Teknik Dasar Bulu Tangkis, Dari Servis Hingga Smash

Teknik Dasar Bulu Tangkis – Bulutangkis atau tengkolak adalah olahraga yang sangat populer yang dinikmati oleh penonton dari segala usia dan jenis kelamin. Tua dan muda, pria dan wanita, dan semua orang menikmati aktivitas fisik.

Itulah mengapa aktivitas fisik yang menyenangkan ini dapat dilakukan tanpa banyak usaha. Anda hanya membutuhkan dua raket tenis, serta lapangan atau ruang terbuka yang luas.

Kalau ada jaring bulutangkis pasti lebih asyik lagi. Selain itu anda juga membutuhkan shuttlecock agar permainan dapat mengalir dengan lancar.

Oh ya, bermain bulu tangkis tidak hanya menyenangkan tetapi juga baik untuk kesehatan. Tubuh Anda akan dalam kondisi prima dan kekuatan mental Anda akan sangat kuat dan segar.

Popularitas bulu tangkis tidak mengherankan, mengingat itu adalah olahraga yang sangat populer di Asia Tenggara. Di SEA Games, Asian Games, dan bahkan Olimpiade, bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang paling banyak dimainkan.

Meski begitu, Anda tetap harus mempelajari dasar-dasar bulu tangkis. Dengan pemahaman yang baik tentang dasar-dasar, permainan Anda akan lebih kuat.

Alih-alih menggunakan teknik umum, pesaing harus menggunakan teknik bulutangkis terbaik seperti yang tercantum di bawah ini!

Baca Juga: Cara Merawat Bunga Mawar

Teknik Dasar Bulu Tangkis

Tak heran jika bulu tangkis menjadi olahraga yang digemari banyak orang. Itu dimainkan di SEA Games, Asian Games, dan bahkan Olimpiade.

Meskipun Anda harus mempelajari dasar-dasar bulu tangkis, Anda tetap perlu mengetahui beberapa teknik dasar. Jika Anda ingin menjadi pemain hebat, Anda harus mempelajari teknik yang tepat.

Daripada menggunakan teknik acak, lebih baik ketahui teknik bulutangkis terbaik di postingan ini!

1. Memegang Raket (Grip)

Teknik bulutangkis yang paling penting untuk dipelajari terlebih dahulu adalah grip. Ternyata memegang raket bulutangkis tidak boleh dilakukan sembarangan.

Jika pemain bulutangkis pemula mengabaikan teknik dasar, mereka cenderung terluka saat bermain atau bertanding. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari teknik penanganan raket yang benar.

Tindakan memegang raket tenis tidak jauh berbeda dengan tindakan berjabat tangan. Dalam kedua aksi tersebut, posisi jari-jari mengakomodasi kenyamanan, termasuk letak ibu jari.

Cara Anda memegang raket juga penting. Anda tidak boleh terlalu kuat, tetapi harus cukup kuat. Meskipun posisi jari-jari Anda dan cara Anda memegang raket mempengaruhi teknik yang berbeda.

Ada beberapa cara memegang raket tenis. Misalnya American grip, backhand grip, forehand grip, dan kombinasi grip.

American Grip: Genggaman Amerika dilakukan dengan cara memegang raket dengan jari-jari berpegangan pada gagangnya, meletakkan jari telunjuk dan ibu jari sedemikian rupa sehingga saling menyentuh dengan lembut, membentuk bentuk huruf “O”.

Grip ini efektif saat ingin melakukan smash, namun tidak efektif saat digunakan untuk pukulan backhand.

  • Backhand Grip: Pegangan backhand dapat dilakukan dengan cara memegang gagang raket dengan cara meletakkan ibu jari di belakang pegangan dan mendorongnya ke depan seolah-olah ibu jari menopang raket.
  • Forehand Grip: Jika Anda menggunakan pegangan backhand, jari-jari pendukungnya adalah jari manis dan kelingking Anda. Namun jika menggunakan forehand grip, jari-jari pendukungnya adalah jari tengah, jari telunjuk, jari manis, dan kelingking. Genggaman backhand umumnya digunakan untuk bidikan yang lebih licik.
  • Combination Grip: Seperti namanya, teknik ini menggabungkan berbagai metode mencengkeram menjadi satu teknik. Cara melakukannya adalah dengan memegang stik seperti biasa dan posisikan ibu jari ke arah ujung stik. Sedangkan jari telunjuk menyangga peluncur roket dan jari lainnya berada di bagian bawah peluncur.

2. Sikap atau Posisi Tubuh (Stance)

Postur atau posisi tubuh yang tepat juga menentukan strategi permainan bulutangkis Anda, apakah Anda sebagai striker pertama atau striker kedua. Sikap yang tepat akan membuat gerakan dan kemampuan tubuh Anda dalam bermain bulu tangkis menjadi lebih mudah.

Lapangan bulu tangkis biasanya dibagi menjadi tiga bagian: halaman depan, tengah, dan belakang.

  • Posisi Menyerang (Attacking Stance): Jika Anda ingin menyerang, gerakkan tubuh Anda mendekati garis tengah atau zona penyerang dan rentangkan kaki Anda. Sebelum itu, angkat kedua lengan untuk mempersiapkan kekuatan dan kekuatan pukulan Anda.
  • Posisi Bertahan (Defensive Stance): Untuk menerapkan sikap bertahan, Anda harus menghadap net dan menempatkan raket di depan pinggul/perut.
  • Posisi Melawan/Membalikkan Netting (Net Stance): Posisi net biasanya dilakukan saat lawan melihat ke net bola. Untuk mengantisipasi jaring mereka, Anda harus berada di dekat jaring.

Setelah itu, tubuh Anda harus diposisikan di depan roket, dan tubuh Anda harus sedikit terangkat sehingga Anda siap untuk melompat ke depan.

3. Gerak Kaki (Footwork)

Jika Anda ingin bermain sepak bola, Anda harus menggerakkan kaki Anda. Ada empat tips yang akan membantu Anda bergerak lebih produktif.

Pertama, pastikan basis atau titik awal Anda, lalu ingat. Kedua, jadilah strategis dan ambil tiga langkah mundur terbaik jika itu membantu.

Ketiga, jika harus bergerak ke kanan, lakukan dengan maksimal. Empat, jika harus maju, hanya boleh maju maksimal tiga kali.

4. Servis (Serve)

Mengatur papan adalah dasar yang harus dipelajari. Setiap pemain harus tahu bagaimana melakukannya. Gerakan servis menunjukkan bahwa permainan telah dimulai.

Ada dua jenis layanan yang dapat dilakukan, yaitu layanan atas dan layanan bawah. Berikut penjelasannya:

  • Servis Atas (High Serve): Cara paling umum untuk memukul kelapa adalah dengan memukulnya dengan peluncur roket yang diletakkan di bahu atau kepala. Biasanya, kelapa akan mendatar
  • Servis Bawah (Low Serve): Spearfisher menggunakan untaian manik-manik yang panjang, atau lanyard dengan pemberat di kedua ujungnya. Ketika dia berenang di bawah air, dia memegang tali dan memiliki salah satu pemberat di tangannya. Ketika ikan akan mengambil umpan, dia melemparkan pemberat lainnya dan menangkapnya.

5. Smash

Teknik ini merupakan serangan terkuat yang ada dalam permainan bulutangkis. Seperti namanya, sebenarnya pukulan shuttlecock ke area target tubuh lawan.

Selain itu, ada tiga jenis teknik smash yang dapat dilakukan, antara lain smash forehand, smash backhand, dan smash melompat.

  • Forehand Smash: Pukulan forehand adalah pukulan overhead yang kuat yang dilakukan di atas kepala.
  • Backhand Smash: Salah satu teknik terberat dalam bulu tangkis adalah pukulan backhand. Bahkan pemain profesional pun kesulitan untuk menguasainya. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan pukulan backhand kemudian melepaskan pukulan yang kuat.
  • Jumping Smash: Teknik di balik ini adalah pukulan forehand yang dilakukan dengan melompat. Cara memukulnya sama dengan pukulan forehand.

Baca Juga: Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

6. Drop Shot

Drop shot adalah cara yang bagus untuk membingungkan lawan. Anda dapat melakukannya dengan salah satu dari dua cara: 1) Pukul dengan cepat ke tengah lapangan atau 2) pukul perlahan di depan lawan.

Teknik ini dilakukan untuk memaksa lawan bergerak maju, sehingga bisa menyerang bagian tengah atau belakang area.

7. Clear atau Lob

Clear atau lob adalah kebalikan dari drop shot. Sedangkan drop shot memaksa lawan untuk bergerak ke depan lapangan, clear membuat mereka mundur.

Jadi, sebaiknya bidik dulu ke lini belakang sebelum menyerang lini depan atau lini tengah.

8. Netting

Salah satu teknik yang paling menantang dalam bulu tangkis adalah jaring. Teknik ini membutuhkan lompatan yang cepat dan akurat, serta intuisi tingkat tinggi. Kekuatan yang dibutuhkan hanya minimal.

Untuk melakukan teknik ini, Anda harus berada di dekat net dan memantulkannya di atas net secara akurat. Kemudian, bola akan jatuh di dekat area lawan.

9. Overhead

Overhead smash dalam bulu tangkis dilakukan dengan cara yang sama seperti pukulan forehand atau smash overhead.

Perbedaannya hanya pada kekuatan pukulannya. Sebuah overhead tidak membutuhkan banyak daya untuk berfungsi.

10. Drive

Keterampilan teknis terakhir yang harus Anda ketahui adalah mengemudi. Teknik ini digunakan dengan memukul bola dengan cepat ke sisi lain lapangan sambil sedikit menekuk lutut Anda. Biasanya dilakukan oleh pemain ganda.

Tujuan menggunakan Gunanya adalah untuk menekan lawan agar tetap bertahan. Ini berarti mereka tidak akan melepaskan misil mereka dari peluncur.

Pada artikel ini Anda telah mempelajari beberapa teknik dasar bulu tangkis. Anda juga perlu terus berlatih agar semakin terampil menggunakan dan memodifikasi teknik-teknik tersebut.

Tinggalkan komentar