Download Suara Burung Ruak Ruak Mp3 Untuk Pemikat

Download Suara Burung Ruak Ruak Mp3 – Amaurornis phoenicurus atau burung ruak ruak, burung ini tak hanya di jumpai di semenanjung Malaysia, terdapat juga di pulau sumatera bagian utara, Aceh dan Medan. Spesies ini juga ada di seluruh wilayah Indonesia, kecuali di Papua. Penggemar burung di wilayah Sumatera bagian utara menyebutnya sebagai burung ruak ruak atau wak wak.

Dari segi suara, burung ruak ruak jelas tak memenuhi persyaratan sebagai burung kicauan. Spesies ini lebih tepat di jadikan burung hias. Bahkan di Aceh, burung ini kerap di olah jadi menu spesial. Burung ruak ruak atau white-breasted waterhen termasuk burung sawah atau burung air dari keluarga Rallidae. Di seluruh dunia ada empat subspesies ras burung ruak ruak, diantaranya :

1. Amaurornis Phoenicurus Phoenicurus

Pennant, 1769. Wilayah persebarannya mulai dari India, Maladewa, Pakistan, Sri Lanka, wilayah timur China, Kepulauan Ryuku, Taiwan sampai Asia Tenggara termasuk Indonesia dan Filipina. Di Indonesia, ras ini dapat di jumpai di kawasan Sunda Besar, Kalimantan, Sumatera, dan Jawa.

2. Amaurornis Phoenicurus Insularis

Sharpe, 1894. Wilayah persebaran burung ruak ruak terdapat di Kepulauan Nicobar dan Andaman.

3. Amaurornis Phoenicurus Midnicobaricus

Abdulali, 1978. Burung endemik ini ada di Kepulauan Nicobar.

4. Amaurornis Phoenicurus Leucomelanus

S. Müller, 1842. Wilayah persebaran burung ruak ruak di Sulawesi, wilayah barat Maluku, dan kawasan Sunda Kecil di Bali dan Nusa Tenggara.

Suara Burung Ruak Ruak

Burung ruak ruak mempunyai warna bulu gelap, abu-abu tua dan kebiruan. Namun bagian wajah, leher, dan dada warnanya putih bersih. Bawah ekor dan perut berwarna merah karat. Kawanan burung ruak ruak sering terlihat di daerah berair. Misal sawah, payau, dan di hamparan padang terbuka.

Pakan utamanya adalah serangga, walaupun begitu ruak ruak juga menyukai buah-buahan khususnya pisang. Panjang tubuhnya 32-33 cm dan memiliki tubuh tirus dan tegak, sehingga memudahkan ruak ruak menyusup dalam rerimbunan semak dan daerah payau.

Suara burung ruak ruak jantan dan betina itu sama hanya saja jantan suaranya lebih keras dan dominan. Burung ruak ruak muda, warnanya lebih pucat atau abu-abu muda. Paruhnya pun abu-abu. Bulu anakan semuanya hitam, dan berubai menjadi kelabu saat memasuki masa remaja.

Untuk perawatan burung ruak ruak ini relatif mudah, karena mereka adalah unggas omnivora. Pakan hewani yang di sukai burung ruak ruak bukan hanya serangga, tapi juga ikan-ikan kecil. Di alam liar, ruak ruak ini sering berkubang dalam lumpur dan mencari ikan-ikan kecil.

Jika Anda ingin memelihara burung ini di rumah, maka pakan hidup seperti ulat hongkong, jangkrik, kroto, dan ikan kecil harus diberikan secara selang-seling. Selain itu, ruak-ruak juga menyukai makan tanaman, contohnya pakan buah-buahan dan bijian. Akan lebih baik lagi bila burung ruak ruak di latih makan voer, supaya perawatannya lebih mudah.

Jika sudah mau makan voer, maka makanan hidup seperti jangkrik, ulat hongkong, kroto, dan ikan kecil berubah status menjadi pakan tambahan. Memelihara burung hias seperti halnya ruak ruak ini lebih simpel daripada burung kicauan. Sepanjang di beri pakan dengan teratur dan bergizi, serta di tambah multivitamin, burung ruak ruak akan tumbuh dengan sehat dan aktif.

Download Suara Ruak Ruak Memanggil Mp3

Biasanya suara burung ruak ruak lebih sering di gunakan sebagai pemikat burung lainnya. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa cita rasa daging burung ruak-ruak sangat lezat jika di olah menjadi bahan makanan, maka jangan heran kalau banyak sekali yang memburunya di hutan.

Suara Burung Ruak Ruak V1 | DOWNLOAD

Suara Burung Ruak Ruak V2 | DOWNLOAD

Suara Burung Ruak Ruak V3 | DOWNLOAD

Demikian uraian mengenai suara burung ruak ruak dan tips tips untuk merawat burung ruak ruak yang dan benar. Apabila Anda tertarik ingin mengembang biakan burung ini, maka siapkan sepasang atau lebih untuk di jadikan sebagai indukan.

Tinggalkan komentar