggap suara burung manyar hanya dapat berkicau melengking tinggi saja, sehingga di nilai kurang enak di dengarkan.

Bagi kalian yang memelihara burung manyar di rumah, bisa di master dengan suara burung kenari, mozambik dan juga blackthroat.

Mungkin tidak semua penggemar burung tahu bahwa burung ini dapat menirukan ketiga suara kicauan burung tersebut dengan sangat fasih.

Bahkan tidak hanya ketiga burung tersebut, tidak menutup kemungkinan burung manyar juga bisa menirukan suara kicau jenis burung lainnya.

Burung manyar termasuk dalam keluarga ploceidae, terdapat 119 spesies di seluruh dunia. Dan hanya ada tiga jenis burung manyar di Indonesia, yaitu manyar jambul, manyar emas dan manyar tempua.

Sebenarnya banyak sekali jenis burung manyar yang perlu kalian ketahui, antara lain; manyar kembang, manyar kelapa, manyar kepala kuning dan lain sebagainya.

Di bawah ini adalah tiga jenis suara burung manyar mp3 yang bisa kalian dengarkan dan download secara gratis.

Suara Manyar Jambul | Download

Suara Burung Manyar Emas | Download

Kicau Manyar Tempua | Download

Jenis Burung Manyar di Indonesia

Burung manyar adalah salah satu jenis burung pemakan biji-bijan seperti lovebird, kenari dan juga parkit. Burung ini bertempat tinggal di area persawahan, rawa-rawa, tepi hutan dan padang rumput.

Biasanya burung manyar berkembangbiak mulai dari bulan April hingga Oktober. Dan satu ekor burung jantan bisa mengawini lebih dari satu burung betina.

Uniknya lagi, burung manyar jantan akan membuat sarang secantik mungkin untuk menarik perhatian sang betina. Karena keberhasilan pejantan yaitu bergantung pada kesempurnaan sarang yang telah ia bangun.

Namun burung manyar betina akan menyelidiki terlebih dahulu sarang pejantan dengan teliti, kalau ia berkenan maka perkawinan antara burung jantan dan betina akan terjadi.

Bagi kalian yang belum mengetahui beberapa jenis burung manyar, bisa langsung mengenalnya dengan membaca artikel di bawah ini.

1. Manyar Jambul

Manyar jambul adalah satu jenis burung manyar yang ada di Indonesia. Burung yang memiliki nama latin Ploceus manyar ini memiliki panjang sekitar 14 cm.

Burung manyar ini mempunyai ukuran tubuh yang paling kecil, jika di bandingkan dua jenis burung manyar lainnya yaitu manyar emas dan manyar tempua.

Ciri-ciri manyar jambul jantan yaitu memiliki bulu hitam dan tanda kuning di bagian kepalanya. Dan pada musim kawin, sang pejantan akan bermahkota kuning emas di kepalanya.

Sedangkan burung betina bulu kepalanya berwarna coklat, dan terdapat coretan hitam pada mahkotanya. Selain itu, ada bercak-bercak keputihan pada bagian lebih manyar jambul betina.

Burung manyar jambul ini mempunyai kemampuan menirukan suara burung lainnya dengan sangat baik, apalagi jika kalian mau merawatnya sejak usia dini atau masih trotolan.

Sehingga burung manyar yang gacor sering kali di jadikan masteran oleh para kicau mania, khusunya untuk burung kenari dan juga burung finch lainnya.

2. Manyar Emas

Manyar emas juga termasuk salah satu jenis burung manyar yang berhabitat di negara kita. Burung ini memiliki nama latin Ploceus hypoxanthus dan panjang tubuh sekitar 15 cm.

Jika di bandingan manyar jambul, burung manyar yang satu ini mempunyai ukuran sedikit lebih besar yaitu lebih panjang 1 cm.

Seperti namanya ciri-ciri manyar emas yaitu memiliki bulu-bulu berwarna keemasan dan pada bagian mukanya cenderung berwarna hitam.

Di musim kawin atau berkembangbiak, burung jantan akan mempunyai mahkota, tungging dan bulu-bulu bagian bawahnya berwarna kuning. Pada bagian dagu, muka dan tenggorokannya akan berwarna hitam.

Jika bukan masa kawin, burung betina maupun jantan alisnya akan berwarna kuning tua. Dan bulu-bulu bagian bawah juga terlihat kekuningan.

Sebenarnya burung manyar emas jarang sekali di temukan. Biasanya hidup secara berkelompok di sekitar semak-semak belukar, seperti di area persawahan dan rawa-rawa di wilayah terbuka.

3. Manyar Tempua

Manyar tempua juga termasuk salah satu dari ketiga jenis burung manyar di Indonesia. Burung bernama latin Ploceus philippinus memiliki panjang tubuh sekitar 15 cm seperti manyar emas.

Tidak seperti nama latinnya, burung manyar tempua ini justru tidak ada di negara Filipina, melainkan habitat dan penyebarannya hanya di Asia tenggara dan Asia Utara.

Seperti jenis burung manyar lainnya, sang pejantan akan memiliki mahkota dan tengkuk kuning emas di bagian kepalanya, tubuh bagian bawah berwarna kuning tua, wajah hitam dan tubuh bagian atas berwarna coklat keabuan.

Sedangkan untuk burung manyar tempua betina tidak memiliki tanda hitam dan kuning pada bagian kepalanya.

Burung manyar ini juga termasuk dalam kategori burung sosial yaitu jenis burung yang bergabung dengan spesies burung lainnya.

Biasanya mereka mencari makanan secara berkelompok. Dan makanan utama burung manyar ini di alam liar adalah berupa padi dan biji-bijian di area persawahan yang akan di panen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *